Ini 6 Manfaat Baik Sauna untuk Tubuh Anda
LOGO COSMOPOLITAN INDONESIA
Thu, September 14, 2017

Ini 6 Manfaat Baik Sauna untuk Tubuh Anda

Ini 6 Manfaat Baik Sauna untuk Tubuh Anda

Jangan meremehkan sauna di dalam gym Anda! Kegiatan sauna dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh, lho. Simak 6 manfaat sauna berikut:

 

1. Sauna melepaskan stres.

Para penggemar sauna mengaku bahwa sauna dapat mengurangi stres, karena tempat yang hangat dan sunyi tanpa gangguan luar memang ideal untuk mendapat ketenangan sejenak. Kehangatan sauna juga akan merelaksasikan otot tubuh, meningkatkan sirkulasi dan menstimulasi pelepasan “happy hormones” yaitu endorfin dari tubuh.

 

2. Sauna melegakan sakit otot dan persendian.

Saat tubuh melepaskan endorfin, hormon tersebut juga memiliki kemampuan untuk mengurangi sakit otot dan pegal-pegal setelah sesi olahraga yang melelahkan. Saat temperatur tubuh Anda naik di dalam sauna, sirkulasi darah akan semakin lancar dan tubuh akan lebih cepat pulih.

 

3. Sauna mengeluarkan toksin dari tubuh.

Anda jarang berkeringat karena selalu menghabiskan waktu di dalam ruangan? Selain berolahraga, Anda juga bisa mengeluarkan keringat dengan efektif di dalam sauna. Menurut berbagai studi, deep sweating di dalam sauna ternyata dapat mengurangi level toksin yang masuk ke dalam sistem tubuh lewat kegiatan sehari-hari. It's detox time!

 

4. Sauna membersihkan kulit.

Ladies, did you know? Mandi uap panas adalah salah satu rutinitas kecantikan paling tradisional untuk membersihkan kulit. Saat tubuh berkeringat, sel kulit mati akan terganti dan bakteri akan keluar dari lapisan epidermis dan pori-pori, maka kulit Anda akan terasa lebih lembut dan bersih.

 

5. Sauna membuat tidur lebih nyenyak.

Riset telah membuktikan bahwa sauna dapat memberikan tidur yang lebih nyenyak. Setelah hormon endorfin dan temperatur tubuh naik di dalam sauna, tubuh Anda akan memasuki tahap rileks. Nah, perasaan tenang itulah kunci untuk tidur yang nyenyak.

 

6. Sauna membakar kalori.

Menurut riset yang dilakukan oleh tim medis U.S. Army, dalam satu sesi sauna, Anda bisa membuang sebanyak 300 kalori! Karena aktivitas jantung dipacu dan proses tersebut membutuhkan oksigen, tubuh Anda akan mengubah kalori menjadi energi yang bisa digunakan. Let's sweat away!

 

(Kezia Calesta / SW / Image: doc. Shutterstock / Clickphotos)

Tags : sauna, tips, kesehatan
RELATED ARTICLE
Gemas! Lime Crime Luncurkan Palette Mirip Polly Pocket
Gemas! Lime Crime Luncurkan Palette Mirip Polly Pocket
7 Inspirasi Gaya Rambut Trendy dari Para Selebriti!
7 Inspirasi Gaya Rambut Trendy dari Para Selebriti!
7 Produk Skincare Korea Favorit Cosmo!
7 Produk Skincare Korea Favorit Cosmo!