Resolusi Sehat 2018

Oleh Diana Suganda at 22 Jan 2018, 10:55:49   posting: 5, dilihat: 483

Haiii.. Tak terasa kita sudah memasuki tahun 2018, sepertinya baru aja pulang pesta tahun baru 2017 tapi kok sudah ganti tahun ya? Pernah kah kita berpikir apa yang sudah kita lakukan di tahun 2017? Sudah tercapaikah impian atau goal-goal kita? Apakah kita sudah melakukan hal-hal yang berguna ataukah hal-hal tersebut masih jadi angan-angan saja?


Nah, tahun baru biasanya dimulai dengan membuat resolusi baru nih. Boleh ya kita mempunyai resolusi di tahun 2018 untuk hidup lebih sehat lagi. Hidup lebih sehat berarti mengatur pola makan lebih sehat dan menjadwalkan aktivitas fisik/kegiatan olahraga disela-sela kesibukan kita. Sebaiknya resolusi tersebut kita catat di buku harian kita, supaya bisa kita evaluasi di kemudian hari. Jangan sampai resolusi ini hanya sekedar resolusi tapi tidak dijalankan ya.



Sebenarnya bagaimana sih pola makan yang sehat itu?


Pola makan sehat berarti mengatur jadwal makan, jumlah/porsi makanan yang dimakan dan juga jenis makanan yang kita makan. Berikut ini beberapa tips pola makan sehat :


 1. Jadwal makan harus teratur


Anda harus sarapan, makan siang dan juga makan malam, jangan sampai lupa makan atau waktu makan keskip karena alasan kesibukan kita. Jika kita makan dengan jadwal teratur, metabolisme tubuh akan bekerja lebih optimal.  


2. Biasakan sarapan


Banyak dari kita yang sering tidak sempat sarapan dengan alasan buru-buru berangkat kerja. Bila melewatkan sarapan, tentu saja tubuh Anda tidak mendapatkan nutrisi terutama untuk beraktivitas, biasanya kita menjadi tidak konsentrasi dalam bekerja, belum lagi lemas dan perut keroncongan. Sebaiknya pilih sarapan yang mengandung karbohidrat dan protein, misalnya Anda bisa membuat sandwich on the go, yang terdiri dari 2 lembar roti, dengan isian telur atau tuna dilengkapi dengan daun selada/lettuce dan irisan tomat timun, serta minum segelas susu ataupun kopi hitam. Dengan demikian Anda sudah siap menghadapi hari. 


3. Perhatikan porsi asupan Anda


Jumlah makanan atau porsi makanan tentu saja harus Anda perhitungkan. Seorang wanita kurang lebih membutuhkan 1500 kalori per harinya, hal ini berbeda dengan pria yang bisa membutuhkan kalori lebih banyak, yaitu antara 1700-1900 kalori per harinya. Jumlah kalori ini dibagi kedalam 3 kali makan utama dan 2 kali selingan /snack yang sehat.



4.Perhatikan jenis makanan Anda


Konsumsilah berbagai jenis makanan yang sesuai dengan prinsip gizi seimbang, yaitu mengandung karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral serta serat yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita masing-masing. Ingat, sesuai kebutuhan, bukan sesuai dengan keinginan kita. 



Jenis karbohidrat yang sebaiknya Anda pilih adalah jenis karbohidrat kompleks seperti gandum, sereal utuh, biji-bijian. Jenis protein ada 2 macam, yaitu protein hewani contohnya ayam, ikan, daging, telur, susu sapi, keju, yogurt, dan protein nabati contohnya kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang kedelai dan produknya seperti tahu, tempe, dan susu kedelai, ada juga kacang merah, kacang tanah, edamame, biji-bijian seeprti flaxeed, chia seeds. Jangan lupa menambah asupan lemak tidak jenuh yang berasal dari kacang-kacangan, ikan, minyak canola, minyak zaitun. Kurangi lemak jenuh yang berasal dari gorengan, santan, jeroan.


5. Konsumsi cukup serat. Serat akan membantu sistem pencernaan Anda sehingga terhindar dari konstipasi atau sulit BAB


Tahukah Anda jika kebutuhan serat Anda per hari antara 25-30 gram/hari. Sebagai perbandingan, 1 buah apel ukuran sedang mengandung serat 4 gram jika dimakan dengan kulitnya, 1 buah pir ukuran sedang mengandung 5 gram serat, alpukat mengandung serat sekitar 5 gram per buahnya. Sayur-sayuran juga mengandung serat, contoh, setiap 100 gramnya, bayam hijau mengandung 2 gram serat, kangkung 2,2 gram serat, sawi hijau mengandung 2,5 gram serat. Sehingga untuk mencukupi kebutuhan serat perharinya Anda harus mengonsumsi setidaknya 3 jenis buah, dan 3 mangkok sayuran. 



6. Konsumsi air putih


Minum air putih minimal 2 liter/hari, atau setara dengan 8 gelas air putih setiap harinya. Manfaat air putih antara lain menjaga kadar cairan tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan air putih juga berperan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal. Membantu mengendalikan asupan kalori tubuh. Minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan dibandingkan minuman yang mengandung tinggi kalori. Jika Anda rutin berolahraga, atau beraktivitas terutama yang diluar ruangan, maka konsumsi air putih bisa ditambah hingga 2,5-3 liter/harinya.


 


7. Batasi konsumsi minuman kemasan atau minuman energi


Banyak orang mengonsumsi teh manis atau teh botolan setelah selesai makan. Minuman jenis lain seperti teh kemasan, soft drink dan juga minuman energi tergolong tinggi gula dan kalori (ini yang dinamakan hidden calories, sehingga Anda tidak menyadarinya), konsumsi dalam jumlah berlebihan dapat menambah berat badan Anda. Sebaiknya konsumsi air putih setiap sehabis makan. 


8. Batasi konsumsi makanan siap saji dan juga makanan kalengan


Di era serba sibuk ini, biasanya kita akan memilih makanan yang lebih praktis untuk disiapkan dan disajikan, seperti chicken nugget, sosis, dan juga makanan kaleng seperti corned beef, ikan sarden. Tahukah Anda jika bahan makanan yang Anda pilih tersebut mengandung tinggi sekali Natrium (garam) dan juga pengawet yang tidak baik untuk kesehatan Anda. 


9. Batasi frekuensi makan all you can eat 


Kadang ajakan teman untuk makan all you can eat/buffet sulit sekali ditolak. Biasanya pada saat ini Anda akan mengonsumsi kalori yang berlebihan dari kebutuhan kalori sehari. Anda bisa mengatasinya dengan makan sayur-sayuran terlebih dahulu, dan setelahnya baru mengambil lauk-pauknya. Batasi frekuensi makan all you can eat ini hanya 1 kali dalam sebulan.


Nah, sudah tahu kan apa saja tipsnya? Tinggal dijalankan saja deh resolusi sehatnya..


Semoga kita selalu sehat yaaaaa…  


write your response here  
Not Login

Sharing is Caring

Facebook Twitter Google LinkedIn Pinterest Email