Baca Panduan Ini Agar Tidak Bingung Saat Meminjam Uang!
LOGO COSMOPOLITAN INDONESIA
Tue, November 14, 2017

Baca Panduan Ini Agar Tidak Bingung Saat Meminjam Uang!

Baca Panduan Ini Agar Tidak Bingung Saat Meminjam Uang!

Tak perlu malu ketika meminjam uang, dear. Tapi tak bisa dipungkiri, kadang prosesnya bisa canggung atau membingungkan. Berikut hal-hal paling dasar yang perlu Anda ketahui mengenai dunia peminjaman uang.

 

Credit Card 101

Pada dasarnya, kartu kredit adalah sebuah produk yang mengijinkan Anda meminjam pada bank saat membeli suatu barang. Jika Anda memiliki hubungan baik dengan bank (yaitu dengan menggunakan kartu kredit secara rutin dan membayar tepat waktu tiap bulan), Anda bisa menaikkan limit, lalu melakukan transaksi yang lebih besar seperti pembelian mobil, bahkan rumah. Kartu Kredit memberikan kemudahan dalam berbelanja, terutama di era online shopping ini. Selain aman, pembayaran dengan kartu kredit biasanya juga disertakan dengan promo-promo menggiurkan, seperti cicilan 0%. Anda bisa membeli smartphone terbaru dan menyicilnya selama setahun ke depan. Yippie!

Be careful for... Well, banyak orang lupa bahwa kartu kredit itu tidak sama dengan uang. Saking mudahnya berbelanja, Anda jadi lebih sering tergiur untuk menggesek kartu Anda. Padahal, setiap gesekan dan penarikan uang akan menumpuk utang Anda. Jika tidak hati-hati, Anda akan terjerat lebih dalam dan dikejar oleh penagih utang dari bank. Scary!

 

Bank Loans

Sebelum melakukan pinjaman ke bank, Anda harus memastikan tujuan, kebutuhan, dan rencana pengembalian. Bentuk peminjaman bank bermacam-macam. Ada Kredit Usaha untuk Anda yang ingin membuka usaha, Kredit Tanpa Agunan yang merupakan peminjaman bank tanpa barang jaminan, dan bentuk lainnya. Sebaiknya, Anda bicara kepada financial advisor dari bank yang akan memberitahu angka peminjaman yang direkomendasikan berdasaran pendapatan Anda.

Be careful for... Karena peraturan bank yang ketat, jangan sampai anggaran pribadi atau usaha Anda jadi berantakan karena harus membayar pinjaman. Jika Anda melakukan pinjaman dengan barang jaminan, Anda juga bisa kehilangan barang tersebut saat telat melakukan pembayaran. Jadi, pastikan pendapatan Anda dapat menutupi biaya cicilan tanpa membebani kebutuhan Anda.

 

Dear Mom and Dad...

Saat sedang kesulitan secara finansial, kadang keluarga atau teman siap membantu dengan tangan terbuka. Peminjaman juga terasa lebih nyaman karena sumber uangnya berasal dari orang yang sudah mengenali karakteristik Anda. Walaupun demikian, sebaiknya Anda tetap membuat sebuah surat peminjaman (tidak perlu terlalu formal) yang berisikan jumlah peminjaman dan rencana pengembalian. Hal ini penting agar mereka tahu bahwa Anda tidak menganggap bantuan mereka sepele.

Be careful for... Apa pun bentuk relationship-nya, uang merupakan hal yang sensitif. Jika Anda gagal mengembalikan uang tepat waktu, hal ini bisa menciptakan kesenggangan dalam hubungan tersebut. Selain itu, bila Anda meminjam untuk membuka bisnis atau menggelar pernikahan, orang yang meminjamkan cenderung merasa menjadi 'bagian' dari proyek tersebut, sehingga ingin ikut campur. Awkward! (Sky Drupadi / FT / Image: Doc. masson / shutterstock / clickphotos)

Tags : Baca Panduan Ini Agar Tidak Bingung Meminjam Uang
RELATED ARTICLE
4 Tanda Ini Artinya Anda Pelit Pada Diri Sendiri
4 Tanda Ini Artinya Anda Pelit Pada Diri Sendiri
Bahaya! Jangan Lakukan Hal Ini Di Media Sosial!
Bahaya! Jangan Lakukan Hal Ini Di Media Sosial!
5 Cara Menabung (Tanpa Bank) yang Dijamin Efektif
5 Cara Menabung (Tanpa Bank) yang Dijamin Efektif