Efek Buruk Cemilan Manis untuk Kulit Wajah
LOGO COSMOPOLITAN INDONESIA
Wed, January 11, 2017

Efek Buruk Cemilan Manis untuk Kulit Wajah

Efek Buruk Cemilan Manis untuk Kulit Wajah

Jerawat dan garis halus bermunculan? Asupan serba manis di liburan kemarin bisa jadi penyebabnya. Ingin tetap manjakan sweet tooth sekaligus lawan efek buruk kudapan? Simak rahasia dari Cosmo di bawah ini!

 

Sticky Business

Berbagai macam jenis kue dan es krim tak hanya buruk untuk skinny jeans Anda. Saat kadar gula darah berlebihan dan tubuh tak cukup menciptakan hormon insulin maka terjadi reaksi yang dinamakan glikasi. Glikasi adalah proses dimana gula mengikat protein, minyak, dan lemak yang ada pada kulit, lalu mengubah bahan-bahan natural tersebut menjadi AGEs (Advance Glycatin End-prducts), molekul mutan yang menghambat gerak kolagen dan elastin, dua unsur penting yang bertugas menghasilkan kulit yang cerah, berkilau dan kenyal, jelas Nicholas Perricone, MD. Molekul-molekul ini juga masuk pada pembuluh darah, yang menghalangi bahan gizi menutrisi kulit, jelas dermatolog asal Manhattan, Macrene Alexiades-Armenakas, MD. Pada akhirnya, “kulit mulai berkerut, terlihat kusam, dan kehilangan kekenyalannya,” ucap Dr. Perricone.

Penuaan dini bukan persoalan satu-satunya. “Asupan karbohidrat berdosis tinggi juga berkaitan dengan naiknya kadar minyak, meningkatkan kemungkinan untuk berkembangnya adult acne, atau jerawat pada kulit dewasa,” kata Dr. Alexiades-Armenakas.

 

Sugar Crash

Memang, satu atau dua potong kue kering tak akan langsung merusak kulit. Namun, tubuh memiliki ingatan, dan menurut Dr. Perricone, glikasi merupakan proses kumulatif. Dr. Perricone juga menekankan, bahwa di umur 20 akhir lah saat dimana kita mulai merasakan efek buruknya.

Selain menumpuk, kerusakan juga kian memburuk dengan bertambahnya usia. Mengapa begitu? Berikut penjelasan Dr. Alexiades-Armenakas, “Saat Anda berumur 21 tahun, Anda dapat mengkonsumsi alkohol dalam jumlah besar dan tak pusing sama sekali di keesokan harinya,” Hal tersebut lebih susah dicapai saat Anda mendekati umur 30. “Anda tak lagi memiliki kemampuan yang sama dalam mencerna racun... Situasi ini yang juga dialami oleh kulit Anda.”

 

Sweet Spot

Kedua dokter kulit tersebut menyarankan untuk mengkonsumsi apa pun secara tak berlebihan namun sebaiknya menghindari gula putih sama sekali. Berikut beberapa tips untuk tetap menikmati manisan kesukaan tanpa perlu merasa bersalah!

  • Satu kudapan perhari masih diperbolehkan,” ucap Dr. Alexiades-Armenakas. Direkomendasi untuk mengkonsumsi gula tak lebih dari 6 sendok teh, atau 100 kalori dalam satu hari. Rajin lah untuk membaca label nutrisi, dan download aplikasi kesehatan seperti MyFitnessPal, untuk membantu Anda mendapatkan banyak informasi penting. Segelas green smoothie yang selama ini Anda pikir sehat bisa saja mengandung lebih dari 10 sendok teh gula!

via GIPHY

 

  • Ganti cocktail manis favorit dengan red wine. Dibanding white wine dan rosé, anggur merah memiliki level gula terendah dan resveratrol, senyawa yang memiliki antioksidan untuk melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan tertinggi, jelas Dr. Alexiades-Armenakas.

 

via GIPHY

  • Banyak konsumsi sayur dan buah berantioksidan tinggi. Lebih baik lagi, gunakan juga perawatan kulit penuh antioksidan seperti di bawah ini dalam ritual sehari-hari Anda. Tak hanya melindungi kulit, namun juga mampu memacu kolagen dan elastin untuk bekerja kembali maksimal!

     

 

MURAD Anti-Aging Moisturizer Broad Spectrum SPF30/PA+++ for blemish-prone skin, Rp1.423.800.000,-.

 

PHILOSOPHY When Hope Is Not Enough 3-6-9 Oil, Rp725.000,-, www.sociolla.com.

 

CLINIQUE SMART Custom Repair Serum, Rp1.040.000,-.

 

NOVEXPERT The Vitamin C Serum, Rp560.000,-, www.sociolla.com.

 

THE FACE SHOP Raspberry Roots Sleeping Mask, Rp229.000,-.

 

 

(Ainjia Paat/Image: Shutterstock/Clickphotos)

 

Baca Juga

5 Kesalahan Yang Dapat Memperburuk Jerawat

10 Obat Jerawat Paling Ampuh Versi Cosmo

Sering Minum Bubble Tea? Baca Dulu Ini!

Jangan Tambahkan Gula dalam Kopi, Mengapa?

Tags : Beauty, Tips, Efek, Buruk, Kudapan, Manis, untuk, Kulit, Wajah
RELATED ARTICLE
6 Tips Cantik dari Para Victoria's Secret Angels!
6 Tips Cantik dari Para Victoria's Secret Angels!
Ini Akibat Buruk Apabila Tidur Menggunakan Makeup!
Ini Akibat Buruk Apabila Tidur Menggunakan Makeup!
4 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Bleach Upper Lip
4 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Bleach Upper Lip