Masalah Kesehatan yang Harus Anda Cegah di Tahun Ini
LOGO COSMOPOLITAN INDONESIA
Sun, February 26, 2017

Masalah Kesehatan yang Harus Anda Cegah di Tahun Ini

Masalah Kesehatan yang Harus Anda Cegah di Tahun Ini

Memasuki tahun yang baru, tentunya bisa dimanfaatkan oleh Anda untuk memulai kehidupan yang lebih baik. Salah satunya dengan menjalani pola hidup sehat.

Mengatur asupan nutrisi dari makanan yang tepat dan olahraga secara rutin merupakan hal yang wajib Anda lakukan. Terutama agar penyakit yang pernah dialami di tahun sebelumnya tidak datang kembali.

Dear, masih ingat sesi tanya dokter dengan tema “Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Agar Resolusi Kesehatan Anda di Tahun 2017 Berhasil?” yang diadakan Cosmopolitan dan Combiphar beberapa waktu lalu? Nah, berikut Cosmo sudah merangkum 5 pertanyaan terpilih. Let's check these out!

 

Q: Usia saya saat ini 24 tahun dan memiliki penyakit maag akut. Setelah melakukan endoscopy, ada cairan empedu di dalam lambung. Dan kini, sudah selama satu minggu terakhir ketika saya buang air kecil terasa panas. Apakah penyebabnya, dok? - Seally A.

Dokter Carlinda: Rasa panas ketika buang air kecil adalah salah satu gejela dari infeksi (biasanya disebabkan bakteri) saluran kemih. Bakteri inilah yang menyebabkan infeksi dan menimbulkan gejala-gejala seperti sering berkemih, anyang-anyangan, dan terasa panas saat berkemih. Pengobatan penyakit ini biasanya dengan menggunakan antibiotik, namun alangkah baiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

 

Q: Dulu saya pernah operasi tumor jinak pada payudara dan memiliki riwayat keluarga dengan kanker payudara. Kini payudara bagian kiri saya kadang terasa nyeri. Menurut info yang saya dapat, bila sudah pernah menjalani operasi pengangkatan tumor payudara. Ada kemungkinan untuk kambuh kembali. Saya disarankan untuk melakukan pengobatan alternatif. Apakah saya harus melakukan pengobatan alternatif bila bejolan kembali timbul? - Isnayni

DC:Tumor jinak pada payudara dalam bahasa medis disebut Fibroadenoma dan tindakan yang dilakukan adalah dengan pengangkatan. Karena faktor hormonal pada tubuh wanita maka tidak menutup kemungkinan bila benjolan tersebut kembali timbul.

Jika Anda mengalami atau merasakan adanya benjolan kembali di payudara, sangat disarankan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut mengingat Anda mempunyai riwayat keluarga dengan kanker payudara. Dan, sangat disarankan untuk tidak melakukan pengobatan alternatif karena kita tidak pernah tahu apakah pengobatan alternatif tersebut sudah teruji dan terbukti secara klinis atau tidak serta efek pada tubuh Anda.

 

Q: Usia saya saat ini 25 tahun. Semenjak setelah melahirkan 6 bulan lalu, lutut sebelah kiri sering terasa nyeri baik saat berjalan atau melakukan aktivitas lainnya. Apa penyebabnya? Bagaimana solusinya dan adakah obat atau multivitamin yang bisa mengurangi rasa nyeri yang amat untuk ibu menyusui? - Anne Restalina

DC: Saat hamil, sendi lutut memegang peranan penting dalam menopang tubuh. Saat Anda hamil berat badan akan meningkat drastis sehingga lutut akan menyesuaikan berat badan Anda untuk menopang tubuh. Lutut juga akan kembali menyesuaikan berat badan Anda saat ini sehingga terkadang menimbulkan rasa nyeri. Namun, jika nyeri dirasakan semakin berat maka sangat disarankan untuk konsultasi ke dokter spesialis untuk tindakan lebih lanjut.

Sementara itu, untuk mengurangi/meringankan rasa nyeri sendi, Anda dapat minum obat penghilang rasa sakit atau obat golongan analgesic dan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium.

 

Q: Saat ini usia saya 28 tahun, dan di tahun 2016 lalu saya sering sekali terserang infeksi saluran kemih dan batu di ureter. Apa yang perlu saya perhatikan dan jaga agar ditahun 2017 saya bisa lebih sehat dalam menjalani aktivitas? Terima kasih. - Nadiyah

DC: Untuk mencegah terjadinya infeksi saluran kemih, disarankan untuk menjaga kebersihan saluran kemih Anda terutama Anda sering menggunakan toilet umum. Konsumsi cukup air putih setiap hari (1,5 – 2 liter air putih sehari). Konsumsi buah atau minuman cranberry bisa menjadi pencegahan yang baik untuk infeksi saluran kemih.

 

Q: Pada beberapa bulan terakhir ini saya mengalami gangguan pencernaan, seperti perut terasa ber-gas, dan sakit maag. Karena masalah tersebut saya sering merasa tidak enak badan sehingga mengganggu produktivitas sehari-hari. Saya sudah pernah memeriksaannya ke dokter, namun hal itu masih saja terjadi. Apakah ada saran dari dr. Carlinda untuk pengobatan maupun pola hidup? - Lydia Afriani

DC: Bila perut terasa ber-gas dan sering mengalami sakit maag biasanya berkaitan dengan pola makan/minum yang dikonsumsi. Misalnya, makan/minum dengan cepat, berlemak/gorengan, sayuran seperti kol, minuman berkafein dll. Sehingga untuk mencegah dan mengatasi hal tersebut maka Anda perlu membatasi kebiasaan mengonsumsi makanan/minuman tersebut. Namun, jika gejala atau keluhan yang dirasakan semakin mengganggu aktivitas maka disarankan Anda untuk konsultasi dengan dokter spersial agar mendapatkan tindakan dan pemeriksaan lebih lanjut serta pengobatan yang tepat.

Ladies, apakah Anda pernah mengalami masalah kesehatan seperti pada artikel di atas? Berikan bintang dan komentar pada artikel ini. Dapatkan produk dari Combiphar untuk 5 orang terpilih! Klik Ladies, apakah ibu Anda pernah mengalami masalah kesehatan seperti pada artikel di atas? Berikan bintang dan komentar pada artikel ini. Dapatkan produk dari Combiphar untuk 5 orang terpilih! klik di sini! (Nungki Dwiandara/VP/Image: Dok. Pixabay)

Tags : Healthy, Resolusi Kesehatan
RELATED ARTICLE
3 Alasan Penting Untuk Membersihkan Earphones Anda
3 Alasan Penting Untuk Membersihkan Earphones Anda
5 Kebiasaan yang Bikin Anda Terlihat Tua
5 Kebiasaan yang Bikin Anda Terlihat Tua
6 Alasan Kenapa Anda Sering Labil dan Cara Mengatasinya
6 Alasan Kenapa Anda Sering Labil dan Cara Mengatasinya