Menjaga Kesehatan Selama Bulan Puasa

Oleh Deera Dewi at 15 Jun 2017, 12:30:04   posting: 7, dilihat: 1.098


Bulan Ramadhan merupakan bulan suci umat Islam untuk menjalankan Ibadah Puasa yang merupakan rukun Islam keempat. 


Banyak cara yang dilakukan orang untuk menjaga kondisi tubuh tetap bugar. Sebagian memilih untuk sejenak berhenti berolahraga karena khawatir dehidrasi atau kelelahan yang menyebabkan batalnya puasa.  


Namun banyak juga yang tetap melakukan olahraga dikala puasa, dan bahkan mengatakan bahwa dengan olahraga tubuhnya menjadi lebih segar sampai saat berbuka puasa tiba.


Pada dasarnya olahraga memang membawa pengaruh positif pada tubuh, tetapi pada saat berpuasa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :


1. Waktu untuk berolahraga


Ada beberapa pendapat berbeda, sebagian mengatakan bahwa sebaiknya olahraga dilakukan sore hari menjelang berbuka puasa, jadi energi yang terpakai pada saat olahraga segera tergantikan.


Pendapat lain adalah olahraga sebaikbya beberapa saat setelah berbuka puasa, karena setelah berbuka tubuh sudah cukup mendapatkan energi kembali.


Namun yang paling penting adalah anda mengenali kekuatan dan kebutuhan tubuh sendiri, sehingga setelah selesai berolahraga anda tidak merasa pusing atau lemas.


2. Pilih Jenis Olahraga


Karena perut dalam keadaan kosong, sangat penting untuk memperhatikan jenis olahraga yang dilakukan. Yang disarankan adalah olahraga dengan intensitas ringan seperti jogging, jalan kaki, bersepeda atau yoga.


3. Perhatikan Asupan Makanan 


Pada saat puasa, waktu makan berubah menjadi 2x, saat sahur dana berbuka. Karenanya penting sekali untuk memperhatikan asupan makanan, tetap tidak berlebihan secukupnya saja. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang diperlukan tubuh : 


Karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral yang seimbang


Minum air yang banyak untuk mencegah dehidrasi, apalagi apabila anda mau tetap berolahraga 


4. Tidur yang Cukup


Untuk menjaga tubuh tetap prima, waktu tidur harus cukup. Kurang tidur dapat mempengaruhi kinerja tubuh. Sesekali tidur siang diperlukan untuk menjaga tubuh tetap sehat.


Salah satu latihan yang disarankan pada saat berpuasa adalah yoga.  


Yoga membantu meningkatkan stamina tubuh sehingga tetap bugar pada saat berpuasa. Gerakan lembut, peregangan otot, pose memuntir, serta latihan pernafasan sangat membantu untuk proses detoksifikasi tubuh saat berpuasa.


Latihan yoga yang fokus pada tehnik pernafasan akan menambah suplai oksigen ke seluruh jaringan dan menyelaraskan produksi hormon sehingga kondisi tubuh tetap segar dan lebih tenang.



Postur menekuk kedepan (forward bend) memijat lembut otak bagian depan dan mengurangi kecepatan jantung memompa darah.



 


Sebaliknya postur membuka dada (heart opener) seperti kobra, akan memompa lebih banyak oksigen dan darah ke seluruh tubuh. Kedua jenis postur ini memberi stimulasi sehat pada organ- organ dalam perut.


Pada saat berpuasa biasanya energi tubuh menurun. Sebaiknya hindari postur membuka dada yang terlalu ekstrim karena bisa menyebabkan pusing. Apabila diperlukan, gunakan alat bantu seperti kursi, bantal atau balok untuk mengurangi efek tersebut. 


Lakukan latihan pada saat menjelang berbuka puasa, atau pagi hari 2-3 jam setelah sahur.


Jadi, puasa bukan halangan untuk tetap olahraga tentunya kan? Sambil beribadah , mendapatkan pahala dan tubuh lebih sehat luar dan dalam.


write your response here  
Not Login

Sharing is Caring

Facebook Twitter Google LinkedIn Pinterest Email