Atasi Insomnia Dengan Cara Sederhana Ini
LOGO COSMOPOLITAN INDONESIA
Thu, March 9, 2017

Atasi Insomnia Dengan Cara Sederhana Ini

Atasi Insomnia Dengan Cara Sederhana Ini

Berbagai macam perjuangan yang Anda lakukan untuk berhasil memejamkan mata di malam hari akan segera berakhir. Cosmo punya siasat jitu dan solusi alami yang bisa Anda lakukan untuk memerangi insomnia.

Kurangi Kegiatan di Kamar Tidur
Mulai sekarang, biasakan kamar tidur terutama kasur hanya digunakan untuk tidur dan kegiatan bercinta Anda. Kebiasaan Anda melakukan aktivitas lain seperti menyelesaikan pekerjaan, menonton TV, atau sekadar membaca buku akan menghilang fungsi kasur dan kamar sebagai tempat tidur yang sebenarnya dan buat insomnia kerap melanda.

 

(Baca juga artikel: Tidur Larut Malam Bikin Gendut? OH NO!)

 

Menjaga Waktu Tidur yang Konsisten
Jika Anda mengatur pukul 10 adalah waktu tidur, lakukan seterusnya di malam berikutnya. Catatan yang perlu diperhatikan adalah pejamkan mata Anda jika Anda benar-benar lelah atau mengantuk. Karena dengan memaksakan tubuh yang berbaring di kasur dengan mata yang belum ingin terpejam justru akan memperparah insomnia Anda.

Begitu pun saat Anda terbagun tengah malam, jangan hanya terdiam dan berbaring di kasur, tapi lakukan beberapa aktivitas di luar kamar, kembali jika Anda sudah mengantuk. Kebiasaan ini akan menjadi satu pembelajaran yang baik untuk tubuh Anda bisa membiasakan diri dengan waktu tidur yang sebenarnya.

 

(Baca juga artikel: 5 Jenis Gangguan Tidur)

 

Jangan Paksakan Diri untuk Tertidur
Semakin Anda memaksakan diri untuk memejamkan mata, semakin sulit hal tersebut bisa terjadi. Dalam keadaan ini, Anda justru bukan buat tubuh dan pikiran relaks sebaliknya buat mereka bekerja lebih keras. Lakukan meditasi atau relaksasi yang akan menenangkan tubuh dan pikiran sekaligus  mengirimkan sinyal ke organ lainnya untuk mengistirahatkan tubuh Anda.

 

(Baca juga artikel: 10 Fakta Menarik Tentang Tidur)

 

Hindari Faktor Yang Buat Mata Dan Pikiran Anda Kembali “Terbangun”
Jika Anda terbangun di malam hari, hindari untuk meilhat jam atau handphone Anda. Hal ini justru akan buat pikiran Anda panik membayangkan sisa “waktu” yang dibutuhkan untuk kembali beraktivitas di pagi harinya dan buat Anda semakin sulit untuk kembali terpejam. Begitu pun efek dari cahaya handphone yang akan dengan segera memaksakan mata Anda kembali “bangun” sekalipun dalam keadaan setengah mengantuk. (Irfina Indriyani / VP / Image: doc. Billion Photos / Shutterstock / Clickphotos)

Tags : insomnia, tidur, penyakit, cara mengatasi, susah tidur
RELATED ARTICLE
Cara Mengatakan “Tidak” Tanpa Merasa Bersalah
Cara Mengatakan “Tidak” Tanpa Merasa Bersalah
5 Cara Cepat Mengubah Bad Mood Jadi Good Mood!
5 Cara Cepat Mengubah Bad Mood Jadi Good Mood!
10 Manfaat Susu Jahe Bagi Anda
10 Manfaat Susu Jahe Bagi Anda