Fakta: Gaji Wanita Indonesia Lebih Tinggi Dari Pria
LOGO COSMOPOLITAN INDONESIA
Mon, November 13, 2017

Fakta: Gaji Wanita Indonesia Lebih Tinggi Dari Pria

Fakta: Gaji Wanita Indonesia Lebih Tinggi Dari Pria

 

Yup, mungkin Anda tidak percaya dengan membaca judul di atas. Di luar negeri, khususnya di Amerika dan Eropa, gaji wanita memang seringkali masih di bawah gaji pria. Menurut The Simple Truth about Gender Pay Gap tahun 2014, gaji kaum wanita di Amerika Serikat masih lebih rendah hingga 21% jika dibandingkan dengan gaji yang didapatkan seorang pria. Hal yang tidak jauh berbeda juga terjadi di Inggris, dengan gaji wanita lebih rendah hingga 14,2% dari gaji pria. Namun hal tersebut ternyata bertolak belakang dengan di Indonesia. Ini buktinya!

 

Indonesia Tidak Sexist Saat Bicara Gaji

Berbeda dengan negara-negara adidaya tersebut, Indonesia ternyata tidak sexist sehubungan dengan upah kerja. Negara ini berusaha untuk menjunjung persamaan gaji antara pekerja wanita dan pria. Bahkan, pada beberapa bidang pekerjaan, gaji wanita justru terbukti lebih tinggi dibanding pria. Psst, bahkan bidang yang umumnya lekat dengan kaum Adam, seperti teknik (engineering) dan hukum, gaji untuk kaum hawa ternyata lebih besar, lho!

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh situs Jobplanet.com – sebuah platform komunitas online yang menampilkan informasi seputar dunia kerja dan perusahaan, terhadap 46.000 karyawan tingkat staf dan 14.000 karyawan tingkat manajer dari 35 provinsi di Indonesia dengan persentase 49% pria dan 51% wanita, gaji wanita terbukti lebih tinggi dibandingkan pria.

Survei tersebut menemukan bahwa gaji pokok (tanpa bonus dan tunjangan) rata-rata staf wanita adalah Rp3,660,000,-, lebih tinggi 1,1% dibandingkan gaji staf pria. Sedangkan pada tingkat manajer, wanita memiliki gaji rata-rata Rp7,696,000,-, lebih tinggi 4,6% dibandingkan dengan gaji pria.

 

Bidang Pekerjaan Dengan Gaji Besar untuk Wanita

Ingin mencari pekerjaan dengan gaji yang lebih besar? Psst, riset ini menunjukkan bahwa gaji wanita pada tingkat staf di bidang hukum, engineering dan HRD lebih tinggi dibanding pria. Sementara di tingkat manajer, gaji wanita di bidang HRD, engineering, keuangan dan pengembangan bisnis lebih tinggi dibanding pria.

Uniknya, di bidang engineering, hukum dan research and development, gaji staf wanita bisa mencapai hingga 10% lebih tinggi dibandingkan gaji staf pria. Lalu, pada tingkat manajer, gaji wanita di bidang pengembangan binsis, engineering, keuangan, akuntansi, serta R&D, lebih tinggi tujuh sampai dengan 14% dibandingkan gaji manajer pria.

More good news! Survei Jobplanet juga menunjukkan, sekarang ini semakin banyak perusahaan yang memercayakan dan memperhitungkan kemampuan wanita untuk bekerja di berbagai posisi. Who run the world? Girls!

(Alvin Yoga / VP / Image: Dok. OPOLJA / Shutterstock / Clickphotos)

Tags : gaji, wanita, indonesia
RELATED ARTICLE
4 Tanda Ini Artinya Anda Pelit Pada Diri Sendiri
4 Tanda Ini Artinya Anda Pelit Pada Diri Sendiri
Bahaya! Jangan Lakukan Hal Ini Di Media Sosial!
Bahaya! Jangan Lakukan Hal Ini Di Media Sosial!
5 Cara Menabung (Tanpa Bank) yang Dijamin Efektif
5 Cara Menabung (Tanpa Bank) yang Dijamin Efektif