Tips Agar Tetap Bugar Saat Pergantian Musim

icon

Memasuki pergantian musim seperti saat ini, seringkali membuat daya tahan tubuh menurun. Sebelum tubuh tumbang karena cuaca yang tidak menentu, Anda perlu menjaga kesehatan dengan mengatur pola makan dan olahraga yang teratur. Namun sebagai wanita aktif dengan banyak aktivitas, apakah Anda yakin itu semua sudah cukup untuk menjaga tubuh dear?

Ladies, masih ingat sesi tanya dokter dengan Tema “Tips Bugar” yang diadakan Cosmopolitan dan Combiphar di bulan Maret? Nah, berikut adalah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh Cosmo. Yuk, simak Q & A bersama Dokter Carlinda Nekawaty di bawah ini!


Q: Untuk mencegah kondisi badan yang menurun di saat cuaca tidak menentu saya biasanya mengonsumsi vitamin C, Kalsium, Omega, dan Spirulina setiap hari. Apakah aman jika saya mengonsumi empat macam obat sekaligus? Karena saya khawatir hal tersebut dapat menyebabkan batu ginjal. (Nella Lim)

Dokter Carlinda (DC): Mengonsumsi suplementasi apa pun akan memberikan efek samping bagi yang mengonsumsinya jika tidak sesuai dengan aturan pakai maupun anjuran dari dokter. Oleh karena itu, jika Anda mengonsumsi suplemen sesuai dengan aturan pakai, maka efek samping yang mungkin terjadi dapat dicegah.


Mengenai konsumsi vitamin akan menyebabkan batu ginjal, secara medis memang ada vitamin yang dapat menyebabkan batu ginjal khususnya vitamin C dalam dosis tinggi dikarenakan adanya kandungan asam oksalat yang dapat menyebabkan batu oksalat pada ginjal. Sehingga sangat disarankan untuk membatasi asupan vitamin C atau diimbangi dengan asupan cairan atau air mineral yang cukup sehingga kandungan oksalat yang terkandung tidak tertumpuk dan menjadi batu ginjal.


Q: Bagaimana cara mencari vitamin yang bagus? Karena banyak di jual bebas dan banyak pilihannya, sehingga membuat konsumen pun bingung menentukan yang terbaik. Apakah yang terbaik itu harus mahal? (Shelvylia)

Dokter Carlinda (DC): Vitamin tidak harus terpenuhi melalui suplemen yang di jual bebas. Selama Anda mencukupi kebutuhan nutrisi seimbang dari makanan atau minuman yang Anda konsumsi, maka kebutuhan vitamin dapat tercukupi. Kecuali Anda membutuhkan tambahan suplemen jika dalam kondisi pemulihan kesehatan yang memerlukan tambahan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, dalam mengonsumsi suplemen atau vitamin tambahan perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis dan konsumsi sesuai anjuran dokter atau sesuai aturan pakai.


Q: Saya memiliki penyakit sindrom darah kental yang tidak tertahankan rasa sakitnya. Tetapi, sejak lima bulan lalu saya menggunakan suntik vitamin C setiap bulan dan itu sangat membantu menahan rasa sakitnya. Apakah hal tersebut dapat menimbulkan efek samping? (Dwi Darma Yanti)


Dokter Carlinda (DC):Vitamin C memiliki fungsi sebagai antioksidan dalam tubuh dan secara medis penyuntikan vitamin apapun termasuk vitamin C hanya dilakukan jika seseorang mengalami defisiensi atau kadar vitamin sangat kurang sehingga tubuh memerlukan vitamin tersebut.


Selain itu, dosis vitamin C yang terkandung dalam satu kali penyuntikan merupakan dosis cukup tinggi yang melebihi dosis harian vitamin C seseorang. Hal ini dapat mempengaruhi fungsi organ lain dan memberikan efek pada tubuh.


Oleh karena itu, disarankan untuk konsultasikan dengan dokter spesialis jika Anda ingin melakukan penyuntikan atau Anda dapat mengganti penyuntikan vitamin C dengan mengonsumsi makanan tinggi vitamin C yang banyak terdapat dalam buah-buahan seperti jeruk, lemon, dan kiwi.


Q: Saat ini saya sedang hamil empat bulan, olahraga dan vitamin apa saja yang cocok untuk ibu hamil agar dapat menjaga kondisi tubuh tetap bugar? (Deanida Riany)

Dokter Carlinda (DC): Pada umumnya usia hamil empat bulan akan mulai merasakan pergerakan bayi mereka. Beberapa penelitian membuktikan dengan tambahan olahraga yang rutin, masa kehamilan akan dapat dilalui dengan lebih nyaman. Keluhan yang sering terjadi di masa kehamilan dapat diminimalisir dan proses persalinan pun dapat lebih mudah.


Untuk olahraga yang baik untuk ibu hamil seperti Anda saat ini misalnya jalan sehat, olahraga air seperti berenang atau sekedar berjalan di dalam air, mengangkat beban yang tidak terlalu berat untuk membantu kekuatan otot, yoga, dan senam. Sebelum Anda melakukan semua hal tersebut, Anda perlu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kandungan untuk memastikan kehamilan Anda cukup aman untuk melakukan olahraga.


Mengenai vitamin yang dapat dikonsumsi, secara medis pada masa kehamilan terutama selama tahap proses perkembangan dan pertumbuhan janin, Anda membutuhkan asupan vitamin D, Asam folat, Zinc, dan Zat besi yang semuanya dapat dipenuhi dari makanan dan juga suplementasi yang sesuai dengan anjuran dokter. Oleh karena itu, Anda perlu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda untuk mendapatkan suplementasi yang sesuai dengan usia kehamilan Anda saat ini.


Q: Anak saya berusia sembilan tahun memiliki penyakit asma dan mudah sekali terkena flu disertai sesak nafas. Saya selalu memberikan obat OBH Combi Anak. Apakah OBH dapat menyebabkan ketergantungan dan apakah aman jika dikonsumsi secara terus menerus pada saat sakit flu dan ketika asmanya kambuh? (Nursobah)

Dokter Carlinda (DC): Secara umum, kandungan OBH Combi Anak memang diindikasikan untuk meredakan batuk yang disertai dengan gejala flu seperi demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin.

Mengenai penggunaan terus menerus, selama digunakan sesuai dengan aturan pakai yang diinformasikan dan sesuai dengan gejala yang ditimbulkan masih dapat dikatakan cukup aman, namun penjelasan lebih lanjut mengenai produk ini, Anda dapat menghubungi Combi Care Center dengan nomor kontaknya ada pada halaman website Combiphar.

Disarankan jika keluhan anak Anda berlanjut secara khusus gejala sesak karena riwayat asma maka Anda perlu konsultasikan ke dokter spesialis anak untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan lebih lanjut.


Ladies, apakah Anda ingin tetap bugar di saat pergantian musim seperti tips yang diberikan oleh Dokter Carlinda dalam tanya jawab di atas? Berikan bintang dan komentar pada artikel ini. Dapatkan produk dari Combiphar untuk lima orang terpilih!

Give Star Here!

Total Reviews : 0