5 Cara Pintar Menabung yang Bikin Tabungan Menggunung!
LOGO COSMOPOLITAN INDONESIA
Thu, November 30, 2017

5 Cara Pintar Menabung yang Bikin Tabungan Menggunung!

5 Cara Pintar Menabung yang Bikin Tabungan Menggunung!

Seringnya, rasa puas saat belanja menandingi semangat menabung Anda. Itu yang bikin Anda sulit menyisihkan gaji. Hear hear, Cosmo punya trik untuk menambah saldo Anda. Ini lima cara pintar menabung yang bisa bikin tabungan menggunung!

 

Jadi Si “Tukang Copet”

Jadi Anda adalah tipe yang cenderung untuk segera menghabiskan uang begitu melihatnya? Kalau begitu coba jadi “tukang copet” dari uang Anda sendiri. Maksud Cosmo adalah menerapkan kebiasaan untuk langsung menyimpan uang bahkan sebelum uang tersebut “terlihat” di rekening. Caranya, cukup manfaatkan fasilitas auto-transfer yang ditawarkan bank. Dengan begitu, tanpa disadari Anda telah menyimpan uang di rekening tabungan.

 

[ BACA JUGA: 5 Hal Ini Gagalkan Niat Menabung Anda ]

 

Bawa “Jimat”

Jangan khawatir, jimat yang Cosmo maksud tidak ada hubungannya dengan hal yang mistis kok. Iklan, promo di email, dan tanda di toko sengaja memancing Anda untuk berbelanja bukan menabung, maka dari itu Anda butuh “jimat” pengingat agar tidak mudah terpancing. Sebuah studi yang dilakukan Duke University menemukan bahwa partisipan yang membawa koin emas sebagai pengingat ternyata mampu menabung dua kali lebih banyak. Studi yang lain mengatakan, memiliki goal yang spesifik juga efektif. Jadi, buat reminder tentang tujuan finansial bisa menjadi “jimat” yang ampuh.

 

Bayar dengan Uang Tunai

Membayar dengan uang tunai dan Anda akan lebih berhemat. Menggesek si kartu ajaib dan Anda akan lebih mudah tergoda. Membayar secara elektronik lewat smartphone? Kemungkinan besar pengeluaran akan menggila. Itulah yang dikatakan oleh Dan Ariely, PhD, profesor psikologi dan perilaku ekonomi di Duke University. Saat membayar dengan uang tunai, Anda menyadari kalau uang tersebut telah menghilang dari dompet. Namun, harus diakui membayar dengan uang tunai terkadang tidak praktis. Saran Cosmo, terapkan kebiasaan tersebut untuk membeli barang yang harganya dibawah 200 ribu.

 

[ BACA JUGA: Kesalahan Menabung yang Harus Anda Hindari ]

 

Beri Tantangan

Menyimpan info pembayaran, seperti nomor kartu kredit, secara online memang mempermudah Anda melakukan check-out saat berbelanja di situs favorit. Akan tetapi, ini juga berarti Anda akan lebih mudah untuk over-budget. Untuk mencegah hal itu, sebaiknya hindari mode pembayaran otomatis. Alih-alih pilih untuk memasukkan nomor kartu kredit secara manual. Ini sudah menantang Anda untuk memikirkan kembali kebutuhan membeli barang sebelum mengetuk simbol purchase!

 

Hindari Berekspektasi Tinggi

Merasa Anda tidak bisa mencapai goal yang sudah direncanakan? No biggie. Menurut Katie Waters, founder Stable Waters Financial, kebanyakan orang terlalu ambisius di awal bulan dan cenderung menghabiskan uang secara berlebihan di akhir bulan. Padahal, tidak masalah kalau Anda memotong bujet menabung hingga setengahnya, lalu baru menambah jumlahnya sedikit demi sedikit setiap bulan. Tidak usah berekspektasi terlalu tinggi begitu, karena yang penting adalah membangun kebiasaan menabung secara rutin. (Hana Devarianti / SW / Image: )

Tags : 5 Cara Pintar Menabung yang Bikin Tabungan Menggunung!
RELATED ARTICLE
5 Waktu Tepat Untuk Gunakan Jatah Cuti Anda
5 Waktu Tepat Untuk Gunakan Jatah Cuti Anda
Menyesal Habis Resign Kerja? Baca Artikel Ini!
Menyesal Habis Resign Kerja? Baca Artikel Ini!
Ini Bahasa Tubuh yang Baik Saat Wawancara Kerja
Ini Bahasa Tubuh yang Baik Saat Wawancara Kerja