Makanan Sehat untuk Resolusi Kesehatan Anda

Oleh Chef Brian Wicaksono at 2 Jan 2018, 11:37:47   posting: 4, dilihat: 448


 


Mengawali tahun 2018, banyak orang melakukan resolusi tujuan hidupnya. Salah satu hal penting yang patut dilakukan adalah memperhatikan menu makan untuk menunjang kesehatan. Sebelum melanjutkan lebih banyak aktivitas, ada baiknya memperhatikan pilihan menu makan berikut.


Berat badan hampir selalu menjadi masalah bagi banyak orang. Berbagai cara dilakukan untuk mengurangi lemak. Mengkonsumsi buah atau jus semangka dapat dijadikan pilihan. Selain harganya yang tidak mahal, semangka mengandung Vitamin C, A, dan B6. Dengan kandungan yang bebas lemak tersebut, buah ini dianjurkan bagi yang sedang berdiet. Manfaat lain adalah kandungan lycopene yang dapat mencegah kanker, khususnya kanker prostat. Selain itu, lycopene membantu cara kerja arteri yang memberikan efek positif bagi jantung.


Gangguan pada paru-paru dapat menjadi penyakit serius penyebab kematian. Brokoli adalah sayuran yang baik untuk mencegah gangguan pada paru-paru. Isothiocyanates adalah kandungan yang terdapat dalam brokoli yang bisa menurunkan risiko kanker paru-paru hingga 30 persen bagi non-perokok. Bahkan bagi perokok dapat menurunkan risiko hingga 69 persen.


Mulailah mengganti kebiasaan mengkonsumsi daging merah dengan biji-bijian, kacang-kacangan, dan ikan. Daging merah berpotensi tinggi menjadi penyebab diabetes. Penelitian University of Harvard membuktikan, dengan mengkonsumsi 50 gram daging merah terutama olahan setiap harinya, sama dengan meningkatkan diabetes sebanyak 51 persen. Perlu diingat, 50 gram daging merah setara dengan satu potong sosis.


Pencegahan penyakit jantung juga dapat dilakukan dengan konsumsi telur yang seimbang. Telur memiliki kandungan antioksidan yang paling tinggi. Jumlah kandungan antioksidan pada dua kuning telur melebihi antioksidan pada sebuah apel. Telur dapat dikatakan sebagai bentuk makanan yang paling sempurna. Sebab, telur kaya akan kandungan protein, lipid, dan mineral.


Dari semua resolusi makanan sehat pada intinya setiap orang akan memilih hidup sehat di awal tahun 2018 ini.ada beberapa faktor untuk memilih makanan sehat sebagai salah satu reaolusi hidup sehat yaitu cuca yang tidak menentu,mulai bermunculan virus-virus penyakit yang baru,dan juga banyak makanan yang kurang sehat.maka dari itu kita harus jeli untuk memilih makanan sehat di tahun 2018 ini.


Berikut ada sebuah resep yang menurut saya cocok untuk mengawali resolusi hidup sehat dengan makanan sehat 2018


Crunchy Granola


Bahan:


- 400 gram rolled oat (oat utuh)


- 150 gram kacang almond mentah cincang kasar


- 170 gram biji bunga matahari mentah


- 2 sendok makan biji wijen mentah


- 4 sendok makan minyak sayur (atau bisa menggunakan minyak kelapa murni/VCO)


- 1/4 sendok teh garam


- 200 ml madu


- 3 sendok makan gula palem bubuk (optional)


- 2 sendok teh vanilla extract (optional)


- 300 gram kismis atau buah kering lainnya misal: kurma, aprikot, prune, cranberry


 


Note:


Rolled oat/oat utuh merupakan oat yang diproses dari biji gandum utuh, berbentuk kepingan bulat berwarna kecoklatan, tebal dan keras, berbeda dengan quick cooking oat. Jangan ganti rolled oat dengan quick cooking oat.


 Biji-bijian yang bisa digunakan di resep: biji bunga matahari, biji labu (kuaci tanpa kulit), wijen, flax-seeds. 


Kacang-kacangan yang bisa digunakan seperti almond, walnut, mete, hazelnut, macadamia. 


Buah-buahan kering seperti kismis, kurma, cranberry, prune, kiwi, aprikot, keripik pisang, nanas kering, mangga kering. 


Madu bisa diganti dengan sirup vanila, sirup jagung, sirup maple. 


Cara membuat :


Tuangkan semua bahan dan aduk menjadi satu dan siapkan loyang untuk memanggang granola.masukan kedalam oven dengan suhu 120 derajad celcius selama kurang lebih 30 menit,dan pastikan setiap 10 menit sekali mengaduk granola supaya matang merata dan crunchy 


Setelah matang dinginkan dan bisa dinikmati dengan yougurt dan buah segar lainya.granola ini bisa di simpan di dalam toples tertutup dan bisa disimpan kurang lebih 1 bulanM


write your response here  
Not Login

Sharing is Caring

Facebook Twitter Google LinkedIn Pinterest Email