Resolusi Tahun Baru Sehat Untuk Traveling Lebih Fit

Oleh Kadek Arini Stepitula Gayatri at 16 Jan 2018, 11:20:29   posting: 8, dilihat: 529


Di momen penghujung tahun, pasti selalu ada perasaan “setahun kok cepet juga ya” padahal sebenarnya yang sudah kita lakukan banyak, tapi sepertinya kok kaya belum melakukan apa-apa. Sehingga, muncul resolusi baru untuk tahun baru mendatang. Dari sisi traveling, tahun 2017 merupakan tahun dimana boleh dibilang resolusi ku hampir tercapai semua khususnya dari destinasi. Tapi, ada juga list yang belum terwujud seperti keliling negara Eropa yang seharusnya di wujuudkan tahun 2017, namun sepertinya akan mundur menjadi resolusi 2018.


Berbicara tentang goals traveling, tahun 2018 aku akan lebih fokus untuk keliling Eropa dan berkunjung ke Everest Basecamp, Nepal di pertengahan tahun nanti. Disusul dengan keinginan ku untuk mengunjungi Mongolia di pertengahan tahun juga. Sepertinya tema traveling tahun 2018 memang lebih ke adventure dibanding tahun 2017 yang lebih ke leisure. Artinya dibutuhkan fisik yang maksimal.



Aku memang berjanji pada diriku sendiri untuk bisa menyelesaikan beberapa perjalanan yang membutuhkan fisik lebih mumpung aku masih muda, namun bukan berarti aku akan cuek dengan kesehatanku. Justru dengan traveling wishlist diatas aku harus tetap menjaga kesehatan. Beberapa cara yang akan aku lakukan adalah :


1. Jogging Rutin Miniman 3 Kali Sehari


Tahun 2017 lalu, jogging nya bolong-bolong, jadi memang lebih kerasa capek ketika harus trekking ke bukit atau anak gunung. Workout teratur akan membantu menjaga kestabilan fisik, sehingga tubuh terbiasa berkeringat untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.


2. Minum Jeruk Peras Sebagai Asupan Vit C Asli


Dari kecil dibiasakan untuk mengkonsumsi buah setiap hari, salah satu cara praktis adalah mengkonsumsi jeruk peras asli. Vitamin C akan membantu daya tahan tubuh terhadap virus. Khususnya saat di hadapkan dengan perubahan cuaca yang ekstrim, daya tahan tubuh akan menurun.



3. Seimbangkan Waktu Istirahat


Tidur merupakan salah satu cara untuk mengistirahatkan tubuh dari padatnya aktivitas, dan juga membantu peremajaan sel-sel tubuh manusia.


 4. Hindari Kebiasaan Tidak Sehat


Mengatur pola makan, tahun 2018 ini aku akan lebih mengurangi kebiasaan mengkonsumsi gula dan sajian berlemak. Kebiasaan yang tidak sehat akan berpengaruh terhadap sistem kesehatan tubuh.


 5. Minum Air Putih


Karena tubuh membutuhkan asupan cairan setiap harinya dalam jumlah cukup. Kekurangan cairan tubuh bisa menimbulkan dehidarasi dan anemia. Maka itu, konsumsi air mineral minimal 2 liter dalam sehari.


6. Hindari Stress


Seimbangkan lah antara pekerjaan, istirahat dan pergaulan. Pergaulan sangat penting untuk mennghibur tubuh, biasanya sehabis bertemu dengan teman-teman, kita akan lebih merasa bahagia. Aturlah waktu antara istirahat dan pekerjaan, jangan terlalu sibuk bekerja namun lupa istirahat.


Nah dengan mengikuti enam tips diatas, semoga tubuh bisa terus fit sehingga tidak menganggu ku dalam mengejar goals traveling di tahun 2018.


write your response here  
Not Login

Sharing is Caring

Facebook Twitter Google LinkedIn Pinterest Email