Supaya Sehat, Hindari Konsumsi Ini saat Makan Siang
LOGO COSMOPOLITAN INDONESIA
Tue, November 7, 2017

Supaya Sehat, Hindari Konsumsi Ini saat Makan Siang

Supaya Sehat, Hindari Konsumsi Ini saat Makan Siang

Eits, ternyata bukan hanya sarapan saja lho yang penting buat kesehatan tubuh. Makan siang juga tak kalah penting. Jangan sembarang memilih menu makan siang Anda, dear. Supaya sehat, Cosmo sarankan untuk hindari konsumsi lima makanan ini saat makan siang.

 

Roti Putih

Terpikir untuk makan sandwich saat jam makan siang? Pastikan kalau roti yang digunakan bukanlah roti putih. Kandungan serat yang rendah dan indeks glikemik (IG) tinggi pada roti putih dapat membuat gula darah tubuh meningkat dengan cepat lalu kemudian turun lagi secara drastis. Akibatnya, energi tubuh menurun dan Anda pun jadi cepat lapar lagi.

Lebih baik pilih: roti gandum.

 

Mayones

Memang sih udang goreng mayones adalah menu makan siang yang lezat. Hanya saja, mayones memiliki kadar kalori tinggi. Bayangkan saja, satu sendok makan mayones punya kandungan 100 kalori! Belum lagi kalau disantap berbarengan dengan makanan goreng-gorengan. Hiii... Kalorinya pasti sudah menggunung.

Lebih baik pilih: saus pesto atau guacamole.

 

Granola Bars

Anda mungkin berpikir kalau makanan yang satu ini bisa jadi snack sehat setelah makan siang. Well, ternyata makanan ini justru punya kandungan gula tinggi, rendah serat, dan rendah protein. Sebuah resep sempurna untuk membuat Anda merasa kelaparan sebelum makan malam tiba.

Lebih baik pilih: satu mangkuk buah berry dan kacang-kacangan.

 

Yoghurt dengan Rasa

Meski yoghurt adalah makanan sehat, beberapa yoghurt yang telah diberi rasa biasanya mengandung banyak gula. Sering kali malah memiliki porsi gula yang lebih banyak dibandingkan sekaleng soda. Plus, yoghurt yang telah diberi rasa tidak memiliki kandungan serat dan protein yang cukup buat tubuh.

Lebih baik pilih: greek yogurt atau plain yogurt.

 

Minuman Kemasan

Bukan cuma minuman bersoda saja, ternyata hampir semua minuman kemasan berkadar gula tinggi. Yup, termasuk pula minuman berenergi dan sports drink. Dalam waktu jangka panjang, sering mengonsumsi minuman yang berkadar gula tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan serius. Menurut Centers for Disease Control and Prevention di Amerika Serikat, minuman ini dapat memicu kenaikan berat badan dan obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, penyakit ginjal, dan kerusakan gigi. Uh-oh!

Lebih baik pilih: sparkling water atau infused water.

(Hana Devarianti / SW / Image: viChizh / Shutterstock / Click Photos )

Tags : Supaya Sehat Hindari Konsumsi Ini saat Makan Siang
RELATED ARTICLE
Jangan Ucapkan 14 Hal Ini Pada Wanita Pecinta Gym!
Jangan Ucapkan 14 Hal Ini Pada Wanita Pecinta Gym!
Program Latihan Efektif Untuk Lari 10K Versi Cosmo!
Program Latihan Efektif Untuk Lari 10K Versi Cosmo!
Fakta tentang Obat Antibiotik yang Harus Anda Tahu
Fakta tentang Obat Antibiotik yang Harus Anda Tahu