LOGO COSMOPOLITAN INDONESIA
Cosmo Buff | Cosmo Gyno | Health Check | Life Advice |
Tue, May 1, 2012

Be Persuasive and Influential in 9 Easy Steps

Ladies, persuasion dan influence adalah hal-hal krusial yang dapat membuat kehidupan sosial Anda lebih berwarna. Kemahiran mempersuasi dan pengaruh yang Anda miliki berperan besar dalam membina hubungan dengan orang lain, pun untuk membuat mereka meyakini apa yang Anda percayai. Karena keduanya tidak datang begitu saja, Elizabeth Kuhnke, penulis buku Persuasion and Influence for Dummies, menawarkan sembilan langkah untuk mencapainya. To integrate persuasion and influence to your fun and fearless personality, Anda bisa mulai dengan satu atau dua langkah selama setidaknya sepekan, hingga tindakan tersebut menjadi kebiasaan dan melekat pada perilaku Anda.

  1. Datang tepat waktu. Ketika sebagian orang menggunakan the waiting game sebagai permainan kekuasaan, ingatlah ini: kecuali Anda adalah sang pengantin wanita (yang diizinkan untuk membuat para tamu menunggu selama beberapa menit), datanglah tepat waktu, prepared and ready to go.

  2. Dress the part. Seperti para aktor di panggung, carilah peran apa yang tengah Anda mainkan. Tentukan setelan apa yang pantas untuk citra yang ingin Anda tampilkan, dan berbusanalah dengan sesuai.

  3. Perlakukan orang lain dengan hormat. Ketika Anda menunjukkan bahwa Anda menghargai orang lain, penghargaan mereka terhadap Anda akan meningkat, sehingga menaikkan tingkat pengaruh Anda dan kemampuan Anda mempersuasi.

  4. Tunjukkan ketertarikan yang sungguh-sungguh terhadap orang-orang dan proyek-proyek mereka. Orang-orang senang dianggap istimewa, dihargai, dan diapresiasi. Jika Anda menunjukkan ketertarikan terhadap mereka, mereka akan merasa nyaman dengan Anda, dan pada gilirannya, mempersiapkan mereka jika Anda meminta mereka untuk melakukan sesuatu.

  5. Milikilah misi untuk mengurangi beban orang lain. Jika Anda dapat membantu orang lain, lakukanlah. Orang tersebut akan mengingat Anda dengan kesan yang positif, bahkan hingga lama setelahnya. Seperti kata pepatah, “Orang lain mungkin tak ingat apa yang telah Anda katakan atau lakukan, namun mereka akan selalu ingat apa yang mereka rasakan karena Anda”.

  6. Bermurah hatilah dalam kata-kata dan tindakan. Bicarakanlah hal-hal yang baik tentang orang lain dan bersikaplah dengan baik. Sekali Anda mengatakan hal buruk tentang orang lain, Anda akan sulit berhenti, dan tindakan tersebut dapat merusak reputasi Anda. Sounds too good to be true? Just remember: negativity comes back to bite you when you least expect it.

  7. Pikirkan apa yang akan Anda katakan dan lakukan. Tentukan perilaku seperti apa yang bisa membawa Anda mencapai tujuan-tujuan Anda dan mana yang sebaliknya.

  8. Bayangkan titik akhirnya. Ikut sertakan sebanyak mungkin detail praktis untuk menggerakkan Anda dan memastikan Anda terus maju. Ketika langkah Anda mulai sulit, hal ini akan membuat Anda tetap fokus mencapai tujuan.

  9. Pastikan argumen-argumen dan sudut pandang Anda memenuhi kebutuhan orang lain. Orang-orang bersedia untuk berjalan bersama Anda selama mereka merasa bertanggung jawab terhadap tindakan mereka, dan bukan karena Anda memanipulasi, memaksa, atau mem-bully mereka. (Puji Maharani/SL/Image: Polka Dot/Thinkstock)

 

RELATED ARTICLE
Kurangi 5 Kalimat Berikut Agar Anda Lebih Bahagia
6 Cara Sederhana yang Menyehatkan Otak
Cegah Computer Vision Syndrome