6 Tips Kesehatan Saat Perjalanan Jauh Ala dokter Sandi

Oleh dr. Sandi Perutama Gani at 22 Jun 2017, 11:34:48   posting: 0, dilihat: 1.150


LEBARAN, satu momen yang selalu ditunggu bagi seluruh umat Muslim bahkan Non-Muslim di Indonesia.


LEBARAN merupakan satu momen kemenangan setelah berpuasa penuh selama 1 bulan ini dan sekaligus menjadi momen kebersamaan dengan keluarga tercinta.


Salah satu tradisi yang kental dengan suasana lebaran selain ketupat adalah MUDIK. MUDIK, mempunyai arti pulang sejenak ke kampung halaman. MUDIK dan berkumpul dengan keluarga besar sekaligus melepaskan kepenatan setelah bekerja setahun penuh di kota tentu menjadi salah satu hal yang tidak ingin dilewatkan.


Agar momen MUDIK tidak terhalang, ada beberapa tips kesehatan yang dapat digunakan saat anda menjadi “peserta” MUDIK tahun ini:



  1. Pastikan anda dalam kondisi sehat sebelum memulai perjalanan. Anda bisa melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter sebelumnya apabila diperlukan. Makan makanan yang bergizi agar tubuh anda selalu sehat.

  2. Tidur yang cukup pada H-1 perjalanan (8-10 jam). Apabila anda akan bepergian memakai kendaraan pribadi, pastikan kondisi kendaraan yang anda pakai dalam keadaan baik. Apabila anda menggunakan kendaraan roda dua, jangan lupa memakai helm dan jaket selama perjalanan. Bawa selalu tetes mata untuk mengatasi gejala iritasi mata yang terjadi selama perjalanan. Gatal pada mata saat mengemudikan kendaraan bisa membahayakan keselamatan anda dan penumpang.

  3. Jangan lupa beristirahat sejenak dengan berhenti di tempat peristirahatan apabila anda lelah. Anda bisa meregangkan badan di tempat peristirahatan, bahkan anda bisa tidur sejenak apabila diperlukan. Obat oles untuk mengurangi nyeri sendi bisa menjadi “teman” yang baik dalam perjalanan. Apabila anda yang mengemudikan kendaraan saat mudik, jangan pernah memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan apabila anda merasa lelah atau mengantuk karena akan beresiko terjadi kecelakaan.

  4. Usahakan untuk tidak merokok dalam perjalanan, karena merokok dapat menyebabkan kekurangan oksigen yang akan berujung pada kekurangan konsentrasi (amat berbahaya bagi anda yang mengemudikan kendaraan).

  5. Minum air putih yang cukup agar tidak mengalami panas dalam maupun dehidrasi. Selain itu, air putih yang cukup bisa membantu anda menjaga konsentrasi mengemudi dalam perjalanan. Pastikan anda mengkonsumsi paling sedikit 2 liter air setiap harinya.

  6. Selalu menjaga kebersihan selama perjalanan. Cuci tangan sebelum makan untuk mencegah sakit perut. Sediakan selalu obat diare, karena kita tidak pernah tahu kualitas dari makanan yang dikonsumsi selama perjalanan.


Demikian sedikit tips kesehatan yang bisa dipakai selama MUDIK. Akhir kata, Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Selamat berlibur!


write your response here  
Not Login

Sharing is Caring

Facebook Twitter Google LinkedIn Pinterest Email