Memulihkan Stamina dan Kesehatan Setelah Lomba Lari

Oleh dr. Sandi Perutama Gani at 27 Oct 2017, 11:30:34   posting: 7, dilihat: 1.075


Ada berbagai macam manfaat dari olahraga. Bisa sebagai sarana untuk menyalurkan hobi, berkumpul bersama teman atau keluarga, atau untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat. Mengapa olahraga bisa menjaga tubuh kita agar tetap sehat ? Karena dengan berolahraga secara teratur, maka tubuh kita akan terbantu proses pembakaran kalori di dalamnya. Kalori yang terbakar ini akan membuat tubuh kita menjadi lebih ideal (baik dari berat badan maupun postur tubuh kita). 


Dari berbagai banyak pilihan olahraga, yang sedang kekinian saat ini adalah olahraga lari. Banyak sekali penyelenggara yang mengadakan lomba lari di berbagai belahan nusantara kita ini, salah satunya adalah CombiRun yang diselenggarakan oleh PT. Combiphar pada 15 Oktober 2017 kemarin. Olahraga lari ini selain mudah juga tidak memerlukan biaya yang besar untuk memulainya ketimbang dengan olahraga lainnya. 


Sepintas olahraga lari ini terlihat mudah, namun apabila tidak pernah atau jarang dilakukan tentu akan merasakan pegal – pegal atau nyeri sendi yang berlebihan pasca lari. Pegal atau nyeri sendi ini tentu akan mengganggu aktivitas kita pada keesokan harinya. 


Berikut adalah beberapa tips kesehatan untuk memulihkan kesehatan setelah lari : 


1.Makan makanan yang bergizi 


Pastikan makan disertai dengan kadar elektrolit yang cukup untuk mengembalikan cairan yang hilang setelah lari. Lengkapi kebutuhan cairan dengan minum air putih paling sedikit 2 liter per hari. Minum jus atau susu juga bisa membantu melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh kita yang hilang setelah lari. 


2.Relaksasi sendi yang mengalami nyeri atau pegal 


Relaksasi terbaik adalah dengan melakukan gerakan pelemasan otot ringan pada kaki. Bisa juga dengan mengoleskan gel yang berisi glucosamine pada bagian yang nyeri atau pegal. Apabila diperlukan dapat juga menambahkan vitamin neurotropik. 


3.Istirahat yang cukup 


Tidur adalah salah satu hal yang paling penting dari pemulihan tubuh kita. Jika tidak mendapatkan tidur yang cukup setelah berlari, tubuh tentu merasa lelah berhari-hari, dan bahkan mungkin kita bisa sampai sakit. 


4.Do other sports !


Pemulihan tubuh bukan berarti hanya terus berbaring di tempat tidur saja. Tubuh juga bisa kembali pulih jika kita melakukan olahraga selain lari, misalnya berenang. Berenang akan membuat semua otot ikut bekerja. Hal ini juga akan membuat tubuh terasa lebih segar.


Demikian beberapa tips yang dapat dipakai untuk mengembalikan kesehatan setelah lari. Terus jaga pola hidup sehatmu dengan berolahraga ya ! Sampai bertemu pada acara lomba lari berikutnya ! 


write your response here  
Not Login

Sharing is Caring

Facebook Twitter Google LinkedIn Pinterest Email