Redakan Nyeri Menstruasi dengan Posisi Yoga
LOGO COSMOPOLITAN INDONESIA
Sun, September 6, 2015

Redakan Nyeri Menstruasi dengan Posisi Yoga

Redakan Nyeri Menstruasi dengan Posisi Yoga

Datang bulan tidak jarang menjadi mimpi buruk Anda. Rasa nyeri, kram, hingga kembung yang muncul sering kali membuat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Kabar baiknya, empat posisi yoga di bawah ini dapat membuat Anda terbangun dari mimpi buruk tersebut. Bye bye, pain!

Janu Sirsasana

Posisi janu sirsasana yang merenggangkan tulang belakang, bahu, paha belakang, dan pangkal paha dapat mengurangi ketengangan otot yang terjadi saat menstruasi. Selain mengurangi rasa nyeri, posisi ini juga dapat menenangkan otak dan meringankan depresi. Anda pun merasa lebih nyaman dan bersemangat setelah melakukan posisi ini.

Cara melakukan: Duduk dengan kaki lurus ke depan. Tekuk kaki kanan dan tekan telapak kaki kanan ke paha kiri sehingga kaki membentuk sudut 90 derajat. Kemudian, pegang tumit kaki kiri dengan kedua tangan sambil bernapas perlahan-lahan. Tahan pada posisi ini selama 1 hingga 3 menit sebelum beralih ke sisi yang lain.

Pasasana

Anda yang sering merasa kembung selama menstruasi sebaiknya melakukan posisi pasasana. Gerakan pada posisi ini membuat otot pada bagian perut menjadi relaks sehingga masalah pencernaan hingga kembung saat menstruasi pun terobati. Tidak hanya itu, gerakan ini juga meredakan ketegangan pada leher dan bahu.

Cara melakukan: Awali dengan posisi jongkok dan rapatkan kedua lulut. Tarik kedua lengan ke belakang lalu eratkan jemari tangan Anda. Tarik napas dan ayunkan lutut ke kiri sambil Anda memutar tubuh ke kanan, kemudian bernapas dengan perlahan. Pastikan panggul tetap menghadap ke depan. Tahan selama 30 hingga 60 detik sebelum pindah ke sisi yang lain.

Ustrasana

Selama datang bulan, Anda biasanya lebih mudah merasa lelah. Masalah tersebut ternyata dapat diatasi dengan melakukan posisi yoga ustrasana. Gerakannya dapat memberikan terapi bagi tubuh yang sedang letih. Pssst... Posisi yoga ini juga dapat menguatkan otot punggung dan memperbaiki postur tubuh!

Cara melakukan: Berlutut lah di lantai, pastikan jarak kedua lutut berjauhan. Kemudian bawa kedua telapak tangan Anda menyentuh telapak kaki, sehingga tubuh membentuk seperti posisi kayang. Bernapas lah perlahan sambil tahan dalam posisi ini selama 30 sampai 60 detik

Supta Padangusthasana

Pegal pada bagian punggung saat awal siklus bulanan juga menjadi masalah yang sering terjadi. Untuk menguranginya, Anda dapat melakukan posisi yoga supta padangusthasaa. Posisi ini akan meregangkan otot pada pinggul sehingga rasa nyeri pada punggung dan linu pada panggul berkurang.

Cara melakukan: Tidur menghadap ke atas dan luruskan kaki. Tarik napas letakan tangan kiri pada paha kiri. Kemudian, tekuk kaki kanan dan genggam jempol kaki kanan dengan tangan kanan Anda. Perlahan-lahan luruskan kaki sambil menghela napas. Jika tangan Anda tidak dapat menyentuh jempol kaki, pastikan kaki berada pada ketinggian 90°. Tahan pada posisi tersebut selama 30 hingga 60 menit sebelum melakukan sisi yang lain. (Hana Devarianti/VP/Image: www.cinemablend.com)

 

Tags : better you, cosmo gyno, Redakan Nyeri Menstruasi dengan Posisi Yoga
RELATED ARTICLE
Jangan Ucapkan 14 Hal Ini Pada Wanita Pecinta Gym!
Jangan Ucapkan 14 Hal Ini Pada Wanita Pecinta Gym!
Program Latihan Efektif Untuk Lari 10K Versi Cosmo!
Program Latihan Efektif Untuk Lari 10K Versi Cosmo!
Fakta tentang Obat Antibiotik yang Harus Anda Tahu
Fakta tentang Obat Antibiotik yang Harus Anda Tahu