Tips Bikin Resolusi Traveling Anti Gagal di Tahun 2017
LOGO COSMOPOLITAN INDONESIA
Fri, February 17, 2017

Tips Bikin Resolusi Traveling Anti Gagal di Tahun 2017

Tips Bikin Resolusi Traveling Anti Gagal di Tahun 2017

Setelah sering gagal membuat resolusi traveling di tahun sebelumnya, tahun ini Cosmo akan membantu Anda agar resolusi plesirannya tidak kembali gagal di tahun 2017 ini. Praktikkan beberapa tips ini agar resolusi traveling Anda lebih matang dan tidak gagal di tahun ini.

 

1. Lihat Kalendar Libur Tahunan

Lihat tanggal merah atau hari libur yang ada dalam satu tahun. Perhatikan juga tanggal-tanggal low seasons dan high seasons. Dengan melihat tanggal-tanggal ajaib tersebut sebenarnya Anda sudah bisa memperkirakan kapan waktu terbaik untuk berlibur.

via GIPHY

 

2. Atur Jadwal

Jika Anda pekerja kantoran yang umumnya punya jatah cuti 12 hari dalam setahun, Anda bisa mengatur jadwal berdasarkan kalender libur nasional untuk mendapatkan waktu liburan yang lumayan panjang. Misalnya saja Anda mengambil cuti  hari Kamis, 13 April, lalu libur Nasional Jumat Agung jatuh hari Jumat, 14 April, nah Anda bisa dapat libur 4 hari. Atau jika Anda ingin melihat musim sakura di Jepang, Anda bisa ambil cuti 5 hari (17-21 April) untuk mendapatkan waktu liburan selama 11 hari. Wohoo!

 

3. Perhatikan Hari Liburnya Juga

Tapi Anda juga harus memerhatikan hari liburnya juga. Jika Anda mengambil cuti Senin 27 Maret karena ada Nyepi di tanggal 28, mungkin akan lebih baik jika Anda tidak memilih Bali sebagai lokasi liburan. Namun berhubung hari libur itu adalah Hari Raya Nyepi, Anda mungkin ingin menghindari Bali.

 

(Baca juga artikel: 15 Tips untuk Solo Traveling dengan Aman)

 

4. Tentukan Destinasi

Jangan lupa buat daftar destinasi yang ingin Anda kunjungi. Urutkan dari yang paling ingin dikunjungi (mungkin sudah lama belum terwujud) hingga destinasi menarik tapi belum proritas. Jika Anda ingin pergi ke destinasi yang jauh seperti Eropa atau Amerika, kombinasikan cuti dengan kalender libur nasional yang agak panjang.

 

5. Budgeting Itu Penting

Jika Anda ingin traveling panjang dan butuh dana besar, perencanaan keuangannya harus dimulai dari jauh-jauh hari, apalagi jika Anda merasa tak punya cukup banyak dana untuk sering-sering plesiran. Sekalipun uang bukan masalah utama buat Anda, perencanaan bujet traveling dengan detail tetap penting untuk menghindari pengeluaran yang membengkak.
Anda tidak perlu detail-detail banget kok saat menghitung, tapi paling tidak ada asumsi dana, dan jangan lupa juga masukkan dana cadangan dalam budeting. Just in case.

 

(Baca juga artikel: Tips Traveling & Berburu Tiket Murah dari Kenny Santana)

 

6. Jeli Memantau Harga Tiket

Kadang, membeli harga tiket direct ke sebuah destinasi bisa sangat mahal. Tapi tak jarang juga jika Anda mendapatkan tiket yang lebih mahal ketika membeli tiket “ketengan” atau dengan transit. Untuk itu, Anda harus mencoba beberapa alternatif yang terbaik untuk perjalanan Anda. Misal: untuk tiket Jakarta – Amsterdam ternyata bisa lebih murah jika membeli penerbangan transit Jakarta – Singapura, lalu Singapura – Amsterdam. Tapi ingat, tidak ada teori pasti yang bisa menjelaskan kapan sebuat tiket perjalanan bisa lebih murah, lho. Selamat merencanakan liburan! (Vidi Prima / SW / Image: doc. RossHelen / Shutterstock / Clickphotos)

Tags : traveling, budgeting, resolusi, plesiran, jalan-jalan, tiket murah, liburan, cuti
RELATED ARTICLE
Kesuksesan dan Kemeriahan BeautyFest Asia 2017
Kesuksesan dan Kemeriahan BeautyFest Asia 2017
Lagu Terbaru Maret 2017 - Dengar di Sini!
Lagu Terbaru Maret 2017 - Dengar di Sini!
Ini Bukti Indonesia Peduli Perempuan
Ini Bukti Indonesia Peduli Perempuan