Makanan Yang Cocok setelah Maraton/Olah Raga Lari

Oleh Chef Brian Wicaksono at 20 Oct 2017, 14:23:08   posting: 9, dilihat: 1.149


 


 


Olahraga lari memang sudah menjadi tren di Indonesia beberapa tahun belakangan ini. Belum lagi dengan banyaknya ajang lomba lari yang diadakan, membuat olahraga ini semakin digemari berbagai kalangan.


Jika Anda suka dengan olah raga lari, persiapan fisik dan mental sebelum melakukan marathon perlu dilakukan. Namun, jangan lupakan juga apa saja yang harus Anda lakukan setelah melakukan lari dalam jarak yang cukup jauh. Salah satunya adalah makanan.


Mengonsumsi makanan yang tepat merupakan kunci penting untuk menjaga stamina agar tetap bugar sesudah marathon. Tujuannya adalah untuk menggantikan cairan tubuh, karbohidrat berupa glikogen yang menjadi sumber energi saat olahraga, dan protein untuk mempercepat proses pemulihan. Berikut beberapa makanan yang tepat untuk dikonsumsi sesudah melakukan marathon.


Susu Cokelat


Menurut sebuah studi, susu cokelat memiliki perbandingan yang tepat antara karbohidrat dengan protein untuk membantu mengisi kembali tenaga dan memperbaiki otot yang rusak setelah berolahraga. Daripada minuman karbohidrat biasa, meminum satu atau dua cangkir susu cokelat lebih mencukupi kebutuhan karbohidrat dan protein Anda.


Kacang dan Polong-Polongan


Selain dapat mengatur gula darah dan menurunkan kolesterol, kacang juga tinggi protein dan kaya serat. Salah satu yang baik untuk dikonsumsi adalah kacang almond, yang mengandung banyak vitamin E sehingga dapat membantu meredakan nyeri otot akibat marathon. Dan dengan mengonsumsi polong-polongan yang mengandung karbohidrat kompleks, maka energi ke otot dan otak akan terpenuhi kembali.


Pisang


Gula alami yang terkandung dalam pisang bisa membantu mengembalikan energi yang terbuang setelah Anda melakukan marathon. Selain kaya akan vitamin B6, vitamin C, serat dan mangan, kalium yang ada di buah pisang menjaga tekanan darah tetap normal, meningkatkan fungsi jantung, serta mencegah kelelahan otot. Agar tidak bosan, Anda bisa membuat milkshake pisang dengan mencampurkannya di dalam blender bersama susu cokelat. Rasanya pasti nikmat.


Telur


Dibandingkan makanan lain, protein dari telur, yang juga mengandung banyak asam amino, lebih bermanfaat bagi otot, kulit, kolagen, dan jaringan tubuh lain yang membutuhkan banyak asupan gizi setelah melakukan marathon. Telur rebus merupakan makanan terbaik untuk tubuh Anda. Tapi, sebagai variasi, Anda juga bisa membuat telur orak-arik dicampur dengan bayam dan paprika, yang tentu saja juga mengandung banyak protein.


Ikan


Untuk memerbaiki kerusakan otot setelah melakukan lari jarak jauh, tubuh Anda memerlukan omega-3 yang bisa didapat dari ikan. Asam lemak omega-3 dalam ikan juga bisa mengurangi kolesterol, menjaga fleksibilitas arteri dan vena, serta memperkuat otot jantung. Sebagai bekal makanan sehat yang bisa dinikmati selepas melakukan marathon, mungkin Anda bisa membuat sandwich dari roti gandum, diisi dengan ikan tuna, dan ditambah dengan sayuran hijau. Nikmat tapi tetap menyehatkan.


 


Healty Sandwich


Bahan-bahan


4 porsi 


1.6 buah roti tawar gandum 


2.2 butir telur ayam kampung 


3.2 sdm tuna can


4.2 lembar keju slice 


5.4 lembar selada air 


6.Secukupnya mentega 


7.Bahan Saus Tomat : 


8.1 buah tomat merah besar, dipotong dadu tipis 


9.1/2 buah bawang bombay,diiris memanjang tipis 


10.3 sdm saus tomat 


11.7 sdm air putih 


12.Secukupnya lada 


13.Secukupnya gula 


14.Secukupnya mentega, untuk menumis 


Langkah


15 menit 


1.Saus Tomat : Tumis bawang bombay menggunakan mentega sampai layu dan masukkan tomat. Aduk rata.


2.Tambahkan air, saus tomat. Aduk rata dan tunggu sampai tomat layu, air berkurang dan sedikit mengental. Tambahkan lada dan gula. Matikan api dan dinginkan.


3.Panaskan mentega dan goreng telur secara bergantian. Jangan menggoreng terlalu kering. Sisihkan.


4.Susun sandwich dengan urutan sebagai berikut : 1 lembar roti- 1 lembar selada- 1telur-tuna can - saus tomat secukupnya- 1 lembar roti- 1 lembar selada- 1 lembar keju- saus tomat secukupnya- 1 lembar roti. Tekan sedikit dan iris secara diagonal. Ulangi langkah tersebut untuk sisa roti yang masih ada.


Menu ini cocok di nikmati dengan segelas susu coklat untuk mengisi kembali tenaga setelah berlari


write your response here  
Not Login

Sharing is Caring

Facebook Twitter Google LinkedIn Pinterest Email