Trik Pikiran Ini Dapat Menghilangkan Rasa Panik!
LOGO COSMOPOLITAN INDONESIA
Mon, October 2, 2017

Trik Pikiran Ini Dapat Menghilangkan Rasa Panik!

Trik Pikiran Ini Dapat Menghilangkan Rasa Panik!

Anda sudah terlalu sering dilanda rasa panik. Anda sudah terlalu sering menarik otot wajah ketika marah sampai akhirnya membuang kata-kata kasar dengan mudahnya dari mulut Anda. Benar begitu?

Dari sana Anda mulai berkata, “Kalau ada sesuatu yang tak pernah bisa terungkap di dunia, itu adalah: Cara untuk menghapus kepanikan!” Tapi Anda tak perlu khawatir, karena para ilmuwan berhasil memecahkan misteri ini jauh sebelum Anda sempat mengucapkan kata-kata itu. Akhirnya ada sebuah kebenaran pasti, yang telah dibuktikan sendiri oleh para ilmuwan dunia kalau ada strategi mengendalikan cara berpikir dengan cara melakukan gerakan-gerakan kecil yang akan memberi Anda sebuah keuntungan dalam segala situasi. Jaminannya? Tentu saja: You feel happier and more confident.

 

Anda ingin supaya...
Menemukan Jalan Keluar Dalam Waktu Singkat!
The Trick: Ambil beberapa langkah ke belakang.
Kenapa berhasil: Para peneliti di Radboud University Nijmegen, Belanda, suatu hari menguji satu teori. Peneliti meminta satu grup untuk menyelesaikan tes dengan menyuruh mereka berjalan ke arah depan. Sementara grup yang satunya lagi mengambil langkah yang berlawanan. Grup mana yang lebih dulu menyelesaikan tugas dan surprisingly, menjawabnya tanpa salah? Yup, grup yang melangkah mundur. Bagaimana bisa? Menurut para ilmuwan, melangkah mundur itu berarti mendorong kerja otak agar memusatkan konsentrasi pada masalah yang ada. Bertemu dengan situasi seperti ini, ambilah beberapa langkah mundur tapi pastikan tidak membentur furnitur di belakang Anda ya.

Anda ingin supaya...
Terlihat Percaya Diri.
The Trick
: Duduk dengan posisi tangan di pinggir kursi, dan meletakkan tangan yang satunya di punggung kursi. Terakhir, silangkan kedua kaki.
Kenapa berhasil: Apa hubungannya? Posisi duduk seperti ini menurut hasil studi Northwestern University, akan memancarkan rasa percaya diri Anda terlebih apabila melakukannya di hadapan si bos. Ini pertanda Anda sebagai lawan bicara yang punya pengaruh kuat, walaupun sebelumnya Anda baru saja mendapat teguran darinya. Studi lain di Columbia University dan Harvard University mengatakan bahwa ruang duduk yang lebih luas memungkinkan Anda mencari gaya duduk yang seolah terlihat “berkuasa”. Ini diakibatkan karena hormon testosteron Anda ikut terlibat jadi pengontrol emosi. Nah, di saat yang sama hormon kortisol penyebab stres ikut mereda seiring meningkatnya ketenangan plus rasa percaya diri Anda.


Anda ingin supaya…
Berhenti Bingung Saat Harus Memilih.
The Trick:
Pergi ke kamar mandi, lalu cuci kedua tangan Anda dengan sabun.
Kenapa berhasil: Sebuah penelitian di University of Michigan berhasil mengumpulkan data pada beberapa responden dan membuktikan fakta nyata yang ingin Anda dengar. Simpel sekali. Penelitian ini dilakukan pada mereka yang sedang dilanda dilema dan harus menentukan satu pilihan. Hasilnya, mereka yang telah lebih dulu mencuci tangannya sama sekali tidak ragu akan keputusan yang diambil ketimbang mereka yang tidak mencuci tangan. Tentu tak ingin salah ambil keputusan yang dapat berakibat fatal, kan? Saat isi kepala Anda tengah dipenuhi dengan berbagai pilihan, gerakan kecil ini bisa Anda lakukan untuk melenyapkan keraguan. Yang lebih menariknya lagi, penelitian lain juga menemukan kalau trik ini juga bisa membuang jauh-jauh rasa sesal ketika Anda baru saja berbuat kesalahan, semisal memberitahu si dia Anda pergi ke bersama the girls, padahal faktanya Anda habis bersenang-senang intim bersama sahabat baru Anda: Vibrator! Tak menemukan tempat cuci tangan di sekitar? Usapan cairan antiseptik juga punya “keajaiban” serupa.

Anda ingin supaya…
Bisa Mengambil Keputusan Sulit.
The Trick:
Pegang sebuah benda berbeban berat.
Kenapa berhasil: Penelitian di University of Amsterdam benar-benar memperhitungkan fakta yang mereka temukan ini. Ternyata memegang benda apapun yang berat atau besar, sedikit banyak membantu mengirimkan sinyal ke otak yang memancing Anda untuk kembali menimbang keputusan yang akan diambil. Maka, saat berpikir hendak menyudahi hubungan kerja dengan perusahaan, atau sulit mengarahkan jari menuju kata “confirm” saat membeli tiket liburan, menggenggam sebuah benda yang berat di tangan Anda akan menstimulus otak untuk makin serius dalam berpikir sehingga keputusan pun bisa segera diambil.


Anda ingin supaya…
Bisa Lebih Santai dan Relaks.
The Trick:
Tarik seorang pria, lalu peluk ia.
Kenapa berhasil: Saat ada yang bilang, “Cuma pria deh yang bisa menaklukan wanita.” Walau sebenarnya hati tak ingin memberi akreditasi pada spesies bumi ini, tapi fakta selalu berkata lain. Sudah berkali-kali mereka bikin Anda jatuh ke lubang terdalam, tapi ke mana kepala Anda berakhir tersandar? Predictable: Boys! Penelitian di University of Utah memang menemukan ada sesuatu yang ajaib pada pelukan pria: sebuah detoksifikasi instan. Katanya, ketika kulit dan bulu pria bersentuhan pada kulit wanita, ada efek menenangkan yang bisa merasuk ke diri Anda. Ini disebabkan karena aroma yang melekat dapat mengaktifkan daya penenang langsung ke otak. Bukan berarti Anda menutup palang pintu pelukan terbatas hanya untuk kekasih ya. Karena pria yang dimaksud di sini ialah semua yang tergolong pria, entah itu ayah, adik laki-laki, sampai sahabat pria Anda. Dan semua pelukan pria itu akan memberi efek yang sama.

Anda ingin supaya…
Bisa Mencetuskan Ide Yang Brilian.
The Trick:
Tekan bagian bawah meja dengan telapak tangan atau jari-jari Anda.
Kenapa berhasil: Dalam hasil studi di buku Journal of Personality and Social Psychology, para ahli sendiri yang membuktikan bahwa gestur tubuh seperti ini akan merangsang ide-ide kreatif mengalir deras dari kepala. Alasannya? Karena gerakan ini membantu melenturkan otot-otot di area lengan Anda yang nantinya memberi peluang pada otak untuk bekerja dan memberi dorongan menuju kreativitas. Penelitian juga memberi bukti apabila Anda menekan meja dari atas, yang terjadi justru sebaliknya: menutup peluang hal-hal kreatif untuk muncul. Maka, ketika Anda memberi komando pada diri untuk kembali bekerja, pastikan ada segelas kopi di atas meja, buat diri merasa nyaman, dan tekan bagian bawah meja dengan telapak tangan lalu perhatikan ada berapa ide brilian yang terlintas di kepala.


Anda ingin supaya…
Terlihat Sebagai Wanita Yang Tahan Banting.
The Trick:
Segera kerahkan fungsi sunglasses Anda.
Kenapa berhasil: Tujuan sunglasses diciptakan bukan cuma untuk sembunyi dari paparan terik matahari semata. Menurut para ahli, sunglasses dapat menjadi perangkat cantik untuk bersembunyi ketika ada hal-hal yang mengusik suasana hati. Mereka pun sepakat kalau tak ada perangkat yang bisa mengalahkan sunglasses untuk urusan “berpura-pura” di publik. Apa yang diberikannya? Well, Anda bisa terlihat baik-baik saja, padahal sebenarnya tidak; Anda dapat menyembunyikan rasa kesal, padahal Anda memicingkan mata penuh dendam di baliknya; menangis sekalipun, benda ini bisa menguatkan sandiwara Anda. Inilah mengapa jari Anda tak mampu lagi menghitung berapa jumlah selebriti Hollywood yang butuh sunglasses hingga di kala gelap pun. Garansinya: It'll bring you toughness!


Anda ingin supaya...
Mencegah Masalah Kecil Jadi... Meledak!
The Trick:
Anggukan kepala seolah Anda setuju.
Kenapa berhasil: Tahukah Anda bahwa tanpa sadar tindakan yang Anda ambil itu dapat mempengaruhi perasaan? Penelitian di Univeristy of Missouri punya temuan menarik supaya Anda tak mudah mendramatisasi suasana yang bisa menjadi santapan semua orang. Bagaimana caranya? Saat Anda terlibat adu mulut dengan lawan bicara, lakukan sebuah gerakan yang menurut para peneliti akan meredakan emosi yang tengah memuncak. Beri anggukan kepala seolah Anda (terlihat) menyimak opini yang ia lontarkan. Sesudah memberinya waktu bicara, maka peluang untuk bisa memperoleh kompromi semakin terbuka lebar dan Anda pun terhindar dari pertengkaran hebat. Lakukan trik ini supaya Anda tak buang-buang lelah kali lain Anda berdebat dengan si bos, atau saat nyaris bertengkar dengan wanita yang menyelak antrean di salon. Karena pada prinsipnya: hanya ada segelintir orang saja yang bisa Anda ajak berselisih paham.

Anda ingin supaya…
Mempertajam Ingatan Anda.
The Trick
: Ambil secarik kertas dan coret-coretlah. Boleh juga gunakan iPad.
Kenapa berhasil: Kalau di ruang meeting yang Anda lakukan hanya menyimak, menunggu sampai perintah tugas dari si bos datang, dan hanya bisa menatap kolega yang mengacungkan jari untuk melontarkan idenya, lebih baik jika ada secarik kertas di depan Anda, buatlah coretan di atasnya. Para ilmuwan di University of Plymouth menganggap cara ini sangat efektif karena sebuah gambar dapat mengasah area tertentu di otak yang dapat membangkitkan imaji.


Anda ingin supaya...
Mengetahui Langkah Anda Selanjutnya Untuk Urusan Cinta, Karier, Hidup, dan Lainnya.
The Trick:
Condongkan badan Anda ke arah depan.
Kenapa berhasil: Awalnya para ilmuwan di University of Aberdeen meneliti sensor gerak pada manusia, dan mereka mendapati bahwa saat seseorang memikirkan soal masa depan, ia cenderung mengarahkan tubuh ke arah depan. Dan memang betul, Anda bisa membayangkan masa depan dengan pikiran yang lebih jernih. Dari situ, Anda dapat menentukan jalan mana yang harus ditempuh entah itu menemukan cara untuk mengelevasi karier sampai sosok Mr. Right yang layak mendapatkan Anda. (Silvya Winny / Image: g-stockstudio / Shutterstock / Clickphotos)

Tags : hilangkan rasa panik
RELATED ARTICLE
6 Keuntungan Jadi Si Single Saat Musim Liburan
6 Keuntungan Jadi Si Single Saat Musim Liburan
Ini Yang Terjadi Jika Tidak Makan Usai Berolahraga
Ini Yang Terjadi Jika Tidak Makan Usai Berolahraga
5 Tips Liburan Tenang Walaupun Sedang Datang Bulan
5 Tips Liburan Tenang Walaupun Sedang Datang Bulan