Tradisi Tahun Baru Dari Berbagai Negara
LOGO COSMOPOLITAN INDONESIA
Sun, January 1, 2017

Tradisi Tahun Baru Dari Berbagai Negara

Tradisi Tahun Baru Dari Berbagai Negara

Di Indonesia, kita merayakan tahun baru dengan berpesta barbecue, melihat indahnya kembang api, atau ehm... macet-macetan di jalan. Tapi tentu saja di belahan dunia manapun, pergantian tahun dianggap sebagai kesempatan baru dan masa depan yang lebih baik. Ternyata, banyak lho, tradisi tahun baru yang unik dari berbagai negara. Seperti apa ya?

Yunani
Di negara para dewa ini, sudah menjadi tradisi untuk memanggang kue yang diisi dengan sebuah koin. Kue ini bernama vasilopita dan dipotong di malam tahun baru. Tiap anggota keluarga dan tamu mendapatkan potongan dengan urutan dari yang tertua ke yang paling muda. Yang mendapatkan potongan dengan koin dipercaya akan membawa keberuntungan di tahun yang baru!

Ekuador
Secara tradisional, masyarakat Ekuador membangun sebuah orang-orangan sawah dan membakarnya. Sekarang, boneka-boneka tersebut dibuat lebih kreatif yang biasanya mengikuti wujud seseorang yang tidak disukai, seperti figur politik dan bahkan tokoh kartun! Pembakaran disimbolkan sebagai pemusnahan keburukan di tahun lalu, dan menyambut tahun baru dengan bersih.

Spanyol
Pada 12 detik terakhir menuju tahun baru, tradisi di Spanyol adalah memakan 1 anggur di tiap detiknya. Tiap detik menandakan bulan di tahun berikutnya. Bila berhasil memakan semuanya, maka tahun baru dipercaya akan membawa kemakmuran. Tradisi ini sangat ditunggu masyarakat Spanyol, countdown-nya pun ditayangkan di televisi agar semuanya dapat memakan anggurnya secara serentak!

Denmark
Saat tahun baru di Denmark, Anda bisa melemparkan piring pecah-belah ke pintu rumah tetangga dan mereka tidak akan marah. Justru, hal ini menunjukkan penghargaan Anda kepada mereka. Keesokan paginya, orang yang menemukan pecahan piring paling banyak di depan pintunya berarti merupakan orang yang loyal kepada temannya.

Chile
Walaupun terdengar seram, tetapi masyarakat Chile merayakan tahun baru bersama keluarganya yang sudah tidak ada... di tempat peristirahatannya yang terakhir. Tradisi ini sudah ada sejak tahun 90an, dan sampai sekarang, pemakaman di kota-kota kecil Chile sudah penuh dengan orang mendekati jam 12 malam. Mungkin kalau ramai-ramai, tidak terasa menyeramkan, ya?
 
Amerika Serikat

Seperti yang sering ditayangkan dalam film-film romantis, masyarakat Amerika Serikat kerap berciuman saat jam sudah menunjukkan jam 00:00. Tradisi ini dilakukan bukan hanya untuk bersenang-senang, melainkan menjamin love life yang bahagia di tahun yang baru.

Filipina
Di Filipina, bentuk lingkaran atau bulat merupakan simbol kemakmuran. Maka dari itu, di perjamuan malam tahun baru, diletakkan 12 buah yang berbentuk bulat di tengah meja. Semua buahnya harus berbeda, untuk menandakan tiap bulan dalam satu tahun. Buah yang biasanya terpajang adalah semangka, jeruk, anggur, melon, dan juga apel. Apa lagi ya yang bentuknya bulat? (Sky Drupadi / VP / Image: Doc.)

 

BACA JUGA:

Tipe Ciuman Kesukaan Pria

New Year, New You!

Tags : Tradisi Tahun Baru Dari Berbagai Negara, new year, amerika serikat, filipina, kiss, ciuman
RELATED ARTICLE
Tips Menyimpan Makanan Sisa di Rumah
Tips Menyimpan Makanan Sisa di Rumah
Petualangan Terakhir Pirates of the Caribbean!
Petualangan Terakhir Pirates of the Caribbean!
3 Alasan Untuk Minum Jus Secara Rutin
3 Alasan Untuk Minum Jus Secara Rutin