Manfaat Yoga untuk Kesehatan Tubuh

Oleh Deera Dewi at 11 Aug 2017, 14:51:33   posting: 9, dilihat: 1.292

Saat ini Yoga merupakan salah satu olah tubuh yang banyak dikenal dengan segudang manfaat untuk tubuh. 


Banyak praktisi kesehatan merekomendasikan yoga sebagai alat untuk mengatasi stres - yang disinyalir dapat membahayakan sistem kekebalan dan neuroendokrin.


Namun sebenarnya manfaat yoga bahkan lebih dari itu. Menurut pakar yoga dan dokter Mary Schatz, M.D., yoga dapat merangsang tulang untuk mempertahankan kalsium, yang membuat tubuh mendapat cukup asupan kalsium.  


Hal ini bisa terjadi melalui pose2 yang menahan beban tubuh (seperti armbalance, inversion, dan pose berdiri) yang mempengaruhi seluruh tulang belakang, lengan, bahu, siku, kaki, lutut, pergelangan kaki, dan kaki, sambil mendorong pergerakan penuh tubuh.  


Pose-pose Inversion merupakan contoh yang tepat untuk mendapatkan semua manfaat yoga, khususnya pose Sarvangasana (shoulderstand) dan Halasana (Plough).


Menurut B.K.S Iyengar, Master Yoga yang fokus pada yoga therapy, pose2 ini membantu mengatur kelenjar thyroid dan parathyroid yang berlokasi di leher dengan cara membuat kuncian di leher , kemudian mengalirkan darah segar serta oksigen ke area ini pada saat kunciannya dilepaskan.


Iyengar juga mengatakan, pose2 forward bend atau menekuk tubuh kedepan berfungsi untuk menenangkan, sementara pose backbends atau menekuk tubuh ke belakang memacu adrenalin dan membuat semangat.


Pose berdiri dan memuntir tulang belakang seperti Reverse Triangle (segitiga terbalik), sama efektifnya untuk mengatur kelenjar adrenal, yang diandalkan untuk menyediakan jumlah estrogen dan androgen yang cukup untuk tulang sehat.


Latihan yoga yang konsisten dapat memberi kita kepercayaan diri dan stabilitas saat kita bergerak didalam aktivitas sehari-hari. Banyak orang lanjut usia yang terjatuh karena kehilangan kemampuan untuk bergerak dengan baik. Yang lainnya menderita penglihatan yang buruk, otot yang lemah, postur tubuh yang buruk, atau artritis. Yoga dapat memperbaiki postur dan koordinasi tubuh, menguatkan otot, meningkatkan fleksibilitas, dan menciptakan keseimbangan.


Postur tubuh yang baik sangat penting untuk menjaga tulang belakang tetap sehat, kuat, dan fleksibel. Yoga, terutama pose berdiri dan duduk, bisa membantu.


Schatz menunjukkan bahwa ketika seorang wanita menderita osteoporosis, tulang belakangnya melemah dan menjadi rentan patah tulang. Jika dia memiliki postur tubuh yang buruk di atas tulang belakang yang lemah, kemungkinan patah pada tulang belakang menjadi lebih besar. 


Berlatih pose2 berdiri dan duduk di yoga akan membantu anda pada saat berjalan membawa kesadaran dan perhatian yang sama seperti halnya sedang melakukan pose berdiri Tadasana atau mountain pose untuk membantu menguatkan otot punggung dan memperbaiki postur tubuh. 


Tambahkan pose-pose forward bend dan backbends kedalam latihan yoga anda untuk menguatkan sendi-sendi tulang belakang dan juga meningkatkan kelenturannya secara keseluruhan.


 


Berikut contoh pose-pose untuk meningkatkan kekuatan tulang:


1. Trikonasana (Triangle)



2. Parivritta Trikonasana (Reverse Triangle)



3. Vasisthasana (Side Plank)



4. Ustrasana (Camel Pose)



5. Halasana (Plough Pose)



6. Paschimottanasana (Seated Forward Bend)



write your response here  
Not Login

Sharing is Caring

Facebook Twitter Google LinkedIn Pinterest Email