Ramadhan dan Olahraga

Oleh Reina L Wardhana at 8 Jun 2017, 08:17:13   posting: 8, dilihat: 913



 


Ramadhan telah tiba, bulan yang paling ditunggu oleh umat muslim. Dalam bulan ini selama kurang lebih 13 jam, tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan ataupun cairan. Hal ini sudah tentu akan merubah rutinitas hidup kita sehari hari seperti pola makan, pola istirahat dan juga tentunya pola olahraga.


Walau kebanyakan orang biasanya akan berhenti berolahraga selama mereka berpuasa, tetapi tidak sedikit juga orang yang tetap berolahraga untuk menjaga kondisi tubuhnya selama bulan Ramadhan. 


Walaupun olahraga itu sangat baik untuk kesehatan, tetapi perlu diingat bahwa selama berpuasa tubuh kita tidak mendapat asupan kalori ataupun cairan. Bagaimana cara berolahraga yang baik selama kita berpuasa? Apa saja poin-poin penting yang harus diingat?


1. Durasi


Berolahraga dengan durasi waktu yang tidak terlalu panjang, sekitar 30-60 menit maksimum.


2. Pemilihan jenis olahraga


Pilihlah olahraga-olahraga dengan intensitas kardiovaskular yang rendah hingga menengah. Olahraga seperti jalan kaki, jogging, atau bersepeda akan sangat membanty untuk meningkatkan stamina dan pembakaran kalori. Olahraga yang banyak stretching untuk seluruh badan seperti yoga dan pilates dapat dijadikan pilihan untuk meningkatkan fleksibilitas. 


Hindari olahraga yang terlalu tinggi intensitasnya seperti sprinting atau angkat beban yang terlewat berat.


3. Kenali batas.


Kenalilah tanda-tanda yang diberikan oleh tubuh anda. Hentikanlah olahraga anda apabila anda merasa pusing, lemah atau sakit. Menurunkan intensitas olahraga anda sangat penting untuk menjaga badan anda telat sehat dan bugar selama berpuasa.


4. Air, air, dan air.


Minum banyak air diantara waktu berbuka sampai dengan sahur. Hal ini penting sekali agar badan kita tidak dehidrasi saat olahraga dalam keadaan puasa esok hari.


5. Asupan makanan


Usahakan untuk mengkonsumsi porsi makanan yang tidak terlalu berbeda seperti hari hari diluar bulan Ramadhan dan pastikan keseimbangan gizi dari makanan yang anda konsumsi. Konsumsilah makanan dengan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral yang seimbang.


6. Istirahat


Tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh anda. 7-9 jam adalah waktu yang diperlukan oleh orang dewasa untuk beristirahat. Kurang tidur dan istirahat akan mempengaruhi kerja sistim dan metabolism tubuh anda.


 


write your response here  
Not Login

Sharing is Caring

Facebook Twitter Google LinkedIn Pinterest Email