Ingin Interview Kerja? Baca Tips Ini!
LOGO COSMOPOLITAN INDONESIA
Sun, September 10, 2017

Ingin Interview Kerja? Baca Tips Ini!

Ingin Interview Kerja? Baca Tips Ini!

Kebanyakan dari Anda sudah tahu hal-hal mendasar sebelum menghadapi wawancara kerja: meneliti soal perusahaan di Google, berpakaian sebaik mungkin, dan sebagainya. Namun ada beberapa hal kecil yang juga bisa Anda lakukan untuk menambah rasa percaya diri. Ini tipsnya.

 

Play Motivational Music

Tuomas Eerola, profesor di Durham University mengatakan bahwa penelitian yang ia lakukan terhadap para mahasiswanya membuktikan bahwa musik bisa memperbaiki mood seseorang serta menghilangkan rasa khawatir berlebih. Dengarkan lagu upbeat yang bisa membuat Anda merasa lebih berenergi.

 

Wear Your Lucky Things

Jangan lupa untuk memakai sepatu, tas, atau mungkin cincin keberuntungan Anda. Menggunakan benda yang Anda anggap membawa keberuntungan akan membuat Anda lebih percaya diri. Oh ya, pastikan juga semua benda yang Anda pakai bersih dan layak dipakai untuk sebuah wawancara.

 

[BACA JUGA: Tips Menjawab Pertanyaan Sulit Saat Interview Kerja]

 

Spray A Little

Heather Davidson, dosen di Western Washington University's Department of Communication menyarankan untuk memakai parfum sebelum wawancara. Sempatkan diri Anda untuk ke kamar kecil, lalu semprotkan sedikit parfum ke daerah sekitar tangan, leher dan pakaian Anda. Tampil dengan wangi akan membuat tampilan Anda terkesan lebih profesional.

 

Grab A Morning Coffee

...or tea - apapun yang membuat Anda bisa merasa lebih baik. Jika Anda merasa strawberry smoothies akan membuat Anda lebih percaya diri, then have it girl! Bangun lebih pagi dan luangkan waktu untuk menghabiskan segelas kopi sebelum berangkat wawancara.

 

Do Improv Warm-Up

Buat seakan-akan Anda yang mewawancarai orang lain, lalu siapkan pertanyaan yang sekiranya ingin Anda ajukan jika Anda seorang HRD. Setelah itu ucapkan jawaban Anda secepat mungkin. Hal ini akan melatih otak untuk berpikir kreatif dengan cepat.

 

[BACA JUGA: 5 Hal yang Harus Ditanyakan Saat Wawancara Kerja]

 

Go Work Out

Menari dengan lagu favorit ketika sedang mandi atau bahkan berjalan kaki selama sepuluh menit pun bisa memberikan efek positif. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Anxiety and Depression Association of America, menggerakkan badan membuat tubuh melepaskan hormon endorfin yang bisa menghilangkan rasa tegang, membuat mood menjadi lebih baik, menghilangkan stres dan rasa khawatir, serta memperbaiki rasa percaya diri.

 

Strike A Power Pose

Amy Cuddy, seorang penulis dan pengajar di Harvard Business School pernah memberikan talkshow menarik lewat Ted Talks. Menurutnya, body language sangat mempengaruhi hormon otak dan dapat membuat Anda lebih percaya diri seketika. Take a deep breath, then hold a Wonder Woman pose. There you go, dear.

 

[BACA JUGA: Hadapi Pertanyaan Saat Interview Dengan Mudah]

 

Bring Some Examples

Walaupun mungkin tidak tertera pada email, bawa contoh pekerjaan Anda saat wawancara, terutama jika Anda mengincar pekerjaan seperti web designer atau content writer. Membawa contoh portfolio yang baik akan membuat Anda bisa mempromosikan diri lebih ketika wawancara.

 

Get A Haircut

… atau setidaknya blow rambut Anda. Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Yale University mengatakan bahwa bad hair day dapat menurunkan performa Anda. Sempatkan diri Anda untuk mencoba potongan rambut baru, atau jika tidak ada waktu luang, setidaknya rapikan dan blow rambut Anda sebelum wawancara. Time to break some legs, ladies!

(Alvin Yoga / SW / Image: MJTH / Shutterstock / Clickphotos)

Tags : tips, interview, wawancara, melamar kerja
RELATED ARTICLE
Tips Sukses Kerja Sambil Kuliah
Tips Sukses Kerja Sambil Kuliah
Bos Anda Menyebalkan? Ini Cara Menghadapinya
Bos Anda Menyebalkan? Ini Cara Menghadapinya
Tips Jika Anda Harus Bekerja Saat Hari Libur
Tips Jika Anda Harus Bekerja Saat Hari Libur