Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Berpuasa dan Mudik Dengan Makanan Sehat

Oleh Chef Brian Wicaksono at 30 May 2017, 13:42:20   posting: 5, dilihat: 1.049


Saat berpuasa, tubuh akan lebih banyak membutuhkan nutrisi untuk menjaga kesehatan. Meski tak ada perbedaan yang signifikan terhadap kegiatan rutin yang dilakukan saat berpuasa, namun pilihan menu makanan sehat saat sahur dan berbuka akan membuat ibadah puasa kita semakin lancar.


Sahur

Saat sahur, utamakan meminum air putih lebih banyak dan cairan elektrolit. Disarankan mengonsumsi buah-buahan atau jus buah tanpa gula serta untuk kebutuhan cairan elektrolit dengan mengonsumsi air kelapa. Pilih juga menu utama yang terdiri dari karbohidrat kompleks seperti nasi merah, ubi, spageti atau bubur kacang hijau dengan gula aren. Jenis karbohidrat ini akan lebih tahan lama dan membuat gula darah stabil.

Jangan lupakan serat baik dari sayur maupun buah-buahan. Pilih juga lemak sehat atau minyak yang tidak digoreng seperti zaitun atau minyak kelapa. Misalnya dalam bentuk sambal. Lemak membuat pergerakan makanan di perut menjadi lambat, sehingga akan lebih tahan lapar.

Contoh menu sehat untuk sahur diantaranya, nasi merah dengan soto ayam, dengan kombinasi sambal minyak zaitun dan buah pisang. Atau anda bisa mencoba menu bubur kacang hijau dengan gula aren dan telur setengah matang dengan 3 putih telur dan satu kuning telur serta buah jeruk, atau menu bubur oatmeal dengan telur rebus dan irisan tomat buah.

Buka Puasa

Konsumsi minuman yang manis alami tanpa gula akan lebih baik dibandingakan dengan banyaknya gula, bisa dari air kelapa, jus melon, semangka atau buah lainnya. Hindari mengonsumsi gula berlebihan untuk mencegah ganguan kesehatan setelah habis bulan puasa. Karbohidrat kompleks beserta makanan yang tanpa digoreng akan lebih baik dikonsumsi.

Mengonsumsi nasih putih dan gorengan hanya akan membuat ngantuk saat tarawih, sebab gorengan dapat mengikat oksigen darah hingga 20 persen. Setelah buka puasa, perbanyak konsumsi air putih. Upayakan selama berbuka hingga menjelang waktu tidur untuk menghabiskan air sedikitnya 1 liter.

Contoh menu untuk berbuka bisa dengan nasi merah dengan sate ayam dan buah pisang, atau nasi merah dengan soto dan buah jeruk, atau anda bisa mencoba menu spageti dengan saus tuna dan salad buah.

Prinsip makanan sehat adalah mengonsumsi jenis makanan yang beragam, karenanya biasakan menyiapkan menu makanan yang bervariasi untuk melengkapi kecukupan gizi.


Menjaga Stamina Pada saat Mudik


Pada saat melakukan perjalan mudik kita sebaiknya mempersiapkan stamina dan kondisi tubuh,biasanya tubuh akan memerlukan energi ekstra dan cairan ekstra untuk melewati proses mudik terutama menggunakan jalur darat,kita sebaiknya mengkkonsumsi cairan yang lebih seperti air putih atau cairan isotonik dan tidak lupa memilih makananan yang seimbang antara karbohidrat,protein dan serat misalnya nasi putih,tumis sayur dengan daging dan juga buah jeruk atau apel


Salah satu contoh menu sehat untuk sahur



Tumis Pakcoy Sukiyaki




  • Bahan :




- ½ kg sawi pakcoy


- 200gr daging sukiyaki


- 4 bawang putih


- ½ bawang bombay


- 3 buah cabai merah besar iris serong


- Merica dan garam


- Soy sauce kikoman


- Minyak ikan Cap ikan merah


- Minyak wijen


- 100ml air


- 4 sdm minyak goreng


- Bawang putih goreng


- 3 sdm saus tiram


- Pitersely untuk garnish


Cara Membuat :


- Panaskan minyak kemudian tummis bawang bombaydan bawang putih hingga


harum.


- Masukan daging sukiyaki dan masak hingga matang.


- Tambahkan cabai merah saus tiram,soy sauce,minyak ikan,garam dan merica


kemudian masukan air.


- Setelah mendidih masukan pakcoy dan aduk hingga merata


- Masukan minyak wijen dan aduk hingga wangi kemudian matikan apinya


- Susun pakcoy terlebih dahulu diatas piring kemudian siramkan daging sukiyaki


diatasnya dan taburi dengan bawang putih goreng.


write your response here  
Not Login

Sharing is Caring

Facebook Twitter Google LinkedIn Pinterest Email