7 Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh Anda
LOGO COSMOPOLITAN INDONESIA
Tue, October 10, 2017

7 Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh Anda

7 Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Just keep swimming! Berenang adalah salah satu kegiatan olahraga terbaik untuk melatih seluruh tubuh. Ini dia 7 manfaat menakjubkan yang akan didapat tubuh bila Anda berenang dengan rutin.

 

1. Berenang melatih cardio dan kekuatan tubuh.

Yes, berenang melatih cardio karena Anda tidak berhenti bergerak! Menurut pelatih triatlon dan pemilik Tailwind Endurance Earl Walton, otot tubuh Anda juga akan bekerja dengan lebih keras karena air 800 kali lebih padat dari udara.

 

2. Berenang adalah olahraga low-impact.

Tipe olahraga yang berintensitas rendah ternyata cocok untuk segala usia karena kegiatan yang dilakukan tidak akan terasa berat pada sendi. So, untuk menghindari tekanan berlebihan yang akan mengakibatkan cedera persendian atau otot, sebaiknya memilih olahraga yang low-impact!

 

3. Renang meningkatkan kapasitas paru-paru.

Saat berenang, tubuh Anda beradaptasi untuk menggunakan oksigen secara efisien. Dengan intake oksigen dan pengeluaran karbon dioksida yang lebih efektif, kebiasaan renang dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung istirahat yang lebih rendah.

 

4. Berenang membuat aktivitas berlari semakin mudah.

Berenang dengan rutin akan meningkatkan daya tahan tubuh Anda secara drastis, lho. Dengan otot kaki dan core yang lebih kuat, ditambah lagi dengan kemampuan paru-paru Anda untuk menggunakan oksigen dengan baik – aktivitas berlari pun akan menjadi lebih mudah untuk Anda.

 

5. Berenang menurunkan tingkat stres.

Riset menemukan bahwa floatation therapy (di mana Anda merendamkan seluruh tubuh dalam air) dapat meredakan gejala pasien yang sedang mengalami stres kronis. Pantas saja bathtub session selalu dapat membuat suasana hati lebih tenang!

 

6. Berenang membuat otot-otot yang malas bekerja.

Saat Anda bersepeda atau berlari, bagian lengan tidak banyak bergerak. Namun saat Anda berenang, tidak hanya kaki yang bekerja, tetapi juga seluruh lengan dan pundak Anda. Berenang juga membantu Anda menstabilisasi otot dalam di bagian core dan punggung bagian belakang. Yes, please.

 

7. Kemampuan berenang akan membuka akses untuk banyak pengalaman baru.

Anda mau coba snorkeling di laut bersama teman-teman atau melompat dari air terjun? Sayang sekali, kan, bila Anda harus melewatkan berbagai pengalaman seru karena Anda tidak bisa berenang. Swimming is a life skill you cannot miss!

 

(Kezia Calesta / SW / Image: doc. Shutterstock / Clickphotos)

Tags : renang, kesehatan, tips
RELATED ARTICLE
6 Keuntungan Jadi Si Single Saat Musim Liburan
6 Keuntungan Jadi Si Single Saat Musim Liburan
Ini Yang Terjadi Jika Tidak Makan Usai Berolahraga
Ini Yang Terjadi Jika Tidak Makan Usai Berolahraga
5 Tips Liburan Tenang Walaupun Sedang Datang Bulan
5 Tips Liburan Tenang Walaupun Sedang Datang Bulan