7 Kombinasi Makanan yang Sebaiknya Anda Hindari
LOGO COSMOPOLITAN INDONESIA
Mon, November 13, 2017

7 Kombinasi Makanan yang Sebaiknya Anda Hindari

7 Kombinasi Makanan yang Sebaiknya Anda Hindari

Beberapa makanan memang lezat ketika digabungkan di satu piring. Tapi hati-hati, dear. Tak jarang, kombinasi makanan yang nikmat itu bisa memberikan dampak buruk pada tubuh Anda, lho. Jadi, sebaiknya Anda hindari atau tidak mengonsumsinya terlalu sering ya!

 

Telur + Keju + Daging

Ya, seporsi cheese and meat omelette dapat memuaskan perut Anda. Namun faktanya, ketiganya merupakan makanan tinggi protein. Karena itu, tubuh Anda akan sulit mencernanya. Substitusikan keju dan daging asap tersebut jamur, tomat, atau paprika. Akuilah, omelette Anda jadi lebih berwarna, kan?

 

Steak + Kentang

Sebenarnya, karbohidrat dan protein bukan merupakan kombinasi yang baik. Keduanya menghalangi proses pencernaan satu sama lain, sehingga bisa membuat perut Anda penuh dengan gas. Melainkan kentang, “temani” steak Anda dengan sayuran seperti salad simpel nan menyegarkan.

 

[ BACA JUGA: Bahaya Makanan Pedas Bagi Kesehatan ]

Yogurt + Buah

Semangkuk yogurt dengan rasberi dan bluberi memang cantik untuk difoto, tapi kandungan asam dicampur produk susu dapat menghasilkan toksin dalam tubuh Anda. Hal ini bisa memicu alergi, flu, dan batuk. Sebagai gantinya, tuang sedikit madu dan kayu manis sebagai pemanis, lalu taburkan kismis di atas yogurt Anda. Mmmm, still delicious!

 

Sereal + Jus Jeruk

Asam dalam jus jeruk dapat menghancurkan enzim yang berguna untuk mencerna kandungan pati dalam sereal. Bukan itu saja, asam dapat membekukan susu dan mengubahnya jadi zat padat yang sulit diserap tubuh. Untuk menghindari hal ini, setelah menghabiskan sereal, Anda dapat menunggu setidaknya setengah jam sebelum mengonsumsi jus jeruk.

 

Pisang + Susu

Jika Anda pencinta banana milkshake, pikir dua kali sebelum mengeluarkan blender Anda. Karena, kombinasi keduanya sangat berat dan akan dicerna dalam waktu yang lama. Proses ini pastinya buat Anda merasa lelah, begah, dan sulit untuk fokus.

 

[ BACA JUGA: 7 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Metabolisme Tubuh Anda ]

 

Pasta + Tomat

Apalah sepiring pasta tanpa saus tomat yang lezat? Sayangnya, duo lezat ini sebenarnya buruk untuk sistem pencernaan Anda. Tomat mengandung asam yang dapat melemahkan enzim dalam pasta. Apalagi jika pasta Anda dilengkapi dengan daging yang tebal (ingat: karbohidrat dan protein bukan pasangan yang serasi). Inilah alasan Anda selalu merasa lelah setelah mengonsumsi pasta. Jika ingin tetap segar, gunakan pesto sebagai saus pengganti.

 

Makanan Apa Saja + Buah

Buah merupakan makanan alami yang mengandung gula sederhana. Maka dari itu, buah tidak membutuhkan banyak waktu untuk dicerna. Sebaliknya, makan malam Anda pasti lebih lama di proses oleh tubuh. Jika Anda menyantap buah setelah hidangan besar, atau mengonsumsi makanan yang mengandung buah (seperti ikan kukus dengan mango salsa atau nasi goreng ayam dengan nanas), buah tersebut akan terhambat oleh makanan lain. Hasilnya, dalam proses menunggu, ia akan mengalami fermentasi. Lebih baik, Anda makan buah dalam waktu yang terpisah atau sebagai camilan saja. (Sky Drupadi / SW / Image: Doc. almaje / shutterstock / clickphotos)

Tags : Kombinasi Makanan yang Sebaiknya Anda Hindari
RELATED ARTICLE
Jangan Ucapkan 14 Hal Ini Pada Wanita Pecinta Gym!
Jangan Ucapkan 14 Hal Ini Pada Wanita Pecinta Gym!
Program Latihan Efektif Untuk Lari 10K Versi Cosmo!
Program Latihan Efektif Untuk Lari 10K Versi Cosmo!
Fakta tentang Obat Antibiotik yang Harus Anda Tahu
Fakta tentang Obat Antibiotik yang Harus Anda Tahu