Cara Mengorganisir Meja Kerja Anda
LOGO COSMOPOLITAN INDONESIA
Wed, November 23, 2016

Cara Mengorganisir Meja Kerja Anda

Cara Mengorganisir Meja Kerja Anda

Bila Anda merasa produktivitas kerja mulai menurun, mungkin sudah saatnya Anda mengorganisir ulang meja kerja. Ya, memang terdengar simple. Namun dengan meja yang rapih dan teratur, Anda akan lebih fokus dalam mengerjakan tugas.


Atur Posisi Komputer Anda
Bila layar komputer adalah hal yang Anda lihat setiap hari, maka pastikan posisi komputer Anda tepat.  Atur jarak antara layar komputer dengan tempat duduk sehingga tidak melelahkan mata dan badan Anda. Pastikan juga posisi keyboard dan mouse tidak akan membuat pergelangan tangan Anda pegal. 

 

Kelompokkan Berkas File
Rapihkan file Anda yang berserakan di atas meja dengan mengelompokkannya. Buang kertas-kertas yang sudah tidak diperlukan dan pisahkan sesuai kategori yang Anda butuhkan. Masukkan berkas ke kotak penyimpanan. Agar meja kerja Anda semakin playful, bedakan warna kotak untuk tiap berkas ya.

 

Pilih Barang Pribadi Anda
Barang pribadi seperti foto keluarga dan boneka bisa menjadi motivasi dalam berkerja karena meja jadi terasa lebih personal. Namun, bila barang-barang tersebut mulai memenuhi meja, maka harus ada beberapa benda yang Anda bawa kembali ke rumah. Tambahan lagi, bila Anda seseorang yang mudah terdistraksi, maka menyimpan benda pribadi bukanlah ide yang baik. Pastikan benda-benda di meja tidak akan menghalangi fokus Anda.

 

Siapkan Instrumen untuk Bekerja
Simpan segala pensil, pulpen, gunting, dan lainnya di tempat penyimpanan khusus. Letakkan dekat dengan berkas-berkas Anda. Jangan sampai meja penuh dengan pulpen bekas yang sudah tidak ada tintanya lagi. Hindari menyimpan banyak perkakas agar meja Anda selalu terlihat rapih. Bila Anda sering menggunakan telepon, pastikan letakknya mudah dijangkau tanpa harus berdiri lagi.

 

Beri Ruang Kosong untuk Meja Anda
Di antara komputer, foto-foto, dan telepon, berikan meja Anda ruang kosong untuk bernafas. Saat Anda butuh menulis atau menandatangani sebuah dokumen, Anda tidak perlu lagi menyingkirkan barang-barang lainnya. Ruang ini juga penting agar Anda bebas menggerakkan lengan dan tangan. (Sky Sucahyo/SS/Image: doc. Micolas/Shutterstock/Clickphotos)

 

BACA JUGA:

6 Camilan Penting Yang Harus Ada di Atas Meja Kerja

5 Benda yang Wajib Ada di Meja Kerja Anda

Cara Menjaga Badan Agar Tetap Sehat di Kantor

5 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Pulang Kerja

Tags : Meja kerja, organisir, produktivitas
RELATED ARTICLE
Fakta: Gaji Wanita Indonesia Lebih Tinggi Dari Pria
Fakta: Gaji Wanita Indonesia Lebih Tinggi Dari Pria
Baca Ini Sebelum Mengajukan Ide Pada Atasan!
Baca Ini Sebelum Mengajukan Ide Pada Atasan!
Begini Cara Menulis Email Kantor Dengan Benar
Begini Cara Menulis Email Kantor Dengan Benar