7 Olahraga Low-Impact yang Bakar Banyak Kalori
LOGO COSMOPOLITAN INDONESIA
Sat, July 15, 2017

7 Olahraga Low-Impact yang Bakar Banyak Kalori

7 Olahraga Low-Impact yang Bakar Banyak Kalori

Ingin mulai berolahraga? Good for you! Bagi para pemula atau Anda yang baru mengalami cedera, sebaiknya lakukan olahraga low-impact yang tidak akan terasa berat pada sendi. Walaupun dapat mengurangi resiko pegal, keseleo, atau sakit, jangan anggap enteng dulu ya. Olahraga low-impact, yang berarti kaki Anda tetap berpijak atau menggunakan alat, jika dilakukan dalam intensitas tinggi juga bisa membakar banyak kalori, lho! Contohnya seperti apa saja?

 

Renang

Olahraga menyegarkan ini membakar kalori secara maksimal. Renang menggunakan semua otot utama Anda seperti punggung, pundak, dan perut agar bisa meluncur di dalam air. Bergerak di dalam air membutuhkan banyak usaha karena adanya tekanan. Namun, berkat air yang dingin, Anda tidak akan merasa cepat lelah atau lengket karena berkeringat. And that's a plus.

Cosmo Tip! Jangan hanya bersantai di atas ban flamingo saja. Renang dari ujung ke ujung dengan gaya yang nyaman untuk Anda (gaya katak atau gaya bebas) selama 30 menit. Tidak usah terburu-buru ya, yang penting gerakan Anda maksimal dan stabil.

 

Spinning

Tidak perlu mengikuti koreografi, cukup kayuh saja pedal sepeda, toh tidak akan pindah kemana-mana. Baik Anda mengayuh secara santai atau kerja keras, pasti Anda akan merasa semua kalori luruh. Perlahan, Anda akan membangun kekuatan dan daya tahan tubuh. Tapi Cosmo tidak melarang juga jika Anda lebih suka melakukan outdoor cycling sambil menghirup udara segar.

Cosmo Tip!  Bagi pemula, mungkin bagian, ehm, bokong akan terasa sedikit pegal. Namun hal ini akan cepat hilang kok. Untuk meminimalisir hal ini, minta bantuan instruktur untuk set-up mesin agar pas dengan tubuh Anda dan gunakanlah padded bike shorts agar duduk jadi lebih nyaman.

 

[ BACA JUGA: 10 Alasan untuk Olahraga, Meski Anda Membencinya ]

 

Elliptical

Mesin ini mengombinasikan aspek treadmill, cycling, dan stepper sehingga menciptakan sebuah low-impact workout yang sempurna. Mudah digunakan, seperti sedang bermain ski, dan juga pain-free. Jika mesin Anda memiliki handlebars yang bergerak mengikuti kaki, maka Anda bisa mendapatkan full-body workout yang lebih maksimal.

Cosmo Tip! Selama 30 menit, mulai dengan gerakan yang pelan sebagai pemanasan. Lalu, seperti garis melengkung, bangun kecepatan Anda sampai mulai merasa panas dan berkeringat. Akhiri kembali dengan gerakan lambat untuk pendinginan.

 

Sepatu Roda

Yuk, kembali ke masa muda dan bermain dengan sepatu roda. Bukan hanya seru, tapi ternyata juga membakar banyak kalori jika Anda bergerak cepat atau mendaki. Sepatu roda sebaiknya digunakan di atas permukaan yang rata, seperti parkiran mobil atau kompleks perumahan Anda. Namun selalu ada alternatif kedua yang kini dapat Anda temukan di beberapa kota besar Indonesia: ice skating!

Cosmo Tip! Anda bisa menggunakan program yang sama dengan mesin elliptical, dimana Anda secara perlahan meningkatkan intensitas. Selalu gunakan helm pengaman dan perhatikan sekitar Anda, ya!

 

Zumba

Suka musik dan berdansa? Maka zumba adalah olahraga untuk Anda. Dilakukan secara beramai-ramai,  Anda tidak perlu khawatir ketinggalan gerakan dari si instruktur. Zumba fokus pada ritme lagu dan menggunakan gerakan berulang, memberikan Anda waktu untuk menyusul. Sebuah kelas Zumba biasanya berjalan selama 30-60 menit (tenang, pasti ada waktu istirahat kok!) Selalu sediakan handuk kecil dan air putih yang banyak ya. Anda PASTI akan berkeringat!

Cosmo Tip! Beberapa instuktur suka menggabungkan gerakan high-impact seperti melompat. Jika keberatan dengan hal ini, selalu infokan instruktur mengenai kemampuan Anda atau lakukan gerakan pengganti seperti melangkah ke depan dan ke belakang. Just have fun!

 

[ BACA JUGA: Pilihan Olahraga Yang Sesuai Dengan Kepribadian Anda ]

 

Jalan Cepat

Bukan lari, bukan jogging, apalagi sprinting. Tinggal pakai sepatu olahraga Anda yang paling nyaman dan buka pintu rumah. Tapi untuk mendapat manfaat kardio secara penuh, Anda harus berjalan secara cepat. Tekuk tangan Anda, buat kepalan, dan lakukan gerakan pumping untuk mempertahankan fokus. Mau bakar kalori lebih banyak lagi? Coba power walk di jalan menanjak!

Cosmo Tip! Untuk memulai, coba kelilingi saja perumahan Anda selama 10 menit. Tambahkan dua menit di hari berikutnya, lalu dua menit lagi di hari berikutnya, sampai Anda terbiasa dan mencapai waktu tempuh yang diinginkan.

 

Power Yoga

Tidak semua bentuk yoga bisa membakar kalori secara maksimal. Nah, kalau power yoga, Anda harus melakukan gerakan secara terus menerus, pose demi pose. Hal ini akan meningkatkan detak jantung, stamina dan juga fleksibilitas.

Cosmo Tip! Power yoga direkomendasikan untuk orang yang sudah familier dengan yoga dasar dan gerakan-gerakannya. Anda tidak perlu terburu-buru dalam menghafal dan melakukan pose keseimbangan yang terlalu sulit. Ikuti saja kelas beginner terlebih dahulu dan dari situ, Anda bisa segera melaksanakan power yoga. Namaste! (Sky Drupadi / SW / Image: Doc. StudioByTheSea / Shutterstock / Clickphotos)

 

Tags : 7 Olahraga Low-Impact yang Bakar Banyak Kalori
RELATED ARTICLE
Mau Hidup Lebih Bahagia? Ikuti Tips Psikologi Ini
Mau Hidup Lebih Bahagia? Ikuti Tips Psikologi Ini
Ini Manfaat Menakjubkan Susu Almond untuk Tubuh Anda
Ini Manfaat Menakjubkan Susu Almond untuk Tubuh Anda
Cara Tingkatkan Metabolisme Tubuh Lebih Cepat
Cara Tingkatkan Metabolisme Tubuh Lebih Cepat