Healthy Ways in Mother’s Day

Oleh dr. Sandi Perutama Gani at 2 Jan 2018, 11:26:53   posting: 6, dilihat: 1.030

Setiap tanggal 22 Desember adalah hari di mana seluruh masyarakat Indonesia merayakan Hari Ibu. Hari Ibu ini adalah sebuah peringatan terhadap peran seorang perempuan dalam keluarga, baik sebagai seorang istri untuk suaminya, maupun sebagai ibu untuk anak – anaknya. 


Pada Hari Ibu ini juga biasanya ibu / istri “diberikan cuti” dari berbagai tugas sehari – hari yang dianggap menjadi kewajibannya, seperti misalnya : memasak, mencuci, mengurus anak, dsb. Nah, pada Hari Ibu nanti, kita jaga dan rawat kesehatan ibu / istri kita yuk dengan berbagai tips kesehatan ini : 


1. Minum segelas susu bersama


Pada wanita yang semakin bertambah usia, lama kelamaan akan menuju fase yang disebut sebagai masa menopause (tidak lagi mengalami menstruasi). Pada fase ini, penyerapan kalsium dalam tubuh semakin menurun yang pada akhirnya akan meningkatkan resiko terjadinya osteoporosis (pengeroposan tulang). Apabila pada usia sebelum fase menopause tidak mendapatkan asupan kalsium yang cukup, maka resiko osteoporosis akan lebih tinggi. Karena itu, mari kita ajak ibu / istri kita minum segelas susu bersama pada Hari Ibu ini, sekaligus mengingatkan mereka betapa pentingnya peranan kalsium dalam tubuh seorang perempuan. 


  


2. Makan makanan yang sehat dan bergizi 


Makanan adalah komponen penting yang bisa memastikan aktivitas fisik harian kita bisa berjalan dengan baik dan semestinya. Di Hari Ibu nanti, cobalah untuk memasak sendiri makanan dengan gizi seimbang untuk dipersembahkan kepada ibu / istri kita. Makanan laut disertai dengan sayur dan kacang – kacangan bisa menjadi salah satu pilihan yang menarik untuk dimasak. Batasi konsumsi gula (2 sendok makan sehari) dan garam (1 sendok teh sehari) juga ya untuk mencegah penyakit metabolik di kemudian hari. 


 


3. Olahraga bersama 


Olahraga / aktivitas fisik adalah elemen yang paling penting yang tidak bisa dipisahkan dari menjaga kesehatan tubuh kita. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, olahraga yang teratur juga bisa membantu mencegah terjadinya penyakit metabolik dalam tubuh kita, misalnya : diabetes, darah tinggi, kolesterol, dsb. Mari kita jaga kesehatan tubuh kita dengan berolahraga bersama dengan ibu / istri kita. Tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu sulit. Olahraga bisa dimulai dengan melakukan jogging / berlari mengitari kompleks perumahan selama 30 – 60 menit. Jangan lupa untuk minum paling sedikit 2 liter air putih setiap harinya agar tetap terehidrasi.  


 


4. Travelling bersama


Planning a short escape ke daerah dengan nuansa alam bisa menjadi hadiah yang istimewa bagi ibu / istri kita. Pastikan mempersiapkan segalanya dengan lengkap sebelum bepergian ke destinasi tujuan kita, termasuk rute perjalanan yang akan dituju. Siapkan juga obat – obatan untuk antisipasi. Bila anda merencanakan destinasi wisata ke daerah pantai, pastikan melengkapi diri dengan tabir surya untuk mencegah luka bakar karena sinar matahari, dan tidak ada salahnya juga apabila menyiapkan salep luka bakar. Siapkan juga obat anti mabuk perjalanan atau minyak angin apabila perjalanan menggunakan jalur darat dan menempuh waktu yang cukup lama. 


Demikian beberapa hal yang dapat dilakukan di Hari Ibu nanti. 


Let’s give our best to give them our time and affection on the Mother’s Day


 


 


write your response here  
Not Login

Sharing is Caring

Facebook Twitter Google LinkedIn Pinterest Email