5 Tips Sukses di Pekerjaan Pertama Anda
LOGO COSMOPOLITAN INDONESIA
Tue, October 10, 2017

5 Tips Sukses di Pekerjaan Pertama Anda

5 Tips Sukses di Pekerjaan Pertama Anda

Mengikuti berbagai sesi interview untuk mendapatkan pekejeraan pertama memang proses yang cukup menegangkan. Namun, setelah sukses mendapatkan sebuah jabatan, bukan berarti Anda bisa menghela napas lega. Kini waktunya untuk membuat kesan yang baik di kantor. Tidak mau dong gagal pada pekerjaan pertama Anda. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda tampil sukses di kantor.

 

Datang Tepat Waktu

Entah status Anda masih karyawan baru atau senior yang sudah bekerja selama 10 tahun, datang tepat waktu adalah kunci dari kesuksesan. Ketepatan waktu menandakan bahwa Anda menghargai peraturan yang ada. Tidak hanya itu, sikap ini juga menunjukkan kedisiplinan diri dan tanggung jawab. Seseorang yang selalu tepat waktu biasanya mampu menyelesaikan pekerjaan lebih baik daripada mereka yang tidak.

 

Komunikatif

Harus diakui, rekan kerja di kantor memang dapat mengintimidasi. Terlebih ketika mereka berusia lebih tua dan memiliki pengalaman yang melebihi Anda. Namun, jangan biarkan hal ini membuat Anda menjadi seseorang yang pendiam di kantor. Gunakanlah kesempatan ini untuk menggali ilmu dari rekan kerja yang lebih senior. Jadilah seseorang yang komunikatif dengan meminta pendapat mereka atau mengajak diskusi tentang pekerjaan.

 

Jangan Malu Bertanya
 

Oh dear, malu bertanya hanya akan membuat Anda “tersesat” saat menyelesaikan pekerjaan. Tugas Anda sebagai karyawan baru adalah mencari tahu dan belajar banyak hal tentang perusahaan. Tidak semua pegawai baru diberikan training khusus. Justru, beberapa perusahaan menerapkan prinsip learning by doing. Jadi, tidak ada salahnya untuk bertanya kepada rekan kerja atau sang atasan. Dengan bertanya, pekerjaan akan selesai tepat waktu dan memiliki hasil yang maksimal. Untuk memulai, coba tanyakan tempat makan siang yang lezat pada rekan kerja.

 

Tunjukkan Antusiasme

Baru seminggu bekerja tetapi sudah terdengar ratusan keluah keluar dari mulut Anda. Tidak heran rekan kerja dan sang atasan malas berhubungan dengan Anda. Keluhan ada resep untuk membuat kesan buruk di kantor. Lebih baik simpan keluhan tersebut dan tunjukkan antusiasme dengan selalu tampil bersemangat. Hal ini akan membuat orang lain lebih nyaman bekerja dengan Anda.

 

Mampu Adaptasi

Pekerjaan pertama benar-benar akan menguji kemampuan beradaptasi Anda. Tidak hanya harus beradaptasi dengan pekerjaan, Anda juga dituntut untuk mampu menyesuaikan diri dengan rekan kerja, sang atasan, hingga sistem perusahaan. Perusahaan membutuhkan karyawan yang terbuka untuk ide-ide baru, cukup fleksibel untuk bekerja melalui isu-isu yang menantang, dan umumnya mampu mengatasi keadaan ketika sesuatu tidak berjalan seperti yang direncanakan. Semangat, ladies! (Hana Devarianti/Sky Drupadi/VP/Image:Thinkstockphoto/Berc/iStock)

Tags : tips, sukses, pekerjaan, pertama, karier.
RELATED ARTICLE
5 Waktu Tepat Untuk Gunakan Jatah Cuti Anda
5 Waktu Tepat Untuk Gunakan Jatah Cuti Anda
5 Cara Pintar Menabung yang Bikin Tabungan Menggunung!
5 Cara Pintar Menabung yang Bikin Tabungan Menggunung!
Menyesal Habis Resign Kerja? Baca Artikel Ini!
Menyesal Habis Resign Kerja? Baca Artikel Ini!