Jangan Percaya Dengan 5 Mitos Menstruasi Ini!
LOGO COSMOPOLITAN INDONESIA
Sat, August 12, 2017

Jangan Percaya Dengan 5 Mitos Menstruasi Ini!

Jangan Percaya Dengan 5 Mitos Menstruasi Ini!

Setelah bertahun-tahun menghadapinya tiap bulan, mungkin Anda sudah hafal do's and dont's selama haid. Tapi apakah yakin bahwa yang Anda percayai itu benar?

 

MITOS: Jangan Berenang Selama Haid

Menurut Dr. Nutacola, Senior Director Medical Services dari Planned Parenthood Federation of America, walaupun rahim Anda terus berkontraksi, darah tidak akan mengalir keluar karena counter pressure dari air. So, air tidak akan berubah menjadi merah. Berenang tidak dianjurkan saat masa haid karena Anda bisa merasa kurang nyaman, terutama dengan pembalut. But you can always use tampons!

 

[ BACA JUGA: Makanan Ini “Sahabat” Wanita Saat Menstruasi ]

 

MITOS: Soda Akan Memperlancar Haid

Hmm... sebenarnya hal tersebut tidak akan mempengaruhi haid Anda. Menurut Dr. Yassin Yanuar, Sp. Og. dari Klinik Kebidanan dan Kandungan Rumah Sakit Pondok Indah, soda tidak berkaitan dengan haid karena pada dasarnya, saluran cerna dan reproduksi itu berbeda. Begitu juga dengan teh atau kopi. Walaupun banyak minuman yang diakui bisa membuat sakit mereda, belum ada laporan yang membenarkan hal itu.

 

MITOS: Anda Tidak Boleh Berolahraga

Olahraga justru berpengaruh besar dalam kesehatan haid Anda. Menurut Dr. Yassin, selain untuk menjaga keseimbangan berat badan dan daya tahan tubuh, olahraga juga dapat menekan faktor inflamasi peradangan yang dapat mengurangi rasa sakit saat haid. But remember, olahraga terlalu berat juga dapat mengganggu siklus hormon sehingga bisa menghentikan haid. So keep it light, dear!

 

[ BACA JUGA: Arti Warna Haid dan Hubungannya Dengan Kesehatan Tubuh ]

 

MITOS: Anda Kehilangan Banyak Darah Selama Haid

Tahukah Anda seberapa banyak darah yang dikeluarkan selama haid? Jawabannya adalah: 80 cc. Kurang lebih, itu adalah 1/3 gelas minum. Not that much, right? Haid yang normal dan sehat tidak akan membuat lemas. Solusi paling mudah untuk membuat semangat saat haid? Gaya hidup sehat dan perbanyak asupan zat besi!

 

MITOS: Anda Tidak Bisa Hamil Saat Haid

Walaupun memang jarang, Anda masih bisa hamil jika berhubungan seks selama haid, lho. Menurut Dr. Nutacola, masa subur tiap orang berbeda-beda dan tidak dapat diprediksi. Selain itu, sperma bisa hidup di dalam vagina Anda sampai 5 hari sehingga masa pembuahan bisa terjadi saat Anda telah memasuki masa subur. Now you know. (Sky Drupadi / SW / Image: Doc. Ema Woo / shutterstock / clickphotos)

Tags : Jangan Percaya Dengan 5 Mitos Menstruasi Ini
RELATED ARTICLE
5 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan Anda!
5 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan Anda!
8 Perubahan yang Harus Anda Lakukan Sejak Usia 25 Tahun
8 Perubahan yang Harus Anda Lakukan Sejak Usia 25 Tahun
Tips Tampil Cantik Di Depan Kamera Saat Vlogging
Tips Tampil Cantik Di Depan Kamera Saat Vlogging