Anda Sehat atau Sakit? Lakukan Cek Kesehatan Simpel Ini
LOGO COSMOPOLITAN INDONESIA
Tue, May 16, 2017

Anda Sehat atau Sakit? Lakukan Cek Kesehatan Simpel Ini

Anda Sehat atau Sakit? Lakukan Cek Kesehatan Simpel Ini

Banyak orang percaya bahwa mereka sehat dan bugar hanya karena hidung sedang tidak tersumbat. Padahal, penyakit bukan hanya flu dan migrain, betul kan? Selain melakukan annual check-up ke dokter (highly recommended), Anda juga bisa melakukan tes simpel berikut di rumah. Ingat, gunakan tes ini sebagai indikator saja. Jika curiga tubuh Anda tidak sehat, jangan ragu dan malu untuk konfirmasikan ke dokter.

 

Tes Warna Lidah

Sadarkah setiap check-up, sang dokter akan meminta Anda untuk menjulurkan lidah? Well, hal ini karena lidah bisa menjadi indikator kesehatan Anda. Di depan cermin, julurkan lidah Anda dan perhatikan warnanya. Lidah yang sehat berwarna merah muda dengan sedikit lapisan putih dan tidak berkerak. Jika warnanya lain, kemungkinan ada penyakit tersembunyi. Perhatikan warna-warna berikut:

Merah: kekurangan zat besi dan vitamin B.
Pucat: darah rendah.
Ungu: kolesterol tinggi dan bronkitis.
Hitam: bakteria dari mulut tidak bersih.
Putih/Kuning: dehidrasi dan demam.
Coklat: kemungkinan melanoma.

 

[ BACA JUGA: Tips Sederhana Miliki Tubuh & Kulit Wajah yang Sehat ]

 

Tes Suhu Tubuh

Agar metode ini efektif, Anda harus mengetahui rata-rata temperatur tubuh sendiri. Contohnya, orang lanjut usia biasanya memiliki temperatur lebih rendah dibandingkan yang lebih muda. Maka, buatlah sebuah garis rata-rata terlebih dahulu. Cek temperatur Anda saat pagi, siang, sore, dan malam selama satu hari penuh. Gunakan termometer telinga atau kening, kalau bisa pakai yang digital agar lebih akurat.

Walaupun sedang merasa sehat, Anda bisa cek temperatur dan membandingkan dengan garis rata-rata yang sudah dimiliki. Temperatur tinggi dapat mengindikasikan infeksi, sedangkan rendah bisa mengacu pada diabetes atau penyakit liver. Always be aware of your body.

 

Tes Denyut Nadi

Anda sering melihatnya di film, saatnya mempraktekkannya sendiri. Ukur denyut nadi Anda selama satu menit untuk mengetahui kesehatan jantung. Letakkan jari tengah dan telunjuk di leher Anda. Tidak masalah jika Anda perlu meraba-raba sedikit untuk menemukannya. Lalu, hitung jumlah denyutan selama 30 detik, kemudian kalikan dua. Itu adalah ukuran denyut jantung Anda.

Angka yang normal berkisar antara 60-100 denyutan per menit. Angka yang kurang dari itu biasanya menunjukkan tubuh yang fit, terutama untuk atlet seperti pelari maraton atau perenang. Jika Anda bukan seorang atlet dan mendapatkan angka kurang dari 60, tandanya Anda perlu cek ke dokter. Cek juga jika denyutan Anda tidak konsisten.

 

[ BACA JUGA: Singkirkan 10 Benda Ini Untuk Hidup Lebih Sehat! ]

 

Tes Warna Kulit

Kanker kulit semakin banyak menyerang orang, bahkan merupakan kanker paling umum di Amerika Serikat. Kabar baiknya, kanker kulit bisa diatasi jika ditemukan dari awal. Maka dari itu, Anda harus rajin memerhatikan badan Anda. Walaupun sudah hafal di luar kepala lokasi tahi lalat Anda, biasakan untuk cek secara rutin dan jangan lupakan pangkal paha bahkan daerah privat ya.

Gunakan rumus ABCDE untuk membantu Anda:

Asymmetircal: bentuknya tidak simetris.
Border: tahi lalat Anda memiliki batasan atau border di sekelilingnya.
Color: warna tahi lalat mencurigakan. Warna yang normal adalah coklat atau hitam secara merata.
Diameter: ukurannya tidak lebih besar dari penghapus pensil.
Evolving: ukuran atau bentuk berubah seiring waktu.

Jangan malas-malas untuk memeriksa kesehatan Anda ya, ladies! (Sky Drupadi / SW / Image: Doc. sheff / shutterstock / clickphotos)

Tags : Health check, test, cek kesehatan
RELATED ARTICLE
Ingin Payudara Sehat? Konsumsi 3 Makanan Sehat Ini!
Ingin Payudara Sehat? Konsumsi 3 Makanan Sehat Ini!
Manfaat Ajaib Baking Soda untuk Kulit, Gigi dan Tubuh
Manfaat Ajaib Baking Soda untuk Kulit, Gigi dan Tubuh
Arti Warna Haid dan Hubungannya Dengan Kesehatan Tubuh
Arti Warna Haid dan Hubungannya Dengan Kesehatan Tubuh