Tetap Sehat dan Fit Selama Traveling? Ini Rahasianya!

icon

Dear, Anda udah membuat list dengan rentetan destinasi pada liburan yang akan datang? Jangan lupa untuk melakukan persiapan secara matang agar liburan Anda selanjutnya menyenangkan dan berjalan sesuai dengan harapan. Salah satu yang terpenting dan harus Anda bawa ke manapun destinasi adalah obat-obatan serta suplemen. Anda pasti tidak ingin kan jatuh sakit saat perjalanan nanti?

So dear, masih ingat sesi tanya dokter dengan tema “Pentingnya Persiapan untuk Menjaga Kesehatan Sebelum Melakukan Traveling” yang diadakan Cosmopolitan dan Combiphar beberapa waktu lalu? Nah, berikut Cosmo sudah merangkum 5 pertanyaan terpilih dari para Cosmo readers. Let's check these out!


Q (Question): Sebelum melakukan traveling, makanan apa yang dianjurkan untuk dikonsumsi dan dihindari agar tubuh tetap nyaman selama perjalanan? Jenis obat dan vitamin seperti apa yang harus dibawa untuk menjaga kondisi tubuh agat tetap sehat dan bugar? - Saidan


Dokter Carlinda (DC): Setiap makanan memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda dan memberikan efek yang berbeda-beda pula terhadap tubuh. Dengan mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan serta air putih yang cukup akan membuat stamina Anda tetap terjaga.


Hindari makanan yang mengandung lemak tinggi dan minuman yang bersoda/alkohol. Dan obat-obatan yang perlu dipersiapkan terutama adalah obat-obatan pribadi jika Anda memiliki riwayat penyakit, selebihnya Anda juga perlu menyediakan obat-obatan/ perlengkapan yang berhubungan dengan P3K seperti cairan antiseptic, kasa/plester, dan lainnya.


Q: Saya dan suami hobi sekali traveling, terutama ke tempat-tempat yang masih alami. Pernah sekali saat hiking bersama, mungkin karena beban yang suami saya bawa terlalu berat atau medannya cukup sulit, ia merasakan nyeri pada lutut.


Karena tidak ada persiapan obat-obatan, alhasil sementara waktu lutut suami saya dikompres dengan air hangat. Kenapa nyeri sendi bisa menyerang, padahal suami saya cukup sering berolahraga? Adakah penanganan yang cepat saat rasa nyeri itu datang kembali? - Elzaniati.


Dokter Carlinda (DC): Nyeri sendi lutut dapat dialami semua orang dari segala usia, biasanya kondisi seperti yang suami anda alami dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut misalnya adanya riwayat cedera seperti cedera pada tulang rawan atau adanya kerusakan tendon/ligament, adanya penyakit tertentu terutama yang berkaitan dengan sendi seperti osteoarthritis (radang sendi), adanya peningkatan asam urat, terjadi pendarahan pada sendi, kemungkinan adanya infeksi, dan faktor adanya berat badan berlebih karena lutut merupakan bagian yang menopang tubuh secara keseluruhan.


Penanganan yang dapat dilakukan adalah dengan pemberian obat penghilang rasa nyeri, namun selain penanganan medis ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yaitu:

  1. Mengistirahatkan lutut agar terhindar dari tekanan yang berlebihan sehingga cedera dapat pulih dengan cepat,
  2. Mengompres lutut dengan es yang dapat mengurangi rasa sakit sekaligus peradangan yang terjadi,
  3. Meminimalisasi gerakan lutut,
  4. Menaruh kaki yang cedera pada posisi lebih tinggi misalnya meletakkan kaki diatas bantal karena cara ini dapat membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi.

Namun, diingatkan sebelum melakukan aktifitas seperti hiking atau berjalan jauh, usahakan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk mencegah nyeri sendi yang mungkin terjadi, atau anda dapat menyediakan produk yang dapat membantu mengurangi nyeri sendi yang terjadi.


Mengenai produk, anda dapat menghubungi Combicare Center yang nomor kontaknya dapat dilihat dalam website ini. Semoga bermanfaat.


Q: Dalam waktu dekat saya akan pergi traveling ke Amerika di mana memakan perjalanan di pesawat yang cukup lama. Adakah tips untuk mengatasi kelelehan selama perjalanan? Karena selama ini yang saya rasakan kelelahan di punggung, pinggang, dan kaki karena terlama lama di dalam pesawat. Dan bagaimana cara mengatasi jet lag yang membuat kepala sakit karena perubahan waktu tidur? - Efa Patsy Megawati.


DC: Untuk mengatasi kelelahan terutama karena duduk lama dalam pesawat dapat diatasi dengan cara peregangan ringan atau stretching. Selain itu, Anda dapat pergi ke toilet yang membuat Anda berdiri sesaat. Bawalah bantalan leher atau lainnya untuk membuat posisi duduk Anda lebih nyaman. Sementara untuk mengatasi jetlag, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:

  1. Mengubah rutinitas tidur dengan menyesuaikan waktu tidur sesuai dengan waktu tempat tujuan beberapa hari sebelum berangkat,
  2. Membatasi paparan cahaya terang karena paparan tersebut dapat menjadi salah satu hal yang mempengaruhi jam internal tubuh,
  3. Hindari kondisi dehidrasi dengan mengonsumsi banyak air putih ketika dalam perjalanan dan setelah sampai di tujuan,
  4. Tidur yang cukup terutama sebelum Anda melakukan perjalanan karena kelelahan akan memperburuk gejala jetlag,
  5. Batasi asupan kafein dan minuman beralkohol,
  6. Istirahat selama perjalanan.

Q: Bagaimana cara menjaga badan agar tetap bugar dan segar seharian penuh saat liburan terutama saat bersama anak balita? - Yulisianne.


DC: Untuk mendapatkan kondisi tetap fit dan sehat selama dan sesudah liburan lakukan beberapa hal berikut,

  1. Mengatur schedule/ jadwal aktivitas yang akan dilakukan selama saat liburan dengan baik. Karena jadwal yang baik tidak akan membuat Anda kelelahan dalam beraktifitas,
  2. Menjalani pola makan yang seghat sebelum dan saat liburan dengan membatasi makanan yang dapat memicu penyakit,
  3. Jangan melupakan waktu istirahat karena aktivitas liburan, karena hal ini cukup penting untuk menjaga kondisi kesehatan saat kembali beraktifitas setelah liburan,
  4. Mencukupi cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih yang cukup sebelum, saat dan setelah liburan. Dan karena Anda mengajak balita saat liburan, pastikan kesehatannya juga turut diperhatikan terutama pola makan dan waktu istirahatnya.

Q: Jika berpergian jauh, hal yang paling menjadi concern selama berlibur keluar negeri adalah toilet umum tanpa bidet. Bagaimana caranya agar tetap bersih dan higienis bila memakai toilet umum saat berada diluar negeri, khususnya bagi wanita? Apakah menggunakan tisu basah baik untuk kewanitaan, atau ada cara lain yang lebih baik? - Stephanie Pradnyaparamita Susa


DC: Menjaga kebersihan daerah kewanitaan tidak hanya dari masalah penggunaan toilet umum tetapi juga dari cara membersihkan organ intim dan pakaian dalam yang digunakan. Secara umum, jika kondisi toilet yang akan digunakan dalam kondisi bersih maka penggunaan tisu biasa dapat dikatakan sudah cukup namun untuk lebih menjaga mungkin tisu basah khusus kewanitaan dapat dipersiapkan untuk menghindari infeksi yang tidak diinginkan.


Selain itu yang perlu diketahui adalah cara membersihkan organ intim haruslah benar terutama disaat selesai buang air besar karena hal tersebut yang sering menjadi faktor penyebab yang paling sering selain kondisi toilet yang tidak bersih.


Cara membersihkan organ intim setelah melakukan buang air besar/kecil adalah dengan arah dari depan ke belakang dan bukan sebaliknya, karena jika Anda melakukan arah yang salah (dari belakang ke depan) maka akan ada kemungkinan bakteri/kuman yang menempel pada lubang pembuangan akan ikut sampai ke daerah sekitar kewanitaan dan akan menimbulkan infeksi. (Nungki Dwiandara/SW/ Image: Doc. Pixabay)


Ladies, apakah Anda pernah mengalami hal-hal seperti pada artikel di atas? Berikan bintang & komentar pada artikel ini!

Give Star Here!

Total Reviews : 1


Cory Margaretha
Tips yang bagus sekali, karena terkadang saya suka merasa lelah saat melakukan perjalanan jauh. Misalkan di pesawat dengan durasi penerbangan yang lama. Atau posisi duduk yang terkadang sering kali memiliki masalah karena terlalu lama duduk. Selain itu terkadang nyeri sendi menyerang. Maka perlu banget salep ataupun obat yang bisa meringankan nyeri sendi. Pernah juga saking lamanya nyetir, mata serasa perih. Biasanya saya menggunakan Insto atau obat tetes mata.