Simplifying Your New Year’s Fit Resolution

Oleh Jansen Ongko at 8 Jan 2018, 09:39:52   posting: 13, dilihat: 563

 


 



Happy new year good people! Biasanya nih di samping menyambut tahun baru dengan berbagai pesta perayaan, aktivitas yang tidak kalah penting dan tidak pernah ketinggalan adalah menciptakan resolusi. Nah ngomong-ngomong tentang resolusi, sudah tau ngapain apa saja di tahun 2018? Jangan bilang melanjutkan resolusi 2017 ya hehehe..


 Resolusi tentunya hal-hal yang bersifat positif, bukan? Karena peranan saya sebagai Fitness Coach di forum ini, maka yang saya tanya adalah apakah kamu sudah memiliki resolusi yang berhubungan dengan kebugaran di tahun 2018 ini? Kalau iya bagus, kalau belum juga ngga papa kok. Yuk saya pandu supaya resolusinya berjalan dengan lancar sepanjang tahun.


 Membuat resolusi tidak berbeda dengan melakukan perencanaan dan dalam proses menyusunnya terdapat suatu konsep yang disebut dengan SMART. Saya yakin banget sebagian besar pembaca telah mengetahuinya. Tapi buat kamu yang belum tahu, SMART adalah singkatan dari: Specific - Measureable - Attainable - Relevant - Time-based. Intinya konsep ini diaplikasikan agar suatu perencanaan terarah dan terukur dengan baik sehingga dapat dicapai dalam kurun waktu tertentu.


Kembali ke resolusi bugar, tidak sedikit yang beranggapan dengan mendaftar di suatu pusat kebugaran sudah lebih dari cukup untuk memulainya. Padahal pada kenyataannya hampir setiap tahun banyak yang hanya rutin dan aktif berolahraga di awal tahun, kemudian berhenti tanpa alasan yang jelas. Apabila kamu termasuk atau tidak ingin menjadi salah satunya, maka akan lebih baik memulai resolusi bugar dengan melakukan program Functional Outdoor Exercise (FOE). Program FOE dirancang untuk masyarakat awam, dapat dilakukan di rumah atau dimana saja dan kapan saja. Mari kita simak program efektif yang juga sudah SMART approved ini.


Functional Outdoor Exercise adalah program latihan yang dapat membantu memperkuat otot sehingga mengencangkan bagian-bagian tubuh tertentu, terutama yang rutin dilatih. Gerakan baru akan diupdate setiap malam pada pukul 20.00 selama satu minggu ke depan (8-14 januari 2018). Stay healthy!


 


FOE – DAY 1


I. PEMANASAN


Jogging / Skipping / Jumping Jacks selama 5 menit.


II. GERAKAN INTI


1. Chair Squats / Air Squats


2. Triceps Extension / Bench Dips


3. Standing Hamstring Curls


4. Lateral Raises


5. Bent-over Row


6. Straight-arm Plank


III. PENDINGINAN


Peregangan statis dan dinamis selama 3-5 menit.


 


PERATURAN


1. Lakukanlah setiap gerakan sebanyaknya atau tahan (untuk plank) selama 45 detik.


2. Istirahat 45 detik sebelum beralih ke gerakan berikutnya secara berurutan (1-6). 


3. Lakukan gerakan dengan benar dan berhentilah sejenak apabila sudah tidak kuat.


4. Apabila seluruh gerakan telah dilakukan, artinya kamu telah menyelesaikan satu set.


5. Ulangi kembali dari gerakan awal hingga akhir dan lakukanlah sebanyak tiga set.


6. Berhentilah apabila kamu merasa mual, sesak napas, pusing atau sakit pada bagian tertentu.


(Image by freeepik.com/javi.indy)


write your response here  
Not Login

Sharing is Caring

Facebook Twitter Google LinkedIn Pinterest Email