Tanya-Jawab Masalah Kesehatan Orang Terkasih Anda

icon

Kesehatan tubuh merupakan faktor penting yang perlu mendapatkan perhatian ekstra. Namun, memerhatikan kesehatan tidak hanya untuk diri Anda sendiri saja, tetapi juga untuk pasangan. Bila selama ini pasangan menerapkan kebiasaan dan gaya hidup tidak sehat, besar kemungkinan jika berbagai penyakit kronis dapat mengancam kesehatannya, termasuk gangguan kesehatan hati.

Dear, masih ingat sesi tanya dokter dengan tema “Kesehatan Orang Terkasih Anda” yang diadakan Cosmopolitan dan Combiphar di bulan Februari? Nah, berikut adalah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh Cosmo. Let's check these out!


Q: Benarkah penyakit hati berasal dari virus yang terdapat di lingkungan sekitar? Apakah gaya hidup memengaruhi dan bagaimana cara agar terhindar dari virus tersebut? - Monika Margi Mulyani

Dokter Carlinda (DC): Penyakit hati, atau dalam bahasa medis disebut penyakit Hepatitis, merupakan penyakit yang disebabkan karena virus Hepatitis. Hepatitis mempunyai banyak jenis, namun yang paling umum dan sering terjadi adalah Hepatitis A, Hepatitis B, dan Hepatitis C.

Selain disebabkan oleh virus, Hepatitis juga bisa dipengaruhi oleh pola atau gaya hidup seseorang. Cara penularan virus Hepatitis pun berbeda-beda, misalnya Hepatitis A ditularkan melalui feca-oral yaitu pola makan seseorang yang mengonsumsi makanan yang kurang sehat atau kotor yang tercemar virus Hepatitis.

Cara penularan Hepatitis B dan C adalah melalui air liur atau lendir dan darah seperti kebiasaan minum alkohol, menggunakan jarum suntik bergantian, berhubungan seks dengan penderita atau menggunakan alat makan atau pribadi secara bersamaan dengan penderita Hepatitis.

Oleh karena itu, untuk mencegah tertular virus Hepatitis maka disarankan untuk menjalani pola hidup dan pola makan yang sehat dan juga melakukan vaksinasi Hepatitis untuk membantu pembentukan imunitas terhadap virus Hepatitis tersebut.


Q: Anggota keluarga saya ada yang menderita penyakit Hepatitis B. Bagaimana cara pencegahannya agar tidak mudah tertular? Apa saja jenis pemeriksaan kesehatan yang harus dilakukan untuk mengetahui kelainan pada hati? - Anita Rismawati

DC: Untuk mencegah penularannya, Anda dapat melakukan vaksinasi Hepatitis B karena Anda akan dianggap aman dengan syarat antibodi sudah terbentuk dengan baik dalam tubuh. Kemudian perlu juga untuk menjalani pola hidup sehat dan melakukan vaksin booster setiap beberapa tahun sekali sesuai dengan anjuran dokter. Mengenai pemeriksaan kesehatan, perlu dilakukan pengecekan serologi dan fungsi hati yaitu pemeriksaan pada HbsAG, HVC, HVA, SGOT, dan SGPT.


Q: Apabila check up menunjukkan ada masalah dengan hati, apakah aktivitas olahraga tertentu harus dibatasi? Pasangan melakukan MCU bulan lalu dan ditemukan adanya gangguan dan diberikan saran agar tidak boleh lelah. Sementara, aktivitas fisik tertentu harus tetap dijaga untuk kesehatan. Pilihan olahraga apa yang dapat dijalankan? Selama ini pasangan menjalani olahraga tenis 1-2 kali dalam seminggu. - Leila Niwanda

DC: Penurunan fungsi atau adanya gangguan pada hati tidak selalu disebabkan oleh adanya aktivitas fisik khususnya olahraga yang berlebihan. Gangguan fungsi hati sering disebabkan oleh kebiasaan pola makan dan pola hidup yang tidak sehat. Misalnya, mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan, kebiasaan minum alkohol, kebiasaan begadang, mengonsumi makanan yang terkontaminasi, dan adanya kontak dengan orang yang memiliki riwayat penyakit Hepatitis yang menular.

Oleh karena itu, jika pasangan Anda rutin berolahraga, ia hanya perlu membatasi frekuensi waktunya menjadi sekali dalam seminggu dan melakukan aktivitas fisik lain seperti jalan sehat atau bersepeda dengan durasi 30 menit hingga 1 jam.


Q: Pasangan saya menderita Hepatitis C dan kami berencana untuk menikah, bagaimana caranya agar saya dan keturunan kami kelak tidak tertular oleh penyakit ini? Adakah langkah pencengahan yang dapat saya lakukan? - Sagitta Indira

DC: Virus Hepatitis C berkembang dalam darah sehingga penularan akan terjadi jika mengalami kontak dengan darah penderita, salah satunya dengan melakukan hubungan seks.

Untuk mencegah penularan, disarankan calon suami melakukan konsultasi ke dokter spesialis untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan terkait penyakit yang dideritanya.

Kemudian Anda perlu juga untuk melakukan vaksinasi Hepatitis C untuk mencegah penularan. Tetapi, perlu diingat bahwa vaksinasi tidak selalu dapat mencegah penularan karena itu tergantung dengan tingkat imunitas setiap orang.


Q: Apakah benar bahwa penderita gangguan hati tidak boleh bertukar sikat gigi, gelas, dan piring dengan orang yang sehat? Mitos atau fakta? - Weky Budiman

DC: Salah satu penyakit atau gangguan hati adalah Hepatitis. Hepatitis memiliki beberapa jenis dan yang paling umum terjadi adalah Hepatitis A, Hepatitis B, dan Hepatitis C. Dari cara penularannya pun berbeda-beda.

Untuk penularan Hepatitis A dapat terjadi dari virus Hepatitis yang tercemar di dalam makanan yang kotor atau tidak sehat yang dikonsumsi oleh orang yang sehat. Sementara untuk penularan Hepatitis B dan C dapat terjadi melalui kebiasaan meminum alkohol, menggunakan jarum suntik secara bergantian, menggunakan alat makan atau alat pribadi melalui lendir atau air liur dan darah, serta melakukan hubungan seksual dengan penderitanya.

Oleh karena itu, perlu diketahui terlebih dahulu Hepatitis apa yang diderita, jika Hepatitis B dan C, maka penularan melalui penggunaan alat makan, sikat gigi pribadi secara bergantian merupakan fakta karena penularan virus melalui lendir atau air liur dan darah.


Ladies, apakah orang terkasih Anda pernah mengalami masalah kesehatan seperti pada artikel di atas? Berikan bintang dan komentar pada artikel ini. Dapatkan produk dari Combiphar untuk lima orang terpilih!

Give Star Here!

Total Reviews : 2


Harti
Informasi tentang hepatitis ini sangat penting sekali untuk saya. Karena selama ini saya kurang memahami nya. Terima kasih Cosmopolitan.
asri gartika
sebelumnya, penyakit hepatitis masih termasuk penyakit yang asing untuk saya. dengan membaca beberapa jawaban di atas, saya jadi lebih tau tentang penyakit itu, jadi saya bisa lebih waspada!