Inilah 5 Masalah Kesehatan Ibu yang Harus Diperhatikan
LOGO COSMOPOLITAN INDONESIA
Mon, January 16, 2017

Inilah 5 Masalah Kesehatan Ibu yang Harus Diperhatikan

Inilah 5 Masalah Kesehatan Ibu yang Harus Diperhatikan

Ibu merupakan sosok paling berharga dan luar biasa di kehidupan seorang manusia, dan tidak ada pengorbanan yang lebih besar dari seorang ibu. Jadi tidak ada salahnya bukan bila Anda memerlakukan ibu sedikit lebih istimewa, terutama memperhatikan kesehatan tubuhnya.

Dear, masih ingat sesi tanya dokter dengan tema “Alasan Kenapa Anda Harus Perhatikan Kesehatan Ibu” yang diadakan oleh Combiphar dan Cosmopolitan beberapa waktu lalu? Yup, berikut Cosmo sudah rangkum beberapa pertanyaan yang sering diajukan partisipan ke dr. Carlinda Nekawaty.

 

Q: Ibu saya berusia 59 tahun dan mengalami pengeroposan tulang pada bagian lutut, apakah itu berbahaya dan dapat disembuhkan? Makanan seperti apa yang baik dikonsumi untuk mencegah pengapuran? - Rima Dewi.

DC (Dokter Carlinda): Pengeroposan tulang merupakan keadaan yang terjadi karena berkurangnya kepadatan pada tulang yang sering disebut Osteoporosis. Namun bila terjadi pengapuran tulang dan sendi, secara medis disebut Osteoarthritis dan paling sering terjadi di sekitar lutut. Jika ibu Anda sudah mengalami keduanya, secara medis tidak dapat disembuhkan namun dapat mengurangi gejala yang ditimbulkan dengan beberapa pengobatan.

Untuk mencegah pengapuran, mulailah menjalani pola hidup sehat dengan mengatur pola makan dan rutin berolahraga. Konsumsi makanan yang mengandung kalsium juga dianjurkan, seperti ikan sarden, ikan salmon, brokoli, kacang almond, susu, telur, serta suplemen vitamin D dan kalsium yang sesuai anjuran dokter.

 

Q: Ibu saya berusia 52 tahun dan masih sangat aktif bekerja baik di dalam maupun di luar rumah, kini ia sering mengeluhkan nyeri pada persendian lutut. Bahkan ia mengalami kesulitan saat sedang shalat. Bagaimana cara mengatasinya dan obat apa yang baik untuk dikonsumsi? - Vina Rizky D.

DC: Hal yang mungkin ibu Anda alami adalah radang sendi atau yang biasa disebut Osteoarthritis. Osteoarthritis sering terjadi pada mereka yang sudah lanjut usia terutama bagi perempuan yang sudah menginjak usia menopause. Penyebab yang paling sering karena volume cairan sendi yang mulai berkurang yang terjadi karena adanya trauma pada sendi dan tulang di usia muda dan tidak tertangani dengan baik.

Untuk mengatasinya dapat diberikan pengobatan anti nyeri sesuai dengan anjuran dokter. Bila nyeri sendi yang dialami sudah sangat mengganggu maka ia perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

 

Q: Kondisi kesehatan ibu saya menurun drastis baik secara fisik maupun mental semejak ia memasuki masa menopause. Selain mudah lelah dan tak bergairah, emosinya pun sering tidak stabil dan sangat sensitif. Bagaimana cara mengatasi perubahan yang terjadi setelah memasuki masa menopause? - Mira Handayani

DC: Setiap wanita akan mengalami masa menopause yang disebabkan perubahan kadar hormon tubuh sehingga menimbulkan berbagai kondisi atau gejala baik secara fisik maupun mental. Secara medis, menopause pada umumnya tidak membutuhkan penanganan khusus karena gejala yang timbul akan berkurang seiring dengan waktu.

Namun, beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi maupun mencegah yaitu menerapkan pola makan seimbang dan teratur berolahraga, memiliki waktu istirahat yang cukup, dan hindari stress yang berkepanjangan. Jika hal tersebut diatas tidak dapat membantu, disarankan untuk konsultasi ke dokter spesialis untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

 

Q: Kini ibu saya sering mengeluhkan sakit pada pinggang dan kaki. Selain itu, ia mudah sekali merasa pegal pada kaki bila ia berdiri ataupun jalan-jalan walaupun dalam waktu yang cukup singkat. Vitamin apakah yang dibutuhkan untuk mengatasinya? - Delima Valentina

DC: Masalah yang sering dialami oleh wanita usia lanjut terutama yang sudah memasuki masa menopause adalah rasa nyeri dan pegal-pegal terutama pada tulang, sendi dan otot.

Untuk mengatasinya, selain kalsium yang bisa diperoleh dari susu, vitamin D yang bisa didapatkan dari sinar matahari pagi, dan asupan vitamin B 12 untuk membantu kesehatan saraf/kognitif. Namun, untuk lebih tepatnya mengetahui kondisi kesehatannya secara detail, disarankan konsultasi langsung ke dokter spesialis dengan nelakukan medical check-up.

 

Q: Ibu saya berusia 58 tahun, kini ia menderita penyakit gula darah. Apa yang bisa saya lakukan untuk menjaga kadar gula darah agar tetap normal. Selain itu, ia pun sering kali mengeluhkan nyeri pada lutut. Bagaimana cara mengatasinya?

DC: Hal utama yang harus dilakukan adalah melakukan pemeriksaan rutin dengan dokter spesialis. Selain itu, perlu juga untuk membatasi/kurangi konsumsi makanan yang manis serta bahan makanan yang mengandung karbohidrat dengan gula tinggi.

Untuk nyeri sendi yang dialami, bisa terjadi karena faktor usia dan penurunan kelenturan sendi. Disarankan, jika nyeri terus berkelanjut dan mengganggu aktifitas maka konstasikan segera ke dokter spesialis untuk perawatan dan pengobatan lebih lanjut.

 

Ladies, apakah ibu Anda pernah mengalami masalah kesehatan seperti pada artikel di atas? Berikan bintang dan komentar pada artikel ini. Dapatkan produk dari Combiphar untuk 5 orang terpilih! klik di sini!

 

Tags : kesehatan ibu, kesehatan orang tua, penyakit nyeri sendi
RELATED ARTICLE
Ini Dia Penyebab Kenapa Anda Sering Merasa Haus
Ini Dia Penyebab Kenapa Anda Sering Merasa Haus
10 Ide Kado Valentine Untuk Si Dia
10 Ide Kado Valentine Untuk Si Dia
5 Cara Wanita Single Menikmati Hari Valentine
5 Cara Wanita Single Menikmati Hari Valentine