Stay fit and healthy everyday !

Oleh dr. Sandi Perutama Gani at 29 Aug 2017, 10:27:59   posting: 7, dilihat: 1.051

Setiap individu secara tidak disadari mempunyai amat banyak aktivitas setiap harinya. Bahkan sampai di akhir pekan pun, banyak kegiatan yang dilakukan. Baik itu rutinitas maupun spontanitas, aktivitas – aktivitas tersebut tentu akan menyita tenaga dan perhatian kita, yang pada akhirnya akan menimbulkan kelelahan yang dapat mengganggu mood atau konsentrasi kita. 


Agar tubuh tetap sehat dan semangat selalu ada untuk melakukan aktivitas harian, berikut ada beberapa tips yang dapat anda ikuti :   


1.Masak makanan favoritmu saat pulang kerja atau weekend


Memasak makanan sendiri selain lebih bersih dan sehat juga bisa menjadi ajang kebersamaan dengan keluarga maupun teman lho. Pastikan kita memasak menggunakan bahan makanan yang baik. Hati – hati dengan luka bakar saat memasak (misalnya terkena minyak panas). Apabila sampai terjadi luka bakar saat anda memasak, pastikan untuk membersihkan lukanya dengan air mengalir selama ±15 menit. Setelah itu, anda dapat mengoleskan salep luka bakar.



2.Olahraga teratur dan minum segelas susu 


Lakukan olahraga selama 30 menit sebanyak 2-3 kali dalam 1 minggu agar tubuh tetap bugar. Olahraga tidak harus selalu yang berat (seperti sepak bola, basket, atau bulutangkis), namun cukup dengan jogging atau bersepeda. Pastikan juga anda mendapat asupan kalsium yang cukup agar tulang anda kuat dan mencegah pengeroposan di kemudian hari. Kalsium bisa didapatkan dari susu tinggi kalsium atau suplemen makanan. Kebutuhan kalsium kurang lebih 1000 mg per hari. Bagi Anda yang alergi atau tidak cocok minum susu, ada beberapa makanan yang bisa menjadi asupan kalsium, seperti misalnya : kacang almond, ikan salmon, biji wijen, yoghurt, keju, brokoli, lobak, bayam, kiwi, tahu, atau tempe.



3.Makan makanan yang berigizi dan bervariasi


Makanan yang dimakan setiap hari harus bervariasi dan gizi yang seimbang. Batasi juga konsumsi gula, garam dan minyak harian anda. Sebagai contoh, anda dapat mengikuti pola gizi seimbang dari gambar di bawah ini. Lengkapi kebutuhan anda untuk zat besi. Selain dari suplemen, zat besi bisa didapatkan dari makanan juga, seperti misalnya : daging merah, jeroan ayam seperti hati dan ampela, kuning telur, kacang – kacangan, atau ikan. 



4.Minum air putih yang cukup setiap harinya


Selain untuk menjaga agar tubuh tetap sehat, air putih juga penting untuk membuat tubuh selalu tetap tercukupi kebutuhan cairan. Cukup minum air putih juga akan menjaga konsentrasi kita saat bekerja ataupun melakukan aktivitas lainnya. 



5.Rekreasi ke alam terbuka saat weekend 


Wisata ke ruang terbuka bisa menjadi pilihan yang baik pada saat akhir pekan. Selain bisa menghirup udara segar, kita juga bisa melepaskan kepenatan dari aktivitas sehari – hari di tempat ini. Bersepeda, memancing, atau piknik di alam terbuka bisa menjadi opsi yang dapat anda lakukan. Apabila anda bepergian dengan menggunakan kendaraan roda dua, pastikan untuk menyiapkan tetes mata yang dapat digunakan pada saat terjadi iritasi pada mata. 



6.Tidur malam yang berkualitas


Ada banyak penelitian yang mengatakan bahwa kurang tidur berkaitan erat dengan menurunnya daya pikir dan kemampuan memproses informasi. Dan yang lebih bahaya lagi, adalah bila dibiarkan dalam jangka waktu panjang, akan meningkatkan resiko serangan jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi. Agar tidur anda lebih nyenyak di malam hari, sebaiknya kurangi jam tidur siang, hindari berolahraga keras sebelum tidur, hindari makanan berat sebelum tidur, hindari minum kopi atau merokok sebelum tidur, dan buatlah jadwal tidur yang tetap setiap harinya (teratur waktu tidur dan waktu bangun). Dengan tidur yang cukup dan berkualitas setiap harinya, anda akan mempunyai energi dan semangat yang tinggi untuk memulai hari dengan lebih produktif. 



Demikian beberapa tips yang dapat anda lakukan agar tetap semangat dan bugar setiap saat. Semoga bisa berguna. 


write your response here  
Not Login

Sharing is Caring

Facebook Twitter Google LinkedIn Pinterest Email