Tangan Kesemutan? Cari Tahu Artinya Di Sini!
LOGO COSMOPOLITAN INDONESIA
Wed, May 17, 2017

Tangan Kesemutan? Cari Tahu Artinya Di Sini!

Tangan Kesemutan? Cari Tahu Artinya Di Sini!

Walaupun kesemutan atau keram tangan merupakan hal yang sudah biasa dialami, namun jangan menganggap sepele kelitikan pada tangan. Bisa jadi, ini merupakan peringatan terhadap kesehatan Anda. Perhatikan lokasi kesemutan tersebut untuk mengetahui cara mengatasinya.

 

Seluruh Jari dan Pergelangan Tangan

Saat menganggat benda berat atau terlalu lama meletakkan tangan dalam satu posisi, Anda akan merasakan kelitikan yang tidak nyaman. Hal ini menunjukkan bahwa Anda kelelahan. Dengan tidur cukup, istirahat, dan pijat, problem itu akan segera pergi. Easy!

 

[ BACA JUGA: Anda Sehat atau Sakit? Lakukan Cek Kesehatan Simpel Ini ]

 

Ujung Jari Tangan Kiri atau Kaki Kiri

Bila Anda merasa kesemutan di lokasi ini, artinya Anda kekurangan vitamin E, B1, B6, dan B12. Ketahui makanan yang mengandung vitamin tersebut (kacang-kacangan, udang, dan avokad mengandung banyak vitamin E) atau minum suplemen yang dibutuhkan. Tapi cari tahu keseimbangannya ya, terlalu banyak vitamin pun tidak baik untuk Anda.

 

Jari Kelingking Tangan Kiri

Coba ingat-ingat, apakah tulang belakang Anda sempat diberikan tekanan atau terluka? Efeknya bisa terasa sampai jari kelingking tangan kiri Anda. Perbanyak stretching atau lakukan yoga dan renang. Oh ya, jangan berdiam dalam posisi duduk terlalu lama juga.

 

Jempol, Telunjuk, dan Jari Tengah

Di tambah dengan rasa sakit di telapak tangan, kemungkinan Anda menderita sindrom carpal tunnel. Ini terjadi saat Anda melakukan kegiatan yang berulang-ulang sehingga otot tangan Anda membengkak. Biasanya, penyakit ini muncul karena pekerjaan yang repetitif seperti mengangkat barang. Sebagai pencegahan, Anda harus melakukan pemanasan pada lengan sebelum melakukan suatu kegiatan. Jika sudah parah, Anda mungkin perlu membalut tangan Anda dengan kayu penahan atau gips.

 

[ BACA JUGA: 6 Cek Kesehatan Yang Harus Rutin Anda Lakukan ]

 

Tangan Kanan

Bila Anda memberikan tekanan pada syaraf atau mengalami luka berat pada pundak dan tangan, Anda akan mati rasa pada tangan kanan. Bila terasa gelitikan, hal ini dapat mengindikasikan gangguan pada sirkulasi darah Anda. Untuk meningkatkan kesehatan sirkulasi, lakukan jogging atau jalan cepat. Bila masalah berlanjut, Cosmo rekomendasikan untuk bertemu dokter profesional.

 

Ujung Jari, Lalu Seluruh Tangan

Pertanda dari penyakit Buerger's, biasanya ia menyerang perokok. Sirkulasi darah tersumbat nikotin sehingga tubuh Anda kekurangan mineral. Walaupun belum ditemukan cara penyembuhan permanen, Anda dapat menghentikan kebiasaan merokok sebagai langkah pertama. Small steps, ladies.

 

Ujung Kaki ke Tangan

Jika rasa geli menjalar dari ujung kaki ke tangan, kemungkinan Anda menderita diabetes. Hal ini karena darah Anda tidak didistribusikan secara merata dan ada kerusakan pada ujung syaraf. Diabetes tipe 1 dapat disembuhkan dengan insulin. Sedangkan tipe 2 biasanya berhubungan dengan diet yang buruk. Anda perlu melakukan cek darah untuk mendapatkan kepastikan lebih lanjut. Stay healthy! ( Sky Drupadi / SW / Image: Doc. Sofia Zhuravetc / Shutterstock / Clickphotos )

Tags : Health tips, tangan, kesehatan
RELATED ARTICLE
Mudah Lelah? Ini Makanan Terbaik untuk Anda
Mudah Lelah? Ini Makanan Terbaik untuk Anda
5 Tips Agar Hasil Cukur Bisa Tahan Lama
5 Tips Agar Hasil Cukur Bisa Tahan Lama
Cara Tidak Baper Ketika Orang Lain Mengomentari Anda
Cara Tidak Baper Ketika Orang Lain Mengomentari Anda