7 Tipe Orang yang Bikin Anda Stres. Mending Jauhi Saja!
LOGO COSMOPOLITAN INDONESIA
Fri, January 12, 2018

7 Tipe Orang yang Bikin Anda Stres. Mending Jauhi Saja!

7 Tipe Orang yang Bikin Anda Stres. Mending Jauhi Saja!

Admit it, tidak semua orang yang ada di sekitar Anda mengundang senyum. Beberapa malah bikin senewen. Di bawah ini, Marianne Love, psikolog dari Aspire Health & Psychology, dan Anky Balfoort, principal life coach dari Chosesive Coaching, mengungkapkan tujuh tipe orang toxic yang harus Anda jauhi. Ya, ucapkanlah selamat tinggal pada mereka!

 

#1. The Bully

Mendominasi agar terlihat berkuasa.

Hobi si tukang bully adalah menggoyahkan bahkan meruntuhkan kepercayaan diri. Menurut Marianne, mereka biasanya mahir melihat kekurangan seseorang dan memanfaatkannya untuk mendominasi orang tersebut.

 

#2. The Me, Myslef, and I:

Hanya ada kata "aku" dalam kamus hidupnya.

Ketika Anda cerita kalau Anda baru saja mendapat promosi jabatan, orang lain akan mengucapkan selamat. Akan tetapi, bagi The Me, Myself, and I ucapan selamat saja tidaklah cukup. Setelah itu, dia kemudian akan bercerita (ehm, pamer) soal prestasi terbarunya karena dia tidak ingin kalah dari Anda. So, you will always come second...

 

#3. The Judger

Kegemarannya adalah merendahkan orang lain.

Sesuai namanya, "The Judger akan selalu menemukan cara untuk mengkritik dan membuat Anda merasa diremehkan dan tidak berarti," ujar Anky. Ouch!

 

#4. The Manipulator

Tukang atur dan pencemburu.

Kata Marianne, "Sikap "beracun" si manipulator didorong oleh rasa takut, tidak percaya diri, serta ingin mengontrol. Dan semua itu mereka lampiaskan ke orang lain." Sasaran empuknya adalah kelemahan Anda!

 

#5. The Addict

Ketagihan untuk melakukan hal buruk.

Entah sekeras apapun Anda berusaha, mereka tetap saja masuk ke lubang yang sama. Yup, The Addict akan terus mengulangi perilaku buruk mereka. Well, simpel saja, Anda tidak bisa membantu seseorang yang tidak ingin dibantu.

 

#6. The Always Negative

Paling lihai melihat sisi buruk dalam segala hal.

Ada alasan mengapa berinteraksi dengan orang yang negatif terasa melelahkan. Emosi dapat menular dengan mudah. Jadi, meskipun sedang bahagia, ngobrol dengan mereka dapat membuat suasana hati jadi muram.

 

#7. The Drama Queen

Alias si tukang gosip.

Anky mengatakan kalau The Drama Queen suka jadi pusat perhatian. Itulah yang membuat mereka gemar membicarakan orang lain. Bukan cuma itu, mereka juga sering menyombongkan diri. "Bagi mereka, hidup Anda membosankan. Tidak seperti hidup mereka," tutur Anky.

 

Ini cara menghadapi mereka

Mengucapkan selamat tinggal kepada toxic people tidak pernah mudah, terlebih kalau mereka adalah anggota keluarga atau rekan kerja. Kalau itu yang terjadi, Anky menuturkan, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan berusaha memegang kendali sebaik yang Anda bisa. "Hal pertama dan yang paling penting, batasi berhubungan dengan mereka. Anda tidak bisa mengontrol sifat orang lain, tetapi Anda bisa mengontrol respon Anda terhadap mereka." Lebih baik kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang memegang nilai hidup yang sama serta yang dapat meningkatkan rasa percaya diri. (Hana Devarianti / FT / Image: )

Tags : 7 Tipe Orang yang Bikin Anda Stres. Mending Jauhi Saja!
RELATED ARTICLE
Manfaat Kesehatan Mengejutkan Tidur 8 Jam Tiap Hari
Manfaat Kesehatan Mengejutkan Tidur 8 Jam Tiap Hari
Millennials, Kurangi Lakukan 8 Gerakan Tubuh Berikut
Millennials, Kurangi Lakukan 8 Gerakan Tubuh Berikut
Oh No, Minum Kopi di Pagi Hari Berbahaya Buat Tubuh!
Oh No, Minum Kopi di Pagi Hari Berbahaya Buat Tubuh!