4 Cara Mengatasi Rasa Sakit Saat Bersepeda
LOGO COSMOPOLITAN INDONESIA
Thu, August 10, 2017

4 Cara Mengatasi Rasa Sakit Saat Bersepeda

4 Cara Mengatasi Rasa Sakit Saat Bersepeda

Apakah Anda giat mengikuti kelas spinning di gym? Olahraga mengayuh sepeda (statis ataupun tidak) sangat ampuh melatih kekuatan dan membakar kalori. Bersepeda seharusnya tidak membuat Anda menderita. Nah, empat hal ini bisa Anda lakukan untuk sesi cycling yang lebih aman dan nyaman.

 

MASALAH #1

Bila panggul Anda terasa sakit dan Miss Cheerful rasanya terjepit, bisa jadi disebabkan karena posisi tempat duduk Anda kurang tepat. Mungkin Anda sering menyalahkan kursi yang tidak nyaman, namun sebenarnya perubahan ketinggian bisa membuat dampak yang besar. Menurut instruktur John Wellmann, kesalahan yang sering dilakukan adalah setting kursi yang terlalu rendah.

Lakukan ini: minta bantuan instruktur kelas atau personal trainer untuk membantu mengatur kursi sepeda Anda. Sebagai referensi, Anda seharusnya bisa meluruskan kaki hingga telapak menyentuh pedal tanpa perlu berjinjit (pointing).

 

MASALAH #2

Tekanan dan gesekan yang konsisten di tempat yang sama (seperti paha dalam) saat bersepeda dapat menyebabkan kesakitan, iritasi atau luka.

Lakukan ini: Bila Anda biasanya menggunakan celana gym biasa, tukar dengan celana bersepeda khusus yang bahannya lebih halus. Gunakan juga solusi topikal seperti krim chamois yang anti-lecet.

 

cosmopolitan.com

 

MASALAH #3

Anda belum menemukan posisi duduk yang nyaman? Ini bisa disebabkan karena dua hal; pertama, saddle sepeda Anda tidak sesuai dengan ukuran bokong sehingga Anda sering mati rasa. Kedua, saat bersepeda sikap duduk Anda santai tanpa mengunci perut atau core.

Lakukan ini: Saat Anda duduk pun, Anda harus mengunci perut dan fokus di bagian core supaya tubuh Anda stabil dan tersangga dengan benar. Hindari juga postur tubuh yang “malas”. Bila Anda tidak bisa menukar sadel sepeda dengan yang lebih cocok, gunakan gel pad untuk membuat sadel lebih nyaman.

 

MASALAH #4

Saat bersepeda, daerah sekitar Miss Cheerful akan berkeringat dan mengumpulkan bakteri. Anda mau menghindari infeksi dan bau tidak sedap, kan?

Lakukan ini: Ganti celana Anda setelah berolahraga, ASAP! Jangan malas dan menggunakan celana yang sama setelah Anda mandi. Perhatikan juga cara penyucian celana olahraga Anda: balikkan bahan celana dari dalam ke luar, cuci dengan air hangat, dan jemur di bawah matahari hingga 100% kering.

 

(Kezia Calesta / SW / Image: doc. Shutterstock / Clickphotos)

Tags : tips, olahraga, bersepeda
RELATED ARTICLE
5 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan Anda!
5 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan Anda!
8 Perubahan yang Harus Anda Lakukan Sejak Usia 25 Tahun
8 Perubahan yang Harus Anda Lakukan Sejak Usia 25 Tahun
Tips Tampil Cantik Di Depan Kamera Saat Vlogging
Tips Tampil Cantik Di Depan Kamera Saat Vlogging