STRETCHING

Oleh Reina L Wardhana at 16 Aug 2017, 10:43:41   posting: 5, dilihat: 1.063


stretching setiap hari walaupun kita jarang berolahraga dan cenderung pasif.


Stretching sangatlah penting untuk fleksibilitas,  meningkatkan jangkauan gerak tubuh dan juga meminimalkan potensi cedera saat berakifitas atau berolahraga.


Inilah beberapa manfaat utama dari stretching sehari hari:



  • Alat pendorong pembentukkan pandangan yang optimistik


Penumpukan stress dapat membuat sendi dan otot-otot kita untung menegang. Ketegangan ini pada akhirnya akan berakibat negatif terhadap badan dan mental kita. Melakukan stretching setelah bangun tidur akan membantu “jump start” badan dan pikiran kita. Selain itu stretching juga membantu merilis endorphins yang memberi kita sensasi rasa tenang dan senang. Stretching sebelum tidur akan membuat kita tidur dengan lebih nyenyak.



  • Meningkatkan Fleksibilitas


Dari semua manfaat stretching, peningkatan fleksibilitas mungkin adalah manfaat yang paling umum diketahui orang. Dengan meningkatnya fleksibilitas badan kita secara otomatis kita akan mempunyai jangkauan gerakan yang lebih baik. Hal ini akan membuat  badan kita memerlukan energi yang lebih rendah untuk dapat melakukan gerakan yang sama.



  • Meningkatkan stamina dan level energi


Stretching membantu kita untuk merenggangkan otot dan sendi kita sehingga oksigen dapat mengalir dengan lancar dalam darah kita. Terkadang juga kita suka merasa sangat lemas dan mengantuk pada tengah hari, berdiri dan melakukan beberapa gerakan stretching akan membantu mem-boost energi dan membuat badan dan pikiran kita kembali alert.



  • Membantu kelancaran peredaran darah


Seperti yang telah disebutkan pada point no. 3 sebelumnya, stretching melancarkan oksigen mengalir dalam darah kita yang akan meningkatkan pula flow darah ke otot dan sendi kita. Peredaran darah yang baik akan meningkatkan fungsi organ dan pertumbuhan sel.



  • Membantu menghilangkan pegal dan nyeri pada otot dan persendian


Bagi kita yang rajin berolahraga, stretching sebelum dan sesudah olahraga akan meningkatkan peredaran darah ke dalam otot yang akan membantu menghilangkan pegal dan nyeri.



  • Menurunkan resiko cedera


Seperti saat kita menghidupkan mobil sebelum dipakai, kita pasti akan menghangatkan mesinnya terlebih dahulu untuk memaksimalkan penggunaannya. Sama halnya stretching untuk badan kita. Dengan stretching kita akan menghangatkan otot dan sendi kita agar siap dan maksimal saat kita beraktifitas maupun berolahraga.


Jadi jika kita ingin mempunyai fungsi organ yang maksimal atau kita ingin hidup dengan tenang tanpa stress, mulailah untuk mulai stretching dengan reguler setiap hari. Beberapa gerakan stretching saja dapat merubah hidup anda. 


Singkatnya,


STRETCHING REGULAR = HAPPY LIFE.


write your response here  
Not Login

Sharing is Caring

Facebook Twitter Google LinkedIn Pinterest Email