Financial Diet, Tak Ada Kata Bangkrut Lagi!
LOGO COSMOPOLITAN INDONESIA
Wed, October 11, 2017

Financial Diet, Tak Ada Kata Bangkrut Lagi!

Financial Diet, Tak Ada Kata Bangkrut Lagi!

Apakah Anda tahu bahwa ternyata ada kesamaan antara food diet dan financial diet. Yang berbeda hanya tujuannya. Jika food diet ditujukan untuk kesehatan serta bentuk tubuh yang lebih baik, maka financial diet ditujukan agar tabungan Anda bisa tersenyum kembali smiley.

Kalori yang Masuk Harus Sama Atau Lebih Kecil Dari Kalori yang Keluar.
Di dalam proses diet untuk melangsingkan tubuh, hal di atas adalah rumusan utama menuju tubuh impian. Nah ternyata di dalam financial diet, rumus tersebut juga berlaku tentunya dengan twist menjadi pengeluaran harus lebih kecil dibanding pemasukan. 

Kendalikan Jumlah Makanan yang Masuk Dengan Memilih Ukuran Piring Lebih Kecil
Menurut penelitian, orang akan cenderung memenuhi piringnya dengan makanan akan menghabiskan semua ada di atas piring tersebut. Jika Anda membatasi uang yang ada di ATM dan dompet setiap harinya. Maka kecenderungannya, Anda akan jauh lebih hemat. Dan hati-hati, jangan terlalu banyak menggunakan kartu kredit ya.

Tinggalkan Meja Makan Begitu Anda Selesai Makan
Coba deh bayangkan, Anda berada di sebuah restoran, dan setiap kali Anda selesai makan, pelayan membersihkan meja dari piring yang telah kosong. Maka, keinginan Anda untuk menikmati hidangan berikutnya akan naik sekitar 10%. Sama halnya jika Anda pergi ke sebuah pusat perbelanjaan, cukup beli yang Anda inginkan kemudian tinggalkan tempat itu untuk meredam keinginan belanja yang jauh lebih banyak.

Temukan Alasan yang Kuat
Banyak orang melakukan diet karena memerhatikan kesehatan dan penampilannya di masa akan datang. Jika Anda ingin melakukan diet keuangan, Anda juga harus punya alasan yang tepat untuk melakukannya dan disesuaikan dengan nilai-nilai dalam kehidupan Anda, misalnya agar tenang di hari tua, mandiri secara keuangan, lebih makmur dan sejahtera.

Susun Target yang Realistis
Target menurunkan berat badan yang sehat menurut ahli diet adalah antara 0,5 – 1 kg per minggu. Selebihnya, Anda kemungkinan akan mengalami diet yoyo, karena perjuangan yang terlalu keras maka akan mengakibatkan Anda kembali mengonsumsi makanan dalam porsi banyak. 0,5 hingga 1 kg adalah target yang ringan dan mudah untuk dilakukan. Diet keuangan yang berlebihan juga tidak membantu Anda, karena kemungkinan besar Anda tidak akan melakukan apa yang Anda rencanakan atau berhenti di tengah jalan. Anda perlu melakukan diet keuangan, tapi jangan sampai Anda menjadi orang yang menderita karenanya. Tingkatkan kemampuan tabungan Anda secara bertahap mulai sekarang.
 

(Salli Sabarrang / Image: Photobuay / Shutterstock / clickphotos )

Tags : financial diet, berhemat, menabung
RELATED ARTICLE
Keuntungan Bekerja Dari Rumah
Keuntungan Bekerja Dari Rumah
Profesi Yang Paling Dicari di Indonesia Saat Ini
Profesi Yang Paling Dicari di Indonesia Saat Ini
Tips Sukses Kerja Sambil Kuliah
Tips Sukses Kerja Sambil Kuliah