Better You // Life Advice

CARA MUDAH ATUR ANGGARAN BULANAN

Cara Mudah Atur Anggaran Bulanan | cosmopolitan.co.id

Bulan ini baru lepas tanggal belasan, tapi gaji Anda sudah telanjur habis? Jangan langsung tergoda untuk memakai kartu kredit, ladies! Kehabisan uang di pertengahan bulan berarti ada masalah dengan pengaturan anggaran bulanan Anda. Yuk, periksa kembali bagaimana spending habit Anda, agar gaji yang diterima tidak hanya untuk dihabiskan, tapi juga bisa ditabung. Tahap-tahap mudah mengatur anggaran bulanan dari Tracy Barr, penulis buku Living Well in a Down Economy For Dummies, berikut bisa dijadikan panduan.

  1. Kategorisasikan pengeluaran Anda. Ketika Anda mulai menyusun anggaran bulanan, mulailah dengan kategori-kategori besar—misalnya utilities—sebelum “memecahkan” anggaran ke kategori yang lebih kecil seperti tagihan listrik, air, dan internet.

  2. Dari kategori yang sudah disusun, buatlah dua daftar anggaran terpisah: satu untuk pengeluaran rutin seperti groceries, dan lainnya untuk pengeluaran ekstra seperti hangout di kafe.

  3. Baca ulang daftar yang sudah Anda buat, dan carilah pos pengeluaran yang fleksibel dan bisa dipotong untuk menghemat. Beri tanda khusus, semisal tanda bintang, untuk pos-pos fleksibel ini.

  4. Perkirakan seberapa besar anggaran Anda. Periksa buku cek atau bukti-bukti pembelian Anda beberapa bulan terakhir, sehingga Anda dapat melacak seberapa besar yang sesungguhnya Anda habiskan untuk pengeluaran rutin maupun ekstra.

  5. Jumlahkan daftar pengeluaran rutin dan pengeluaran ekstra secara terpisah. Dengan memiliki dua daftar berbeda, Anda dapat memotong pengeluaran dengan lebih mudah jika diperlukan.

  6. Kurangi jumlah pemasukan bulanan Anda dengan total pengeluaran rutin dan, jika masih ada sisa, kurangi jumlah tersebut dengan total pengeluaran ekstra. Jika masih ada sisa, yeay, Anda pun bisa menabung!

  7. Jika total pengeluaran ekstra menghasilkan angka minus pada anggaran, mulailah mencari pos-pos pengeluaran yang bisa dihemat. Setelah tercapai total anggaran yang pas, don't forget to stick to it throughout the month! (Puji Maharani/SL/Image: iStockphoto/Thinkstock)

 

Other Article's

jobsDB Header