Chelsea Islan Bicara Tentang Women Empowerment
LOGO COSMOPOLITAN INDONESIA
Fri, March 3, 2017

Chelsea Islan Bicara Tentang Women Empowerment

Chelsea Islan Bicara Tentang Women Empowerment

Ya kekuatan wanita begitu kuat, buktinya adalah Women's March di Amerika bulan Januari lalu. Ratusan ribu wanita berkumpul memenuhi setiap ruas jalan kota-kota besar di Amerika untuk menuntut gender equality. Bahkan banyak selebriti Hollywood pun ikut bersuara, sebut saja Madonna, Chloe Graze Moretz, hingga Jessica Chastain.

Lalu bagaimana pandangan wanita Indonesia melihat gender equality yang kini menjadi sorot dunia? Cosmo mengajak si muda dan berbakat Chelsea Islan untuk mengungkapkan pemikirannya tentang women's right. Melalui obrolan menarik ini, Cosmo tahu bahwa wanita muda Indonesia juga berani speak up tentang peran dan kedudukannya yang tak kalah penting dari pria.

 

Cosmo: Menurut Anda, powerful woman itu seperti apa?
Chelsea:
Dia bisa memberikan dampak positif dan bisa memotivasi orang-orang di sekitarnya, terutama kepada sesama wanita. Dia juga berani mengangkat women empowerment. Namun di satu sisi juga dia mampu menghargai satu sama lain dan memiliki toleransi yang tinggi. Karena semakin dia bisa memimpin, leading, dan mendengar orang-orang di sekitarnya maka dia bisa fair terhadap seluruh kalangan. Saya rasa dia juga seseorang yang memiliki attitude brain, beauty, dan behavior. Powerful woman bukan seseorang yang superior, bitchy, atau bossy. Saya rasa kata powerful tersebut artinya lebih positif.

Cosmo: Ada anggapan kalau wanita itu tidak cocok jadi pemimpin. Menurut Chelsea bagaimana?
Chelsea:
Saya rasa wanita harus diberikan kesempatan. Namun, mungkin masyarakat belum bisa menerima kalau wanita juga mampu menjadi leader. Dalam beberapa bidang, seperti fashion, bisa dilihat kalau wanita bisa thrive. Beberapa perusahaan kecil juga bisa berkembang ketika berada di tangan seorang wanita.

Cosmo: Nah, kalau wanita yang memegang kendali di hubungan asmara?
Chelsea:
Hmmm... kalau wanita nge-lead di hubungan sih menurut saya keren. I like that type of woman.

Cosmo: Apakah Anda punya girls squad yang saling mendukung?
Chelsea:
Setiap orang pasti punya girls squad, sahabat yang saling memberi support satu sama lain.

Cosmo: Kalau Anda sendiri merasa ada efek positif tidak ketika memiliki lingkungan wanita yang saling mendukung satu dengan yang lain?
Chelsea:
Saya besar di lingkungan yang didominasi oleh wanita dan mereka memiliki watak yang begitu dominan. Jadi, ini membuat saya memahami kemampuan wanita dan bagaimana kemampuan tersebut membuat wanita memiliki peran penting dalam masyarakat. Saya rasa wanita memiliki rasa kebersamaan yang tinggi. Ada ikatan sisterhood yang kuat antara mereka. Ini bisa kita lihat di media sosial. Saya rasa lebih banyak wanita yang posting foto bersama teman-teman wanitanya dibandingkan pria. Ini menujukkan wanita itu lebih solid.

Cosmo: Memori pertama yang mengingatkan Anda untuk menjadi wanita yang harus empowerment satu sama lain?
Chelsea:
Saya pernah mengikuti sebuah kompetisi modeling saat berumur 15 tahun. Di situ, saya diajarkan untuk banga menjadi wanita yang independent. Plus, rasa sisterhood juga sangat terasa selama karantina. Meski sedang berkompetisi, saya merasa kami, sesama kontestan tidak sedang bersaing tetapi saling support satu sama lain.

Cosmo: Hal apa yang membuat Anda bangga menjadi wanita?
Chelsea:
Wanita banyak melewati ups and downs dalam hidup. Banyak yang harus ia pelajari dalam life cycle-nya. Mulai dari menstruasi, melahirkan, memiliki anak. It's actually a really big challenge karena hal tersebut tidak gampang. Tanggung jawab yang harus diemban begitu besar. Seorang pria juga boleh bangga kok akan identitas gendernya, dan kita para wanita harus menghargai pandangan itu. Pria dan wanita itu setara. Saya sebagai wanita juga harus memiliki rasa pride atas diri sendiri. Saya menjunjung tinggi gender equality walaupun di Indonesia kesetaraan ini masih menjadi hal yang tabu, dan ini terutama dirasakan oleh para wanita. Rasa bangga akan identitas gender bisa kita share sama-sama, untuk wanita dan pria. Kunci utamanya adalah toleransi.

Cosmo: Karakter yang paling powerful yang pernah Anda perankan?
Chelsea:
Sosok Merry Riana begitu “mengangkat” kaum wanita. Dia menekankan wanita harus memiliki motivasi tinggi, kerja keras, tidak boleh setengah-setengah, dan pantang menyerah. Bisa Anda bayangkan dia menghidupi keluarganya dan di saat yang bersamaan dia juga sedang struggling dengan kondisi hidupnya. Yang mengidolakan Merry Riana bukan hanya wanita tapi juga pria. Bermain menjadi karakter ini sangat membekas, karena sosoknya sangat women dan youth empowerment.

Cosmo: Tadi kan Anda membicarakan gender equality, Anda sendiri sudah melakukan apa sih untuk mendukung hal tersebut?
Chelsea:
Saya juga pernah ikut United Nations Woman. Saya membantu untuk publish di media sosia akan pentingnya gender equality. Kenapa media sosial? Karena media sosial itu adalah sahabat paling dekat masyarakat saat ini. Setiap saat orang-orang pasti membuka media sosial. Selain itu tanpa bertemu langsung, kita bisa melihat komentar, likes, serta feedback yang diberikan. So far, tanggapannya begitu positif terutama wanita sih, “Wah bagus, teruskan!” atau komentar seperti “Saya juga mau jadi penggerak gerakan sosial, bagaimana caranya?”. Jadi saya menyimpulkan bahwa antusiasmenya akan gender equality begitu tinggi tapi sayangnya belum adalah cukup wadah yang menampung ini semua. Mungkin Cosmopolitan punya niat menjadi salah satu wadah ini?

Akreditasi:
Fotografer: Andre Wiredja
Stylist: Nina Natasya
Penulis: Salli Sabarrang, Hana Devarianti, Sky Drupadi/FT
Makeup Artist: Bubah Alfian
Hair Do: Woko S
Wardrobe: (Foto 1) H&M conscious | (Foto 2) T-shirt, Tory Burch; Coat, NO'OM NOMI - Fashion First; Anting, Sou Brette | (Foto 3) Sweare & Scarf: H&M Conscious; Dress, Tangan; Cincin, Forever 21. 

 

BACA JUGA:

Chelsea Islan: The Next Indonesian Rising Star

Adaptasi Karya Pramodeya dalam Bunga Penutup Abad

How to Make a Powerful First Impression

7 Trik Untuk Menjadi Wanita Super Tangguh

Tags : Women Empowerment, Chelsea Islan, Women's Right, Gender Equlity, Kesetaraan Gender
RELATED ARTICLE
Michael Fassbender dan Alicia Vikander Resmi Menikah!
Michael Fassbender dan Alicia Vikander Resmi Menikah!
Joe Jonas & Sophie Turner Pamer Cincin Tunangan
Joe Jonas & Sophie Turner Pamer Cincin Tunangan
6 Selebriti Ini Masih Berteman Dengan Mantannya
6 Selebriti Ini Masih Berteman Dengan Mantannya