Tips Sehat Sebelum & Sesudah Olahraga Lari
LOGO COSMOPOLITAN INDONESIA
Sun, October 1, 2017

Tips Sehat Sebelum & Sesudah Olahraga Lari

Tips Sehat Sebelum & Sesudah Olahraga Lari

Lari adalah salah satu cabang olahraga yang paling simple. Anda tidak perlu alat-alat ataupun tempat khusus untuk melakukan olahraga yang satu ini. Bahkan kini olahraga lari makin berkembang pesat, ada banyak ajang perlombaan lari yang diselenggarakan di Indonesia dengan beragam keseruan menarik. Walaupun menyenangkan, jangan sampai Anda menjadi terlalu santai dan melupakan hal-hal kecil dalam persiapan sebelum hingga sesudah mengikuti ajang perlombaan lari. Untuk itu, berikut Cosmo berikan tips sehat yang harus Anda lakukan sebelum dan sesudah olahraga lari.

 

Sebelum lari

Sarapan Ringan Namun Bergizi

Usahakan Anda mengisi perut terlebih dahulu sebelum mulai lari. Tapi jangan sampai berlebihan juga ya, dear! Makanlah sesuatu yang ringan tapi bergizi seperti buah-buahan atau sereal yang dapat menambah energi.

Persiapkan Stamina Anda

Latihlah stamina Anda sampai ke level yang lebih tinggi. Cara melatihnya mudah saja, Anda hanya perlu lari setiap pagi dan perlahan menambah jarak tempuh lari Anda setiap harinya. Dengan begitu stamina Anda juga akan bertambah.

Jangan Sampai Salah Kostum!

Tampil stylish di ajang perlombaan lari tentu akan menambah rasa percaya diri bagi fun fearless ladies seperti Anda. Namun usahakan untuk tetap mengenakan pakaian dengan bahan yang mengandung teknologi dry-fit agar keringat mudah menyerap dan tidak menempel di badan.

Lakukan Pemanasan Dari Bawah ke Atas

Olahraga lari lebih banyak menggunakan otot tubuh bagian bawah. Jadi, pada saat pemanasan, upayakan untuk memulai peregangan dari bagian kaki terlebih dahulu. Setelah selesai pada bagian kaki, lalu naik perlahan hingga akhirnya Anda dapat stretching ke atas. .

 

Sesudah Lari

Segera Mengganti Baju yang Basah Oleh Keringat

Keringat yang menempel di baju Anda setelah berlari dapat menyebabkan penyakit kulit seperti jerawat pada tubuh, biang keringat, dan gatal-gatal yang dapat berujung pada infeksi kulit. Jadi sesudah lari, segeralah ganti baju Anda.

Melemaskan Otot-otot yang Tegang

Setelah berlari alangkah baiknya untuk melemaskan otot-otot tubuh yang tegang. Caranya dengan duduk relaks serta meluruskan kaki dan betis Anda. Hal ini sangat penting untuk menghindari cedera dan juga mengurangi rasa nyeri pada persendian. Selain itu juga untuk mengurangi terjadinya varises.

Minum Air Putih

Selama berlari, tubuh Anda kehilangan cukup banyak cairan. Itulah sebabnya Anda harus mengganti cairan tersebut dengan meminum air putih. Minum air setelah olahraga dapat menghindari pusing, keram anggota tubuh, dan mual-mual.

Tetap Menjaga Pola Hidup yang Sehat

Agar olahraga lari Anda tidak sia-sia, Anda harus mengimbanginya dengan makanan yang bergizi seperti sayuran, buah-buahan, daging, dll. Selain itu, usahakan untuk menjalankan pola tidur yang teratur, ya dear. Dengan menjaga pola makan, pola tidur dan pola olahraga Anda dengan baik, niscaya tubuh Anda akan selalu sehat dan bugar.

 

Ingin mengetahui lebih lanjut prihal kiat-kiat mengikuti lomba lari? Nah kali ini, Cosmopolitan dan Combiphar mengajak Anda untuk sharing mengenai tips-tips ataupun informasi yang terkait dengan persiapan sebelum & sesudah mengikuti lomba lari dalam Healthy Forum bersama para narasumber Reina Wardhana (Healthy Enthusiast), Deera Dewi (Yoga Teacher), Kadek Arini (Traveller), Chef Brian (Chef) dan dr. Sani P, Gani (Doctor). Klik di sini atau www.cosmopolitan.co.id/healthylifestyle/forum.

 

Tags : tips lari, tips olahraga lari, tips kesehatan
RELATED ARTICLE
BingBang Jakarta
BingBang Jakarta
Art Market Jakarta 8
Art Market Jakarta 8
The Publicist
The Publicist