10 Kesalahan Yang Wajib Dihindari Saat Office Party
LOGO COSMOPOLITAN INDONESIA
Wed, December 20, 2017

10 Kesalahan Yang Wajib Dihindari Saat Office Party

10 Kesalahan Yang Wajib Dihindari Saat Office Party

Tetap terlihat profesional disaat sedang having fun di sebuah office party itu cukup menantang. Anda mau menikmati pesta tapi di sisi lain mesti menjaga manner kalau-kalau para petinggi ada di sekitaran Anda. Demi mempertahankan pekerjaan, Cosmo khususkan artikel ini untuk Anda, supaya tetap dapat menebar pesona, kecerdasan, dan kemampuan networking di pesta kantor Anda nanti. Supaya mudah diingat, kita mulai dari belajar 10 hal yang tidak boleh dilakukan ya.

 

#1 Datang Terlambat
Ingat, ini pesta yang diadakan di kantor dan bukan saat tepat untuk menimbulkan drama telat di pesta. Jika pesta tepat diadakan di jam pulang kantor, meluncurlah bersama beberapa kolega Anda. Jika di malam harinya, pastikan Anda sudah dandan sebelum pulang kantor supaya Anda tidak datang terlambat. Ingatkan macetnya jalanan sepulang kantor, belum lagi menunggu taxi online yang lama datang.

 

#2 Bawa Tamu Tak Dikenal
Sendirian di sebuah pesta yang ramai memang bikin mati gaya. Namun, ini bukan waktunya Anda mengekshibisi pacar, sahabat, hingga keluarga di pesta kantor yang di sana akan ada para Board of Director, CEO, dan Director. Acara kumpul-kumpul kasual sepulang kantor barulah ranah mereka.

 

#3 Bicarakan Kerjaan
Cukup jelas, semua tamu yang datang adalah demi pekerjaan. Tapi percayalah, tidak ada yang membunuh suasana meriah lebih cepat daripada membahas status spreadsheet marketing, masalah ruang meeting yang selalu full, mesin fotokopi, dan lainnya. Sebagai gantinya tanyakan kolega Anda seperti rencana liburan mereka, keluarga, hobi, pokoknya hal lain yang tidak berhubungan dengan kantor. Relaks, ini pesta untuk santai kok.

 

#4 Bergosip
Pesta kantor bukanlah saat untuk membeberkan betapa menyebalkannya bos Anda, asisten yang menyebalkan atau isu politik kantor. Selain berisiko ada pihak lain yang mengadukan sikap Anda, tapi ini sangat tidak profesional.


[ BACA JUGA: Tips Nikmati Pesta Tanpa Mabuk Alkohol ]


#5 Lepas Kontrol
Cosmo yakin Anda tahu batasan Anda, namun tidak ada yang bisa merusak reputasi Anda lebih cepat daripada berita mabuknya Anda di pesta semalam. Anda tidak mau kan jadi subyek gosip di hari berikutnya. Trik agar tidak mabuk: cari tahu apakah makanan tersedia di pesta itu, jika tidak, makanlah lebih dulu. Hanya amatir yang datang ke cocktail party dengan perut kosong, lho.

 

#6 Pakai Pakaian Terbuka
Simpan baju sequined backless dress super ketat untuk pesta cocktail Anda bersama the girls, bukan untuk acara kantor. Jika Anda ingin pakai aksentuasi yang sparkly, coba pakai rok sequined dengan stocking dipadukan dengan tailored blazer atau sweater cashmere. Selain sequined, hindari baju-baju berpotongan dada rendah dan yang mengilat! Hello, sekali lagi, ini bukan pesta ulang tahun di klub!


[ BACA JUGA: Tips Tidak Canggung Saat Pesta ]

 

#7 Hanya Bicara dengan Rekan Satu Tim Saja
Acara sosial seperti ini adalah waktunya Anda untuk menebar kartu nama ke orang-orang yang jarang muncul di kantor (ehmm, maksud Cosmo adalah para BOD, CEO, klien penting, atau petinggi dari kantor cabang lain). Jadi, siapkan kartu nama, senyum dan sikap yang ramah.

 

#8 Kabur Setelah 5 Menit di Pesta
Anda mungkin berpikir tidak ada yang akan melihat jika Anda menyelinap keluar setelah beberapa menit, tapi coba tebak? Mungkin tanpa sepengetahuan Anda, ada orang yang menyadarinya. Baru saja sampai lalu mengendap-endap pergi tidak mencerminkan sikap positif. Jika Anda benar-benar memiliki sesuatu yang mendesak - makan malam ulang tahun nenek Anda yang ke 90, misalnya - pastikan untuk memberi tahu supervisor Anda sebelumnya sehingga punya penjelasan pasti tentang keberadaan timya. Demikian juga sebelum pergi, pastikan Anda pamitan dulu dengan atasan.


[ BACA JUGA: Begini Cara Menghadapi Pesta yang Membosankan! ]

 

#9 Sibuk dengan Ponsel dan Instagram
Sepele tapi sebenarnya sangat penting: sibuk dengan ponsel sepanjang acara mencerminkan Anda tidak respect dengan acara kantor sendiri. Tak akan ada yang lawan bicara yang terkesan jika bicara dengan Anda yang malah sibuk meladeni WhatsApp sepanjang waktu. Demikian juga, kendalikan diri untuk sibuk foto-foto dengan teman, posting InstaStory keanehan teman di pesta. Hey, ini pesta kantor bukan malam Tahun Baru!

 

#10 Melupakan Penyelenggara
Seperti tamu yang baik, berterima kasih pada penyelenggara acara yang telah meluangkan waktu untuk membuat pesta ini. Anda akan dikenal sebagai karyawan yang sopan, ramah dan dewasa. Tak harus menghampiri mereka,  kirimkan email keesokan harinya ke tim tersebut sudah cukup kok. (Silvya Winny / Image:  Anastasia Nelen@123rf.com)

Tags : 10 Kesalahan Yang Perlu Dihindari Saat Office Party
RELATED ARTICLE
6 Tanda Anda Bekerja di Tempat yang Salah
6 Tanda Anda Bekerja di Tempat yang Salah
5 Waktu Tepat Untuk Gunakan Jatah Cuti Anda
5 Waktu Tepat Untuk Gunakan Jatah Cuti Anda
5 Cara Pintar Menabung yang Bikin Tabungan Menggunung!
5 Cara Pintar Menabung yang Bikin Tabungan Menggunung!