7 Strategi Tidur Unik Untuk Atasi Insomnia
LOGO COSMOPOLITAN INDONESIA
Thu, January 11, 2018

7 Strategi Tidur Unik Untuk Atasi Insomnia

7 Strategi Tidur Unik Untuk Atasi Insomnia

Dear, percayalah. Menghitung domba yang melompat dalam pikiran Anda tidak akan berhasil membuat Anda tertidur saat insomnia menyerang. Oleh karena itu, Cosmo akan memberikan Anda strategi untuk membuat Anda terlelap, walaupun alam bawah sadar Anda berkata sebaliknya. Faktanya?

“Saat Anda terhubung dengan stres atau rasa gembira, sistem saraf simpatik Anda bereaksi membuat tekanan darah meningkat, jantung berdegup lebih kencang, dan mengencangkan otot Anda,” jelas Frisca Yan-Go, MD, direktur medis dari Sleep Disorders Center UCLA. “Reaksi tersebut menjaga Anda untuk tidak tertidur.”

Di waktu selanjutnya, jika Anda menemukan bahwa diri Anda sedang merasa frustasi, ikuti beberapa strategi dari Cosmo berikut ini yang akan membawa Anda menuju alam mimpi dalam sekejap saja.

 

 

Strategi Tidur 1: Buat Daftar Kegiatan

Anda stres dengan tumpukan tugas yang harus diselesaikan? Well, sebaiknya tinggalkan ranjang Anda, robek selembar kertas, dan tulislah daftar to-do-list untuk dilakukan esok hari, beserta ide yang Anda takut akan lupa nantinya. Melihat daftar dalam tulisan, akan membuat Anda merasa lebih terkendali. Mengetahui bahwa Anda dapat melihat daftar itu kembali esok pagi, akan membuat Anda mampu mengeluarkan daftar tersebut dari otak Anda.

 

Strategi Tidur 2: Buatlah Cerita Sebelum Tidur

Jika otak Anda tidak bisa berhenti untuk menganalisa apa yang terjadi di sepanjang hari tersebut, alihkan perhatian dengan menciptakan sebuah visualisasi lainnya yang kreatif. Menurut Charles Pollak, direktur dari pusat untuk Sleep Medicine di Weill Medical College of Cornell University, Anda harus membayangkan diri berada di suatu tempat yang tidak berhubungan dengan apapun yang mendominasi pikiran Anda saat ini, dan fokuslah untuk membuat skenario yang lebih spesifik.

Sebagai contoh, bayangkan tempat liburan favorit, seperti melakukan traveling ke Wakatobi, dan bayangkan detail yang terjadi di tempat tersebut, seperti air yang membasahi kulit, warna ikan yang Anda lihat saat melakukan snorkeling, dan rasa margarita yang Anda minum dengan si dia saat matahari terbenam. Yummy! Hal ini dapat mengalihkan Anda dari pikiran-pikiran yang terus menerus terstimulasi dalam pikiran,” tutur Dr. Pollak.

 

 

Strategi Tidur 3: Sembunyikan Jam

Saat Anda merasa stres, berbagai stimulasi dari benda-benda di ruangan dapat membuatnya semakin buruk. Tertuduh utamanya adalah jam digital. “Hal yang berkontribusi besar terhadap keadaan tidak bisa tidur adalah stres, ketika Anda tahu sudah berbaring di atas ranjang hingga jam 3 pagi dan Anda hanya bisa memandangi jam yang menunjukkan waktu terus berlalu,” kata Carl E. Hunt, direktur National Center on Sleep Disorders Research. Jika Anda khawatir bangun terlalu siang, siapkan dua alarm dan jauhkan jam dari pandangan.

 

Strategi Tidur 4: Cobalah Trik Sisir

Memiliki seseorang yang menggaruk tangan Anda secara halus dan lembut dapat mengurangi ketegangan, kan. Oleh karena itu, gerakan berikut menurut Paul Wilson dari Instant Calm mampu menghasilkan efek yang mirip. Saat berbaring dengan mata tertutup, ambilah sisir dan buatlah gerakan ke arah atas di tangan kanan Anda. Mulailah dari ujung jari, kemudian perlahan ke telapak tangan, setelah itu pergelangan tangan, naik di sepanjang tangan, hingga menuju bahu. Ulangi di sisi berbeda.

 

 

Strategi Tidur 5: Berendam Air Hangat

Menurut National Sleep Foundation, setelah Anda selesai berendam di air hangat, temperatur tubuh Anda akan menurun dan merupakan tanda bagi tubuh untuk tidur. Jadi, jika Anda mencurigai bahwa malam ini Anda akan mendapatkan insomnia, atau Anda merasa malam dilewati dengan lebih banyak perasaan khawatir, maka jangan ragu untuk menyiapkan air hangat dan menghabiskan 15 menit untuk berendam. Aaahhh...

 

Strategi Tidur 6: Seks!

Menurut sex educator Patti Britton, hormon yang diproduksi saat orgasme bisa menyebabkan relaksasi yang bisa membuat Anda tertidur lelap. So, jika si dia ada di samping Anda, jangan ragu untuk melakukan quickie. Jika Anda sendirian, masturbasi dengan sex fantasy dapat menjadi jawabannya!

 

 

Strategi Tidur 7: Meleburlah Dengan Ranjang

Para ahli mengatakan bahwa latihan ini sangat efektif menjadi teknik untuk tidur. “Saat saraf simpatik Anda aktif, otot menjadi tegang dan itu yang membuat Anda tetap terjaga,” kata Dr. Yan-Go. Jinakkan tekanan tersebut dengan gerakan berikut: fokuslah dengan kaki Anda dan cobalah untuk membuatnya terasa berat, seolah akan terbenam. Selanjutnya, fokus dengan mata kaki. Ulangi latihan tersebut secara perlahan di berbagai bagian tubuh, hingga mencapai kepala. Jika ada bagian tubuh Anda yang masih tegang, fokus terhadap perasaan bahwa tubuh Anda akan tenggelam dalam ranjang. Good luck, ladies!

 

(Vidi Prima / Kezia Calesta / SW / Image: doc. outnow.ch)

Tags : insomnia, tidur, tips, kesehatan
RELATED ARTICLE
Manfaat Kesehatan Mengejutkan Tidur 8 Jam Tiap Hari
Manfaat Kesehatan Mengejutkan Tidur 8 Jam Tiap Hari
Millennials, Kurangi Lakukan 8 Gerakan Tubuh Berikut
Millennials, Kurangi Lakukan 8 Gerakan Tubuh Berikut
Oh No, Minum Kopi di Pagi Hari Berbahaya Buat Tubuh!
Oh No, Minum Kopi di Pagi Hari Berbahaya Buat Tubuh!