Makanan Seimbang Yang Mengandung Zat Besi

Oleh Chef Brian Wicaksono at 7 Aug 2017, 11:23:23   posting: 9, dilihat: 1.643


 


Sumber Makanan yang Mengandung Zat Besi (Mudah Didapat) Zat besi merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Salah satu Fungsi utama zat besi adalah sebagai komponen pembentuk Hemoglobin (Hb) dalam sel darah merah yang berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh sel-sel tubuh.


Selain itu zat besi juga berperanan penting dalam fungsi normal daya tahan tubuh. Karena fungsi zat besi yang penting itu, kekurangan zat besi dapat menyebabkan terhambatnya pasokan hemoglobin dalam darah. Penyakit karena kurangnya hemoglobin (sel darah merah) yang demikian disebut anemia defisiensi besi. 


Akibat Kekurangan Zat Besi Oleh karena itu, agar kita tidak kekurangan darah dan kebutuhan zat besi kita terpenuhi, maka konsumsilah makanan-makanan yang mengandung zat besi tinggi seperti bayam, kangkung, daging sapi, kentang, dan lain-lain. Lebih lengkap, berikut ini saya sajikan makanan sumber zat besi yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Daging merah Daging merah merupakan bahan makanan hewani yang lezat. Contohnya daging sapi.


Tahukah Anda, dalam 100 gram daging sapi segar mengandung 201 kkal energi, 14 gram lemak, dan 2,8 mg zat besi, selain itu juga kaya akan protein, lebih lanjut silahkan baca Sumber Protein Tinggi Kuning telur Telur yang merupakan sumber makanan yang mudah didapat ini, kaya akan semua mineral, termasuk besi, dan vitamin B. Telur mengandung Zat besi yang banyak pada kuningnya. Ikan Ikan terkenal dengan kandungannya yang kaya akan omega-3 dan 6. Ikan baronang diketahui mengandung zat besi sebanyak 3,8 mg per 100 gram. Selain itu ikan sarden juga mengandung 2,5 mg zat besi per 100 gram. 


Sayuran berdaun gelap atau hijau Sayuran apapun yang berdaun hijau, terutama bayam, daun singkong, kankung, dan sawi mengandung zat besi yang banyak. Sebuah sumber alternatif zat besi bagi mereka yang menghindari makanan produk hewani (vegetarian). Kacang-kacangan, kacang polong dan kacang kedelai Kacang tanah, kacang polong dan kacang kedelai merupakan jenis kacang yang mudah kita dapat dan mudah diolah.


Tahukah Anda, dalam 100 gram kacang kedelai mengandung 10 mg zat besi. Sedangkan dalam 100 gram kacang polong mengandung 7,5 zat besi. Buah kering (plum, kismis) Buah kering seperti kismis, plum ternyata banyak mengandung zat besi. Dalam ½ cangkir kismis terdapat 1,9 mg zat besi dan dalam 1 cangkir plum terdapat 1 mg zat besi. sumber zat besi Tidak hanya enak, makanan ini juga mengandung zat besi yang banyak Sumber makanan yang kaya zat besi lainnya: Sereal dan biji-bijian yang diperkaya zat besi (periksa label produk) Moluska (tiram, kerang, kerang) Jeroan ayam seperti hati dan ampela Jika Anda makan sumber makanan yang zat besi tinggi, maka makanlah bersama dengan makanan yang mengandung banyak vitamin C, karena vitamin C akan membantu penyerapan zat besi bagi tubuh kita.


Jadi secara tidak langsung agar kita tidak kekurangan zat besi kita juga bisa memulai dengan makanan yang mengandung zat besi yang pas sesuai yang di butuhkan oleh tubuh kita agar kita dapat tetap bersemangat untuk melakukan kegiatan sehari-hari tanpa harus khawatir kekurangan zat besi dalam tubuh kita.berikut saya akan bagikan salah satu resep masakan yang bisa menjaga zat besi kita sehari-hari dengan beberapa bahan makanan yang bisa menambah asupan zat besi di dalam tubuh kita :


Garang Asem Ati Ampela



BAHAN


7 pasang hati ampela ayam, potong-potong


1 sdm air jeruk nipis


1 sdt garam


3 sdm minyak, untuk menumis


3 buah cabai merah besar, iris


3 buah cabai hijau besar, iris


4 buah belimbing sayur


1 buah tomat, iris


5 lembar daun salam, iris


6 lembar daun jeruk, iris


250 ml santan dari ½ butir kelapa


1 sdt garam


½ sdt merica bubuk


1 sdm kecap manis


16 buah cabai rawit merah


 


BUMBU YANG DIHALUSKAN 


5 butir bawang merah


3 siung bwang putih


3 butir kemiri, sangrai


5 cm kunyit, bakar


CARA MEMBUAT 


1.Cuci bersih hati dan ampela ayam, lumuri dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan sebentar, cuci bersih kembali dan tiriskan.


2.Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama cabai merah, dan cabai hijau hingga harum. Masukkan hati dan ampela ayam, aduk rata, masukkan santan, angkat.


3.Masukkan irisan belimbing sayur, tomat, daun salam, daun jeruk, garam, merica, dan kecap manis, aduk rata.


4.Ambil selembar daun, isi dengan tumisan jeroan, tambahkan 2 buah cabai rawit merah, bungkus.


5.Kukus selama 20 menit hingga matang. Angka.


write your response here  
Not Login

Sharing is Caring

Facebook Twitter Google LinkedIn Pinterest Email