Jaz Hayat Bicara Soal Bruno Mars dan Isyana Sarasvati
LOGO COSMOPOLITAN INDONESIA
Wed, November 8, 2017

Jaz Hayat Bicara Soal Bruno Mars dan Isyana Sarasvati

Jaz Hayat Bicara Soal Bruno Mars dan Isyana Sarasvati

Pasti Anda sudah kenal dengan Dari Mata dan Kasmaran, dua single karya Jaz Hayat yang sangat catchy. Walaupun merupakan pendatang baru, pria kelahiran 5 Maret 1993 ini membuktikan bahwa ia bukan untuk diremehkan. Pada Cosmopolitan, musisi asal Brunei tersebut menceritakan karier musik dan juga inspirasinya, mulai dari Bruno Mars sampai ke si cantik Isyana Sarasvati.

 

Cosmo: Ceritakan dong, bagaimana bisa terjun ke industri musik?

Jaz: Awalnya saya membuat cover dari lagu-lagu ternama, seperti Bruno Mars. Lucunya, saya pun belum percaya diri untuk membuat akun YouTube dan meng-upload video. Jadi saya “menumpang” di akun teman. Setelah meng-upload sebuah lagu original berjudul I Stalked Her Profile, saya diundang ke sebuah acara musik di Singapura. Di situlah saya bertemu dengan label saya sekarang.

 

Mengapa Anda memilih Dari Mata sebagai single pertama?

Sebenarnya saya sudah memiliki banyak lagu yang telah ditulis. Namun setelah meminta pendapat banyak orang, Dari Mata yang menjadi pilihan utama. Tapi tenang, semua lagu yang belum rilis akan ada di album, kok. Semuanya sudah tertulis dan sekarang sedang proses rekaman. Coming soon next year!

 

[ BACA JUGA: Rendy Pandugo Bicara Soal Musik dan Wanita ]

 

Lahir di Brunei, mengapa Anda memilih Indonesia sebagai tempat peluncuran musik?

Sejujurnya, saya bukan memilih, melainkan terpilih. Tapi jika saya bisa mengulang waktu, tentu saya tetap memilih Indonesia. Industri musik Indonesia jauh lebih maju dibandingkan Brunei karena penuh dengan musisi, solois, serta band yang beragam dan berwarna. Masyarakat Indonesia pun terbuka pada pendatang baru seperti saya.

 

Dari mana Anda mendapatkan nama panggung 'Jaz Hayat'?

Hahaha, betul, nama asli saya adalah Aziz. Di Brunei, saya dipanggil 'Ziz', sehingga kalau diulang berkali-kali, terdengar seperti 'Jaz'. Simpel sekali, ya? Tidak ada hubungannya kok dengan genre musik ataupun merek mobil!

 

Siapa musisi yang Anda jadikan panutan?

Di musik, tentunya Bruno Mars. Dari awal, sejak Just The Way You Are, saya langsung suka. Sebagai penulis lagu, saya takjub dengan karyanya yang effortless dan bisa untuk sing-a-long. Tidak mudah lho, menulis lagu yang orang lain bisa nyanyikan. Tiap ia merilis single, boom! Langsung sukses. Saya sangat terinspirasi olehnya.

 

[ BACA JUGA: 4 Hal Yang Perlu Anda Tahu Tentang JRyan ]

 

Pilih salah satu: recording atau tampil live?

Umm, saya lebih suka tampil di panggung. Kalau rekaman, saya harus lakukan berulang kali sampai sempurna. Hal tersebut bisa membuat mood turun, dan hal itu memengaruhi proses rekaman. Padahal, lagu tersebut akan ada di album, dirilis, dan didengarkan di radio. Kalau live, saya bisa sesuka hati, improvisasi, dan lainnya.

 

Sebagai pendatang baru, apa saja yang Anda pelajari sejauh ini?

Learning by doing. Saat masuk industri ini, saya benar-benar buta. Jadi saya terus belajar, belajar, dan belajar sembari melakukan. Saya sempat struggling dengan menyampaikan karya saya ke masyarakat luas. Karena ternyata, saya tidak bisa memaksakan musik saya pada semua orang, selera musik kan berbeda. Ketika ada sebuah karya yang ingin dilempar ke pasaran, yang bisa menilai hanyalah masyarakat. Itu cukup sulit.

 

[ BACA JUGA: Pandangan Isyana Sarasvati Dalam Bermusik ]

 

Kalau bisa, Anda mau berkolaborasi dengan siapa?

Dari Indonesia, saya mau bekerja sama dengan Isyana Sarasvati. Menurut saya, selain bakatnya luar biasa, ia juga memiliki suatu keunikan. Seandainya saja kami bisa sharing dan membuat karya bersama, mungkin suatu hari nanti. Kalau musisi internasional pasti sudah tahu, kan? Bruno Mars!

 

Industri musik bisa dibilang cukup kompetitif. Apa saran Anda untuk orang yang ingin sukses bermusik?

Jangan takut untuk berkarya, bahkan kalau cover sekalipun. Jangan ragu untuk memamerkannya ke masyarakat luas. Perbanyak juga menulis lagu dan upload ke berbagai wadah musik di internet. Anda tidak pernah tahu siapa saja yang mendengarkan, bisa saja orang dari label musik besar. So, terus semangat dan banyak berkarya ya!

 

Penulis: Sky Drupadi / FT

Fotografer: Hadi Cahyono

Makeup & Hairdo: Yanus Putrada

Wardrobe: (Foto 3) Keseluruhan busana: Zara Man

Tags : Jaz Hayat Bicara Soal Bruno Mars dan Isyana Sarasvati
RELATED ARTICLE
Justin Bieber dan Selena Gomez Tertangkap Ciuman
Justin Bieber dan Selena Gomez Tertangkap Ciuman
6 Fakta Pemeran The Flash di Justice League
6 Fakta Pemeran The Flash di Justice League
Arifin Putra Anggap Piala Penghargaan Sebagai Pecutan
Arifin Putra Anggap Piala Penghargaan Sebagai Pecutan